Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Metode Debt Snowball, Strategi Membayar Utang Agar Cepat Lunas

Hello neupeeps!

Utang dan tanggungan selalu jadi momok setiap bulan. Pendapatan yang seharusnya dipakai untuk kebutuhan dan investasi kadang mesti dipakai bayar utang. Tapi mau bagaimana lagi, utang dan cicilan juga dibutuhkan dalam mencukupi kebutuhan hidup selama tidak kebablasan.

Nah biar bisa melunasi utangmu dengan cepat, metode debt snowball mungkin solusinya. Dengan pakai metode ini, utang yang menggunung sekalipun bisa lunas seiring waktu dan tidak terasa memberatkan. Lalu seperti apa sih metode itu? Berikut ulasan lengkapnya.

Membuat daftar utang secara rinci

Langkah pertama dalam metode debt snowball ini adalah melakukan perincian utang yang kamu miliki. Ya, utang di sini tidak terpaut dalam jumlah yang besar, namun yang kecil-kecil sekalipun. Selain itu, utang tidak selalu dalam bentuk pinjam uang ke teman atau bank, namun juga berupa sebuah cicilan atau tunggakan. Rincian utang ini amat penting untuk menentukan prioritas mana yang akan dibayar duluan. Buatlah tabel untuk memudahkanmu dalam membuat rincian.

Mengurutkan dari angka yang terkecil

Inti dari metode debt snowball ini adalah melunasi utang dari angka yang paling kecil. Ibarat bola salju kita menggulung pelunasannya supaya terus membesar. Hutang-utang kecil kita dahulukan untuk dibayar, kalau bisa diberikan dana ekstra. Misalnya cicilan yang kamu miliki adalah 400 ribu per bulannya, kamu bisa sisihkan lebih dari jumlah itu supaya cepat lunas. Masalah pembayarannya bisa pakai uang kontan atau pakai e-Wallet. Tak perlu bingung buat ngisi e-Wallet, pakai neu kamu bisa langsung top up OVO tanpa perlu ke ATM.

Jika lunas, ubah urutan utang sedang dan besar jadi yang kecil

Untuk utang menengah dan besar, kamu bisa menyisihkan uangmu sesuai jumlah yang ditentukan. Jadi kamu tak perlu memberikan tambahan ekstra seperti utang kecil. Nah, setelah cicilan utang kecilmu lunas, maka langkah selanjutnya adalah membuat utang-utang di atasnya menggantikan posisinya. Alhasil yang awalnya utang menengah kini jadi yang paling kecil karena yang sebelumnya sudah lunas. Jika hal ini terus dilakukan, lama-kelamaan satu-persatu utang kecilmu akan lunas dan tidak terlalu memberatkanmu.

Jangan menambah utang yang tidak perlu

Saat menggunakan metode debt snowball ini, sebaiknya kamu tidak menambah utang yang tidak perlu. Pasalnya jika kamu melakukannya maka daftar utang yang terkecil hingga terbesar akan berubah. Hal itu tentunya malah menyusahkanmu dalam menentukan prioritas. Belum lagi dana pelunasan ekstra untuk utang terkecil bakal terpotong untuk membayar yang lain. Kalau memang bukan kebutuhan yang mendesak maka lebih baik dihindari menambah utang. Tapi kalau memang terpaksa, maka mau tidak mau kamu harus menyusun ulang daftarmu dan mengalokasikan lagi uang pelunasan sesuai list barumu.

Metode debt snowball ini tidak hanya membuatmu mudah dalam melunasi utang namun juga memberi motivasi. Ya, kalau langsung membayar utang yang besar, tanggungan lain akan jadi momok yang menghantui. Sebaliknya kalau dimulai dari yang paling kecil maka gak kerasa utang sudah lunas semua.


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone