Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Pentingnya Menyeimbangkan Belanja dan Gaji

Hello neupeeps!

Kadang anak muda sering sekali menghambur-hamburkan uangnya. Entah itu untuk membeli tas bermerk, gawai terbaru hingga sepatu paling trendy. Lantaran dipakai untuk hobi, akhirnya jumlah uang belanjaan jadi membengkak dan gak bisa ditutup oleh duit gajian. Alhasil ujung-ujungnya malah nambah hutang.

Jika kamu punya masalah serupa, beberapa tips buat menyeimbangkan duit gajian dan belanjaan ini cocok banget untukmu. Jadi gak perlu lagi bingung cari hutangan, bahkan uangnya mungkin sisa banyak sehingga bisa dipakai tabungan. Nah berikut cara menyeimbangkan belanja dan gaji

Menggunakan metode keuangan yang tepat

Umumnya jika kamu ingin menyeimbangkan belanja dan gaji maka harus menemukan metode keuangan yang tepat dulu. Kamu bisa mencoba dengan prinsip keuangan yang paling sering ditemui, 10-20-30-40. Inti dari metode yang satu ini adalah 40 persen dari pendapatan dipakai untuk kebutuhan rutin, 30 persen hutang dan cicilan, 20 persen buat investasi dan 10 persen sisanya untuk berbagai dengan yang lain. Dengan memakai metode yang ini keuanganmu bisa lebih stabil.

Jauhi yang namanya hutang

Satu hal yang menjadi kendala ketika ingin punya keadaan finansial yang sehat adalah hutang. Nah jika kamu ingin keadaan gaji dan belanjaan tidak terlalu jomplang, maka hindari dulu yang namanya hutang untuk kepentingan yang tidak perlu. Kalau bisa, semua hutang dilunasi sebelum kamu menjalankan metode keuangan yang cocok. Pasalnya, tak perduli jenis mana pun metode yang kamu pakai, kalau hutang belum lunas maka tidak akan sesuai dengan yang direncanakan. Cukup berhutanglah untuk hal-hal yang benar-benar diperlukan.

Mengurangi pengeluaran bulanan

Satu hal yang membuat keuanganmu jadi defisit adalah adanya pengeluaran yang tidak perlu. Entah itu nongkrong-nongkrong dengan teman, hingga beli barang-barang mahal. Maksudnya disini bukannya tidak boleh untuk menyenangkan diri sendiri, namun kalau bisa jangan sampai kebablasan. Takutnya bukannya akhir bulan ada tabungan yang ada malah nambah hutang. Gunakan uang secukupnya saja, bahkan kalau lebih bisa dipakai buat tabungan untuk keperluan masa depan.

Cari investasi yang paling menguntungkan

Satu hal lagi biar belanjaanmu tidak over budget, cari investasi yang tepat. Ya, pasalnya investasi seperti saham dan deposito kadang memberikan keuntungan yang lumayan buat pemasukan. Alhasil kamu bahkan gak perlu repot dalam mencari pemasukan lain buat menutup biaya pengeluaran.

Namun tentu, kamu harus lihai kalau menekuni investasi ini. Nah nanti kalau dapat keuntungan, sisa uangnya bisa ditabung buat simpanan masa depan. Jadi tunggu apa lagi, segera investasi sekarang juga. Tapi kalau bingung buat mulai, zaman sekarang banyak investasi yang bisa dilakukan secara online. Asal ada e-Wallet, semua bisa dilakukan. Gak perlu ribet, pakai Neu kamu bisa top up Gopay buat beli investasi.

Nah itu beberapa tips buat kamu yang ingin uang pendapatan dan belanjaan imbang, kalau bisa malah profit. Selama bisa mengatur keuangan dengan baik semua bisa saja dilakukan. Untuk mempermudah dalam pengelolaan keuangan kamu bisa juga lho menggunakan fitur neuBudget yang ada di aplikasi neu.


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone