Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

SAVING

Target Menabung Terus-terusan Gagal? Ini 4 Tahap Membuat Target Menabung yang Realistis!

Hello neupeeps!

Apa kamu termasuk orang yang sering membuat target menabung, tapi malah berakhir gagal? Padahal ketika awal memulai, rasanya kamu bisa mencapai target itu, eh nyatanya semuanya malah berantakan!

Tenang, kamu nggak sendiri, kok! Membuat target adalah satu hal, sedangkan mencapainya adalah hal lain. Kadang rasanya nih gampang aja bikin rencana besar dan membayangkan kalau itu akan berhasil. Tapi, yang namanya menabung itu juga butuh strategi. Kalau kamu asal menabung saja, targetmu ya nggak akan pernah bisa tercapai, dong!

Biar neu bantu memecahkan masalahmu!

Berikut 4 tahap yang harus kamu ikuti untuk bisa membuat target menabung yang realistis. Sama sekali nggak sulit, semua orang pasti bisa berhasil, jika menerapkan cara ini!

Analisis Keuangan Kamu

Jangan ikut-ikutan orang lain! Kalau kamu ngikutin target nabung orang lain, yak kamu pasti nggak akan pernah sampai. Penghasilan kamu dan mereka berbeda, pengeluaran dan kebutuhan juga berbeda.

Jadi, sebelum kamu membuat target menabung, pastikan kamu sudah memahami arus pengeluaran dan pemasukan kamu dengan baik. Pastikan kamu membuatnya secara detail, ya! Jangan sampai ada hal kecil yang terlewat. Karena sering kali hal-hal kecil itu yang justru membuat targetmu gagal!

Buat Target Kecil

Salah satu kemungkinan kenapa target menabungmu gagal adalah karena kamu membuat target besarnya, tapi nggak memikirkan target kecilnya.

Kalau menurut pengalaman neu, cara paling tepat untuk mencapai target besar adalah dengan menentukan target kecilnya juga. Jadi semacam membuat checkpoint untuk mencapai target besar.

Ibarat menaiki anak tangga, kamu pastinya nggak bisa langsung sampai ke atas, kan. Harus naik tangga satu per satu. Dengan begini, langkahmu juga jadi terasa lebih mudah. Misalnya nih, jika target besar kamu 100 juta dalam 4 tahun, pastikan kamu juga membuat target kecilnya. Apakah 3 juta per bulan, 500 ribu per minggu, atau bahkan lebih kecil lagi, 50 ribu per hari.

Budgeting

Sekarang saatnya mulai budgeting! Pastikan kamu membuat rancangan pengeluaran dan menyesuaikannya dengan pemasukan kamu.

Nah, kamu udah tau belum nih cara mudah untuk bisa budgeting dengan lebih tertata? Jadi, di dalam aplikasi neu, ada fitur budgeting neuBudget. Kamu bisa langsung menghubungkannya dengan e-wallet dan bank kamu.

Jadi, nggak ada lagi pengeluaran-pengeluaran kecil yang ke-skip! Karena semuanya sudah disusun secara otomatis. Kamu nggak usah khawatir harus mencatat pengeluaran dan pemasukan secara manual yang menguras tenaga dan pastinya sering bikin ribet.

Komitmen

Yang terakhir nih, pastinya kamu harus bisa komitmen, dong! Jangan sampai kamu sudah melakukan semua tahap, tapi malah berhenti di tengah jalan.

Coba caritahu apa yang menjadi trigger-mu dan bisa memotivasi kamu. Misalnya kamu menabung 100 juta untuk keluargamu. Tempelkan foto keluargamu di dekat meja kerja, jadi setiap kali melihat foto itu, kamu akan termotivasi untuk terus mengumpulkan 100 juta.

Kadang hal kecil seperti ini sering dianggap remeh oleh sebagian besar orang. Padahal, motivasi dalam menabung itu penting! Kalau kamu nggak punya motivasi, wajar aja menabungnya pun jadi ogah-ogahan dan nggak komitmen.

Pastikan motivasimu juga benar-benar bisa membuatmu semangat, ya! Jangan bermotivasi untuk mendapatkan 100 juta hanya karena mengikuti target temanmu atau orang-orang lain.

Jangan ditunda-tunda lagi, neupeeps! Setelah kamu selesai membaca artikel ini, langsung aja masuk ke tahap pertama, oke?


Share

Artikel Terkait

SAVING

Trik Anti Ribet Top Up GoPay Gratis Tanpa Biaya Admin. Cek Sekarang di Sini!

SAVING

Tips Nabung Buat Beli Motor Impian Meski Saldomu Sedang Tipis

SAVING

Metode Pembagian 20-30-40 Agar Gajian Tidak Numpang Lewat

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone