Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Tertarik Investasi Lump Sum? Perhatikan Dulu Hal ini!

Hello, neupeeps!

Pembahasan tentang investasi saat ini sedang marak banget jadi pembicaraan banyak orang, ya. Nyatanya, memang terdapat berbagai cara yang bisa kita lakukan ketika berinvestasi dan hal ini bergantung pada tujuan dan kemampuan kita masing-masing, neupeeps.

Apa Itu Investasi Lump Sum?

Investasi lump sum adalah istilah yang digunakan untuk menyebut metode investasi yang dibayar secara tunggal alias sekali bayar. Artinya, kamu hanya perlu menyetorkan uangmu di awal. Setelahnya, kamu tinggal tunggu sampai masa tenornya habis supaya bisa menikmati imbal balik dari modal yang kamu tanamkan.

Nah, lawan dari lump sum adalah cost averaging yang metode pembayarannya dilakukan secara berkala. Jadi, cost averaging ini modelnya seperti mencicil di mana kita akan menyetor uang setiap bulan di sebuah instrumen investasi sampai mencapai target tertentu, neupeeps.

Sudah paham ‘kan dengan metode investasi lump sum ini? Jika kamu tertarik mencoba investasi dengan model lump sum ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, neupeeps. Untuk lebih lengkapnya, scroll down terus yuk~

Catatan Penting Sebelum Investasi Lump Sum

Ketahui Kondisi Finansial

Pastikan kamu menggunakan uang dingin saat hendak berinvestasi ya, neupeeps. Uang dingin dalam konteks ini adalah uang yang sudah kamu sisihkan setelah memenuhi segala kebutuhan dan kewajiban lainnya. Atau, jika kamu punya rejeki lebih, kamu bisa menggunakan rejeki tersebut untuk diinvestasikan.

Hukumnya haram menggunakan semua uang yang ada di kantong, apalagi uang hasil dari hutang untuk berinvestasi. Soalnya, kamu nanti akan mengalami kesulitan ketika ada kondisi darurat dan butuh aset lancar dengan cepat karena beberapa instrumen investasi ada yang sifatnya nggak begitu likuid.

Pilih Produk Sesuai Tujuan

Dikarenakan kamu hanya setor uang sekali di awal lalu tinggal menunggu tenor sampai imbal baliknya cair, maka pemilihan produk investasi juga nggak boleh asal. Nah, investasi lump sum ini lebih cocok dijadikan sebagai investasi jangka pendek karena modal yang dibutuhkan nggak terlalu besar dan resikonya juga relatif rendah, neupeeps. Beberapa produk investasi yang bisa kamu pilih jika tertarik menggunakan metode lump sum beberapa di antaranya adalah reksa dana, obligasi, dan peer-to-peer lending.

Perhatikan Resiko

Knowledge investment atau ilmu dasar terkait investasi adalah kunci sebelum kamu memutuskan untuk melakukan investasi betulan, neupeeps. Ingin investasi lump sum di saham dengan modal besar? Nggak ada yang melarang, tapi bekali dirimu dengan ilmu yang cukup karena resikonya akan cukup besar pula.

Semoga pembahasan mengenai investasi dengan lump sum ini bermanfaat ya, neupees! Jika kamu tertarik mencoba investasi bersandarkan metode ini, kamu bisa mulai melakukan pendanaan di fitur neuGrow punya neu. Selain mendapatkan imbal hasil yang menarik, aksi kamu juga telah membantu para UMKM agar tetap bertahan di masa pandemi ini~


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone