Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Apa Sih Perbedaan Passive Income dan Active Income?

Hello neupeeps!

Dalam usaha bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan, setiap manusia tentunya melakukan berbagai upaya untuk menstabilkan keadaan ekonominya. Mulai dari melakukan pekerjaan sampingan hingga memulai bisnis kecil-kecilan sebagai tambahan. Semua dilakukan supaya income yang didapatkan bisa bertambah.

Namun kamu tahu gak sih kalau ternyata income itu punya dua jenis yang berbeda? Ya, active dan passive income yang mungkin sebagian orang jarang mengetahuinya. Yuk mengenal perbedaan dari dua jenis income itu karena akan membantu dalam mengatur keuanganmu.

Melihat dua jenis income dari pengertiannya

Ada dua jenis income yang harus kamu perhatikan dalam mengatur keuanganmu, active dan passive. Dilihat dari makna harfiahnya tentu akan mudah untuk membedakan keduanya. Active income merupakan penghasilan yang didapatkan dari bekerja atau berusaha. Sebaliknya passive income adalah penghasilan yang didapatkan secara sendirinya. Secara singkatnya, active income adalah kamu mengejar penghasilan, dan kalau passive merupakan uang yang sedang mengejarmu.

Dari mana modal dua income itu didapat?

Active income berasal dari usaha, kerja, hingga bakat yang kamu miliki. Semakin keras kamu bekerja, makin pintar cari peluang, maka pendapatan yang didapat akan tambah banyak. Jadi tak ada alasan untuk bermalas-malasan jika ingin mendapatkan active income yang banyak. Sebaliknya, passive income bisa berasal dari investasi. Nah, investasi itu sendiri bisa bersumber dari aset yang dimiliki atau tabungan yang disisihkan dari active income untuk di ‘putar’ kembali. Misal, kamu punya saldo di aplikasi neu lalu dipakai top up OVO untuk beli emas virtual, itu juga masuk dalam passive income.

Asal pemasukan yang juga beda

Dua income tersebut ternyata punya sumber pemasukan yang berbeda. Misalnya saja active income, berasal dari bayaran pekerjaan yang telah kamu lakukan. Entah itu upah, gaji, tip hingga keuntungan yang diperoleh. Sebaliknya, passive income berasal dari bagaimana kamu mengelolah uang yang terlepas dari kegiatan active income. Misalnya saat kamu bersantai kemudian main saham, hingga beli emas untuk investasi masa depan. Semua dilakukan agar keuangan kamu bisa makin stabil dan dapat banyak untung.

Terus mana yang lebih penting?

Kedua income yang telah dijelaskan sebelumnya tentunya sama-sama pentingnya. Contohnya, dari mana kamu akan dapat passive income jika tidak memiliki penghasilan dari active income? Atau sebaliknya, apakah active income kamu akan menjamin seumur hidup keadaan keuanganmu jika ada hal yang tidak diinginkan? Ya kedua income ini harus berjalan saling beriringan jika ingin meraih kesuksesan. Tak peduli jika penghasilanmu dirasa tak banyak, kamu bisa mulai menabung untuk passive income dengan menyisihkan sedikit demi sedikit. Kelak kamu akan merasakan manfaatnya.

Namanya hidup kadang akan ada masa tak terduga yang datang. Entah itu karena ada anggota keluarga yang sakit, tambahan uang pendidikan hingga menutup kerugian. Nah, saat itulah kita tak bisa mengandalkan active income saja, dan keuntungan dari investasi alias passive income bisa jadi solusinya.

Nah, agar mudah dalam mengatur active dan passive income ini, kamu bisa download aplikasi neu. Di sini ada fitur budgetting yang akan membantumu untuk mengatur keuangan.


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone