Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Saran Terbaik untukmu yang Ingin Coba Investasi P2P Lending

Hello neupeeps!

Banyak platform P2P lending yang saat ini sedang naik daun dianggap sebagai investasi yang menjanjikan. Bagaimana tidak, pasalnya selain bisa mendapatkan keuntungan namun juga bisa membantu orang lain mengembangkan usaha mereka. Namun dengan adanya keuntungan yang besar berbanding lurus dengan risikonya.

Bagi pemula sebenarnya kamu gak perlu khawatir dalam berinvestasi di sini. Selama kamu jeli dalam melihat peluang maka keuntungan bukan hanya impian semata. Bahkan bisa jadi tabungan buat masa depan. Berikut tips buat para pemula yang mau investasi di platform P2P lending.

Pastikan platformnya sudah berizin

Hal pertama sebelum memulai untuk investasi P2P lending adalah memastikan izin dari platform tersebut. Bukan tanpa alasan, pasalnya banyak platform yang ternyata terbukti malah merugikan para investor maupun peminjam dana. Hal itu tentunya melanggar ketentuan resmi yang sudah dikeluarkan oleh OJK. Cara paling mudah untuk mengenali platform P2P lending sudah berizin atau tidak adalah dengan mengeceknya dalam daftar OJK. Hal ini sangat penting ketimbang harus menerima kerugian karena platform di mana kamu berinvestasi harus diringkus karena dianggap ilegal dan merugikan.

Kenali dengan seksama cara kerjanya

Ketika ingin menentukan platform P2P lending dalam berinvestasi, kamu harus mengenali dengan jelas cara kerjanya. Jangan sampai uang yang sudah diinvestasikan gak tahu ke mana tahu-tahu dapat pemberitahuan ada peminjam yang gagal bayar. Oleh sebab itu mengetahui dengan cara kerja platform P2P lending yang kamu pilih itu penting. Selain bisa memilah risiko dengan baik juga bisa melakukan prediksi keuntungan atau imbal hasil apakah benar bisa dapat laba atau tidak.

Mengecek profil para peminjam dana

Ini juga merupakan hal yang penting karena berhubungan dengan ke mana uang kamu mengalir. Umumnya banyak platform P2P lending yang menggunakan credit score pada para peminjam dana mereka. Oleh sebab itu, para investor jadi tidak perlu khawatir dengan dana yang sudah mereka investasikan karena sangat jarang diberikan pada peminjam dengan credit yang rendah. Meskipun ada juga yang tidak menggunakan cara tersebut, namun mereka lebih memakai memeriksa latar belakang usaha dari peminjam, layak atau tidak untuk melakukan pinjaman.

Diversifikasi adalah yang penting

Diversifikasi seolah menjadi hal yang wajib dalam investasi di bidang apapun. Termasuk dalam P2P lending ini kamu juga wajib menanamkan dana pada sumber investasi yang berbeda. Bisa dalam satu platform kamu melakukan dua pendanaan yang berbeda atau malah memilih untuk menyalurkan uang untuk beragam investasi yang berbeda. Yang jelas semua jangan sampai hanya memperhatikan satu jalur saja karena rawan dengan kerugian yang besar. Nah kalau mau lebih mendalami P2P lending bisa pakai neu biar semua bisa lebih mudah.

P2P lending saat ini memang sedang naik daun sebagai salah satu sumber investasi. Namun demikian kamu juga harus jeli biar gak hanya dapat kerugian semata. Gak ada salahnya untuk mencoba investasi di sana sambil menabung buat masa depan.


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone