Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Punya Rekening Lebih dari Satu, Perlu Enggak?

Hello neupeeps!

Berapakah jumlah rekening tabungan yang kamu miliki saat ini? Mungkin kamu satu diantara banyak orang yang punya rekening lebih dari satu. Era digital seperti saat ini memberikan banyak kemudahan tak terkecuali untuk membuka rekening tabungan di sebuah bank.

Setiap bank sudah memberikan banyak fitur dan fasilitas yang memudahkan seseorang mengenai rekening bank. Memiliki dana di bank memang memudahkan kamu untuk mengola dan mengatur keuangan.

Kebanyakan orang pasti memiliki rekening tabungan di bank. Hal itu karena menyimpan uang di bank terbilang lebih aman daripada memiliki dana cash yang disimpan secara mandiri. Ketika seseorang sudah memiliki rekening, seiring berjalannya waktu dan bertambah kebutuhan atau pendapatan maka kemungkinan besar tak cukup dengan satu rekening saja.

Lalu, apa yang membuat seseorang memiliki rekening lebih dari satu? Alasan utama yang menjadi dasar biasanya sebagai cara untuk memisahkan antara rekening pribadi, rekening pendapatan, rekening hasil usaha, dan rekening tabungan.

Apa hanya itu saja? Tentunya tidak, masih ada alasan atau pertimbangan yang menjadi dasar seseorang memiliki rekening lebih dari satu. Ini jawabannya untuk kamu.

Fokus pada Tujuan

Memiliki rekening lebih dari satu bisa mengarahkan seseorang untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya. Ketika kamu membagi tabungan ke setiap rekening yang berbeda namun konsisten maka terasa lebih mudah dan cepat mencapai tujuan. Sebagai contoh mungkin rekening A memiliki tujuan untuk tabungan masa depan, rekening B untuk berlibur atau belanja, rekening C untuk membeli mobil dan lain sebagainya.

Mudah Mengatur Arus Keuangan

Seseorang pasti memiliki pos keuangan yang berbeda-beda. Hal itu bisa menjadi dasar seseorang untuk memiliki rekening lebih dari satu. Memiliki rekening berbeda untuk setiap pos keuangan akan membantu dalam memantau pengeluaran di dalam pos keuangan. Dengan demikian memudahkan hidup untuk hari ini, esok, dan hari yang akan datang.

Sumber Dana Darurat

Alasan ketika seseorang memiliki rekening lebih dari satu biasanya karena ingin memiliki rekening khusus untuk sumber dana yang sifatnya darurat. Maksud dari dana darurat supaya ketika terjadi kondisi mendesak maka tidak perlu pusing-pusing untuk mencari atau mencairkan dana.

Dana Hasil Usaha

Biasanya seseorang yang memiliki usaha akan punya rekening khusus untuk pendapatan dan pengeluaran. Hal itu menjadi wajib karena lebih baik memisahkan rekening pribadi, rekening tabungan, dan rekening hasil usaha. Jika digabungkan bisa saja berpotensi mengganggu keberlangsungan usaha khususnya dalam menentukan cashflow keuangan.

Pendapatan Lainnya

Saat memiliki pendapatan lebih dari satu maka seseorang sering membuka rekening baru untuk menyimpan uang dari pendapatan lainnya. Pemisahan pendapatan hasil kerja dimaksud untuk tidak memfokuskan terhadap satu sumber dana saja.

Promosi Bank

Ketika mendengar dan melihat kata “promosi” tak heran secara otomatis akan menggoda banyak orang karena dinilai menguntungkan. Hal itu berlaku jika kamu cermat dan bijak dalam memanfaatkan promosi. Biasanya orang akan terhanyut dalam penawaran bank berupa diskon maupun cashback yang bisa digunakan di restaurant, supermarket, pembelian tiket, dan lain sebagainya. Penawaran itu jadi dasar seseorang ingin membuka rekening lebih dari satu.

Intinya ketika seseorang memiliki rekening lebih dari satu maka rekening itu harus memiliki fungsi dan tujuan yang tepat. Sejatinya memiliki rekening satu atau lebih berdampak baik dan tidak terhadap kondisi keuangan tergantung dengan cara mengelola dan mengatur keuangan.


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone