Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Sebelum ke Pelaminan, Wajib Diskusi Keuangan Bersama Pasangan!

Hello, neupeeps!

Siapa nih yang sudah berpasangan dan berniat untuk maju ke jenjang yang lebih serius? Eits, sebelum kamu memutuskan untuk terikat dalam hubungan pernikahan, ada baiknya untuk mendiskusikan persoalan keuangan dulu bersama pasangan, neupeeps! Soalnya saat menikah nanti, semua urusan akan diatur berdua, termasuk perihal finansial.

Sayangnya, bagi kebanyakan pasangan membicarakan keuangan adalah hal yang tabu dan sensitif. Meskipun uang hanyalah sebuah alat, namun kehadirannya sering menjadi pemicu timbulnya konflik antara pasangan rumah tangga loh. Menurut survei, masalah keuangan menjadi salah satu alasan utama perceraian pasangan di Indonesia.

Jadi, apa saja sih yang perlu didiskusikan dengan pasangan? Yuk, kepoin lebih lanjut dengan baca artikel ini sampai habis ya neupeeps~

Besaran Gaji

Yup, gaji adalah hal pertama yang penting banget buat dijadiin bahan diskusi dengan pasangan! Nggak perlu sembunyiin besaran gaji kepada pasangan, dengan kamu menyembunyikan justru akan menjadi cikal bakal masalah besar yang tinggal menunggu waktu buat meledak aja

Dengan mengetahui gaji masing-masing, kamu dan pasangan bisa memperkirakan berapa tabungan yang harus dipenuhi, baik untuk biaya pernikahan, biaya kehidupan sehari-hari, dan juga biaya sekolah anak pasca menikah. Jangan takut dianggap matre ya, neupeeps!

Siapa yang Akan Terus Bekerja

Topik ini harus dibahas kalau kamu dan pasanganmu sama-sama bekerja. Kalau dari awal hanya salah satu yang bekerja, maka nggak perlu didiskusikan lagi. Fungsi membicarakan topik ini adalah untuk mempersiapkan semisal ada peristiwa nggak terduga yang mengharuskan salah satu untuk singgah di rumah.

Jangan sampai keputusannya hanya ditentukan berdasarkan peran gender pasangan. Misalnya, si istri harus mengalah untuk mengurus rumah tangga. Kalau misalkan pihak perempuan mempunyai penghasilan yang lebih besar dari pihak lelaki, masa harus dipaksa untuk berhenti bekerja? Well, pada akhirnya keputusan yang diambil harus berdasarkan pertimbangan yang matang dan bisa diterima kedua belah pihak.

Uang ke Orangtua dan Saudara

Nah, topik ini juga harus dibicarakan karena sering banget memicu perdebatan antar pasangan. Apakah nanti setelah menikah akan tetap ngasih uang ke orangtua secara rutin? Jika kamu mempunyai rencana seperti itu, ada baiknya dikomunikasikan ke pasangan supaya nggak ada prahara ke depannya.

Kan sedih kalau niatnya cuma mau bantuin orang tua dan saudara tapi akhirnya malah berantem karena ada kecurigaan antar satu sama lain. Mau punya pasangan yang jujur dan terbuka, tapi kalau kamu sendiri masih nutup-nutupin apakah akan bisa?

Biaya untuk Hobi

Apapun hobi kamu, sudah dibicarakan ke pasangan belum? Terutama yang hobinya menguras kantong nih. Sering banget di sosial media ada suami sembunyi-sembunyi dari sang istri ketika beli sesuatu, atau ada istri yang ngaku belanja cuma sedikit tapi malah ngabisin berpuluh-puluh juta.

Pasti ada sesuatu yang bermasalah, bukan? Sampai harus sembunyi-sembunyi dan membohongi pasangan kayak gitu? Atau pasangannya nggak setuju karena sebenarnya kondisi keuangannya nggak mampu? Kalau sampai kondisi keuangannya yang nggak mampu, lebih baik nggak memaksakan diri, neupeeps. Lagi-lagi hobi ini sifatnya nggak mendesak, jadi tetap prioritaskan kebutuhan terlebih dahulu ya~

Pembagian Kebutuhan

Kalau kamu dan pasanganmu sama-sama bekerja dan memutuskan untuk membagi pembayaran terhadap masing-masing kebutuhan, pastikan secara detail siapa yang bayar apa. Misalnya, suami yang akan membiayai pendidikan anak dan kebutuhan rumah tangga lalu si istri yang akan membayar semua belanja bulanan.

Oh iya, meskipun sudah dibagi siapa yang harus bayar apa, jangan pernah berhenti untuk tetap peduli ya. Pastikan untuk selalu tanya pasangan apakah ada yang kurang atau ada yang bisa bisa kita lakukan untuk membantu meringankan beban mereka. Dengan begitu, hubungan kamu dan pasangan akan tetap harmonis dan mesra.

Intinya, keterbukaan adalah kunci sukses dalam suatu hubungan termasuk dalam persoalan keuangan masing-masing. Tanpa adanya keterbukaan, maka rasa curiga akan muncul dan jadi racun yang akan mematikan rasa percaya. Nggak mau dong kalau hubungan kamu dan pasangan tiba-tiba kandas cuma karena miskomunikasi?

Yuk, mulai sekarang belajar terbuka dan ajak pasangan kamu untuk berbicara soal keuangan ketika kalian berdua sepakat untuk lanjut ke jenjang yang lebih serius. Jangan lupa untuk ajak pasanganmu download aplikasi keuangan neu, ya! Fitur-fiturnya berguna banget untuk menunjang kebebasan finansial kamu dan pasangan loh!


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone