Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Punya Hobi Mahal? No Problem, Ini Cara Atur Keuangannya!

ho·bi /n/ — kegemaran; kesenangan istimewa yang dilakukan di waktu senggang.

Hello, neupeeps!

Pada artikel kali ini, kita mau bahas tentang hobi nih. Neupeeps sendiri hobinya pada ngapain, kalau boleh tahu?

Percaya atau nggak, punya hobi ini penting loh. Setiap harinya, kita pasti selalu dihadapi sama rutinitas yang itu-itu aja dan sudah jadi hal yang wajar untuk merasakan yang namanya jenuh dan stress karena ngelakuin hal monoton secara terus menerus.

Nah, di sinilah pentingnya peran sebuah hobi! Dengan adanya hobi, kita punya yang namanya penyeimbang supaya hidup lebih fun dan berwarna, neupeeps~ kalau sudah merasa penat, hobi ini bisa jadi jalan ninja efektif yang bikin otak lebih fresh dan nggak lagi larut dalam negative vibes berkepanjangan!

Tapi, nggak jarang juga bagi sebagian orang untuk punya hobi yang tergolong mahal. Salah? Of course, not! Semua orang pasti punya preferensi interest-nya masing-masing dan nggak bisa dipungkiri memang ada hobi-hobi tertentu yang perlu merogoh kocek lebih banyak, apalagi kalau kamu orangnya memang passionate banget sampe ditekunin secara serius.

Contoh-contoh hobi mahal misalnya nih: koleksi barang-barang antik, traveling ke luar negeri, pelihara binatang eksotis, skydiving, dan lain sebagainya.

Kita mau kasih tips gimana caranya biayain hobi mahal tapi nggak bikin tabungan kamu kena financial disaster. Si Yayuk kecebur got, yuk cekidot~

Buat Anggaran Khusus

First thing first, budgeting! Namanya hobi, pasti butuh biaya ekstra untuk bisa jalaninnya. Oleh karena itu, semuanya harus dimulai dengan bikin anggaran khusus untuk menghindari yang namanya kantong kering sebelum waktunya. Pokoknya, hakikatnya wajib banget untuk punya pos khusus supaya dana yang keluar untuk kebutuhan hobi kamu cukup berasal dari satu pos aja, it’s a big no kalo kamu sampe pake dana untuk kebutuhan yang lebih penting buat biayain hobi ya!

P.s.: Hobi ini termasuk ke dalam kebutuhan tersier jadi persentase anggaran khusus untuk hobi kamu jangan sampe melebihi biaya pengeluaran untuk kebutuhan primer ya, neupeeps!

Pertahankan Gaya Hidup

Nah kalau kamu sudah tau punya hobi yang mahal, tetap pertahankan gaya hidup kamu seperti biasanya. Jangan sampe deh punya hobi mahal, tapi juga senang banget untuk foya-foya yang bikin pengeluaran tiap bulan jadi membengkak. Hukumnya wajib untuk kontrol diri kamu dari segala temptation di luar sana, jangan terlalu impulsif dan maunya ngikutin trend ini itu tanpa pertimbangan panjang.

Kamu pengen keuangan lancar dan hobi tetap jalan, bukan? Untuk itu, coba tanamkan mantra ini ke diri kamu ketika kamu merasa ada bisikan dari roh-roh nakal yang nyuruh buat impulse buying: “Don’t give up what you want most for what you want now“.

Hindari Hutang buat Biayai Hobi!

Duh, pokoknya jangan sampe kamu berutang demi pemenuhan kebutuhan hobi ya, neupeeps! It’s a big no no banget. Berhutang itu cukup untuk kebutuhan produktif atau ketika memang keperluan sedang mendesak aja. Lah, kalau memang bisa bayar tagihan ya nggak apa-apa dong buat ngutang?

Gini neupeeps, kalau kamu bergantung sama hutang terus buat pemenuhan hobi kamu, yang ada malah bikin kamu makin susah buat kontrol keuangan supaya tetap normal. Be hard on yourself over this matter, solusi terbaik adalah kamu harus tetap disiplin dengan bikin pos khusus untuk biayain hobi kamu. Jangan sampai berhutang cuma buat hobi, uang yang sudah kamu sisihkan tetap lebih safe.

Gabung Komunitas

Manfaat gabung dengan komunitas selain dipertemukan sama orang-orang baru yang share common interest sama kamu, kamu juga akan dapetin banyak informasi eksklusif perihal hobi tersebut yang belum tentu orang non-komunitas di luar sana tau. Mulai dari informasi toko dengan harga paling murah, koleksi terbaru, diskon menarik, bahkan kamu juga bisa barter barang dengan sesama anggotas komunitas. Intinya dengan kamu bergabung ke dalam komunitas, kamu bisa hemat pengeluaran dengan adanya beragam informasi baru ini.

Bisniskan si Hobi!

Hobi ternyata selain ngasih kesenangan, bisa juga dijadikan sebagai lahan bisnis untuk nyiptain cuan loh. Kalau kamu nekunin hobi kamu dengan serius, hobi ini bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha yang bagus. Sekarang banyak kan orang-orang yang bisa dapet penghasilan dari hobi?

Contohnya nih, kamu suka banget makeup terus kamu tekunin dengan ikut kelas makeup profesional sama para makeup artist handal. Akhirnya, skill sama nilai jual kamu jadi meningkat setelah dapet sertifikasi dari para makeup artist handal ini.

Nah, skill yang udah kamu pelajarin selain kamu praktekin untuk mempercantik tampilan diri sendiri juga bisa dimanfaatin dengan buka jasa makeup artist untuk dandanin orang. Kalau kamu beruntung, siapa tau kamu bisa jadi makeup artist yang tajir melintir kayak Bubah Alfian atau Bennu Sorumba!

Punya hobi itu memang asyik banget, tapi kalau kamu nggak bisa kontrol justru keasyikan tersebut bisa berubah jadi malapetaka. Untuk itu, neupeeps harus pintar-pintar yang namanya ngatur keuangan, ya!


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone