Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Pinjaman Sering Ditolak? Pahami Dulu Skor Kredit Kamu!

Hello, neupeeps!

Mengajukan pinjaman menjadi salah satu cara paling instan untuk membantu keuangan terutama di dalam keadaan darurat. Di Indonesia sendiri, masih banyak masyarakat yang menggunakan fasilitas pinjaman seperti di bank demi memenuhi kebutuhannya.

Tapi, kamu pernah nggak sih ditolak sama kreditur saat mencoba mengajukan pinjaman? Nah, penolakan tersebut kemungkinan besar karena skor kredit kamu yang rendah, neupeeps!

Apa Itu Skor Kredit?

Skor kredit adalah nilai yang diberikan kreditur untuk menentukan layak atau nggaknya si calon peminjam untuk menerima uang pinjaman dari mereka. Skor kredit ini didapatkan dari data yang sudah kamu kumpulkan sebagai bagian dari persyaratan. Dari sana, pihak kreditur akan melakukan pengecekan lebih lanjut terkait rekam jejak transaksimu selama ini.

Terdapat beberapa aspek yang dijadikan pertimbangan untuk skor kredit seseorang seperti usia, status pendidikan, status perkawinan, jumlah tanggungan, pekerjaan, status jabatan, bahkan tepat atau tidaknya ketika melakukan pembayaran. Nah untuk mengetahui apakah kamu mempunyai rekam jejak kredit yang baik atau nggak, kamu bisa langsung cek di SLIK OJK, neueeps!

Kategori Skor Kredit

Skor kredit biasanya ditunjukkan dengan angka 300-850. Kalau skor kredit kamu berada di atas angka 720, maka kamu berada di posisi yang aman, neupeeps. Tapi kalau kredit kamu di bawah 640 bisa-bisa kamu justru kesulitan mendapatkan pinjaman.

Nah berikut ada beberapa kategori skor kredit versi Bank Indonesia: - Skor 1: Kredit Lancar, artinya debitur selalu tepat waktu membayar cicilan setiap bulan beserta bunganya hingga lunas tanpa pernah menunggak. - Skor 2: Kredit dalam Perhatian Khusus, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 1-90 hari - Skor 3: Kredit Tidak Lancar, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 91-120 hari - Skor 4: Kredit Diragukan, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 121-180 hari - Skor 5: Kredit Macet, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit lebih 180 hari.

Gimana Caranya Biar Pengajuan Pinjaman Nggak Ditolak?

Aktifkan Penggunaan Kartu Kredit

Kalau selama ini kamu sudah punya kartu kredit tapi jarang dipake, coba deh mulai sekarang kartu kreditnya secara aktif kamu gunakan. Eits, tapi tetap harus bijak dalam pemakaiannya, ya! Jangan sampai lupa diri dan nunggak bayar tagihan loh, neupeeps!

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Nah, kalau kamu ingin punya skor kredit yang baik, maka bayarlah tagihanmu dengan tepat waktu. Selain menjaga rekam jejak skor kreditmu, kamu juga akan terhindar dari denda bunga yang ditagihkan bila menunggak pembayaran.

Selesaikan Tunggakan Hutang

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kalau kamu sudah melunasi hutang-hutang terdahulu. Jika masih ada tagihan lain, lebih baik melunasinya terlebih dahulu dan menghindari pengajuan pinjaman baru supaya nggak memberatkan keuanganmu, neupeeps.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, neupeeps! Dengan maraknya kasus penipuan yang berkedok pinjaman online akhir-akhir ini, pastikan bahwa lembaga yang menjadi tempat kamu mengajukan pinjaman adalah lembaga legal yang mendapatkan izin resmi dari OJK.

Oh iya, jika kamu punya uang nganggur, lebih baik uang tersebut kamu masukkan di neuGrow untuk membantu para UKM yang membutuhkan pinjaman dalam mengembangkan usahanya. Imbal hasilnya menarik, loh! Tertarik? Yuk, download aplikasi keuangan neu di Play Store atau Appstore!


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone