Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Investasi Saham dan Reksadana Saham!

Hello, neupeeps!

Kalau kamu yang sudah terjun ke dunia investasi, pasti familiar deh dengan yang namanya saham dan reksadana saham. Eits, buat kamu yang mikir kalau keduanya adalah hal yang serupa, truth be told, both of them are different! Hah, seriusan tuh? Yep, dua jenis investasi ini beda loh, neupeeps!

Makanya, para ahli menyarankan bagi kamu yang masih pemula dalam dunia investasi dan berminat bermain saham, akan lebih baik untuk menaruhkan modalnya di reksadana saham dibandingkan investasi saham. Memangnya apa yang membedakan antara investasi saham langsung dan reksadana saham? Tenang, kekepoan kamu akan kita kupas tuntas dalam artikel ini. Check it out!

Pengelolaan Dana

Pada investasi saham, dana dikelola langsung investor. Oleh sebab itu, kamu harus paham betul teknik fundamental dan teknikal agar cuan optimal. Jangan deh sekali-kali kamu berspekulasi saat investasi saham karena dampaknya bisa fatal, neupeeps! Oh iya meskipun dananya dikelola sendiri, kamu tetap bisa minta nasihat dari broker, kok!

Nah, kalau reksadana saham itu dananya nanti dikelola manajer investasi. Jadi, kamu hanya perlu memantau manajer investasi mengelola portofoliomu secara bijaksana.

Tingkat Risiko

Well, ngomongin risiko sudah pasti tingkat risiko investasi saham memang lebih tinggi dibandingkan reksadana. Alasannya sederhana, soalnya semua keputusan investasi ada di tangan kamu sendiri, misalnya kapan waktu yang tepat untuk jual atau beli saham.

Berkebalikan dari investasi saham, tingkat risiko reksadana saham justru lebih rendah karena danamu akan dikelola langsung oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman. Jadi, kamu nggak perlu khawatir apalagi kalau kamu masih beginner di dunia investasi!

Return

Karena dana dikelola sendiri, maka kamu nggak perlu mengeluarkan uang untuk membayar fee agen pengelola. Selain itu, investasi saham langsung juga berpotensi memperoleh return yang lebih tinggi karena kamu bisa menentukan sendiri ingin berinvestasi di mana.

Nah, kalau reksadana saham nantinya maka kamu akan dikenakan fee untuk agen pengelola karena danamu dikelola oleh manajer investasi, Selain itu, biasanya kamu juga akan dikenakan potongan setiap akan melakukan penarikan dana.

Pajak

Untuk investasi saham, kamu akan dikenakan pajak sebesar 0,1% dari nilai penjualan saham dan juga pajak sebesar 10% saat pembagian dividen. Sedangkan, menariknya reksadana saham adalah kamu nggak akan dikenakan pajak tapi kamu tetap wajib melaporkan keuntungan yang kamu peroleh ke dalam laporan SPT Tahunan.

Terus lebih baik investasi di mana, nih? Well, investasi saham dan reksadana saham itu sama-sama berprinsip high risk, high return. Jadi, keputusan balik lagu ke tanganmu. Kalau kamu ingin investasi yang nggak bikin pusing dalam hal risiko dan pengambilan keputusan, reksadana saham is the perfect option for you, neupeeps.

Kalau kamu masih belum berani untuk investasi baik di reksadana saham atau saham langsung, kamu bisa gunakan uangmu yang nganggur untuk pendanaan di neuGrow, neupeeps! Mulai dari Rp50.000, kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang menarik dan membantu memajukan UMKM Indonesia, loh!


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone