Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Tips Kenali Money Games Agar Investasimu Tidak Ambyar

Hello neupeeps!

Adanya pandemi ini kadang membuat orang jadi berpikir untuk mengamankan hartanya dengan berinvestasi. Mau bagaimana lagi, pasalnya masa depan tidak ada yang tahu. Oleh sebab itu sebaiknya punya dana cadangan berupa investasi biar tetap aman.

Namun dalam berinvestasi kamu mesti hati-hati. Pasalnya banyak investasi yang pada akhirnya berujung pada money games dan bikin rugi. Nah biar gak ketipu, berikut beberapa ciri-ciri investasi money games yang bikin rugi dan harus dihindari.

Masalah perizinan adalah langkah awal mengenali money games

Hal paling mudah dalam mengenali sebuah usaha adalah money games atau bukan yakni dengan melihat perizinannya. Sebuah usaha yang sudah mengantongi izin dari OJK tentunya tidak akan menggunakan sistem yang terlarang. Sebaliknya, yang tak berizin biasanya ada skema ponzi di dalamnya atau sistem yang jelas mengambil keuntungan dari pelanggan. Alhasil banyak yang merasa ditipu karena kerugian yang diterima. Atau kalau tidak malah terjebak pada hutang yang tak tahu datang dari mana.

Keuntungan yang ditawarkan cenderung gak wajar

Dalam menawarkan keuntungan, usaha atau investasi yang memakai money games ini akan menawarkan keuntungan yang luar biasa. Hal itu dilakukan supaya menggaet para investor atau pelanggan untuk memberikan dana yang besar pada mereka. Bayangkan saja, jika deposito di bank hanya memberikan keuntungan sebesar 5% maka investasi money games akan mengiming-imingi dengan laba hingga 20%. Belum lagi biasanya mereka akan menjanjikan janji palsu dengan mengatakan ‘pasti untung’ kepada targetnya.

Sebenarnya ada banyak jenis investasi yang memberikan keuntungan melalui jalur legal. Salah satunya reksadana yang bisa dibeli melalui OVO dengan cara top up OVO terlebih dahulu. Agar tidak ada biaya admin kamu bisa menggunakan neu.

Asetnya disebut ‘gaib’ karena tak jelas

Sebuah investasi tentunya punya aset yang dasar yang jelas. Misalnya saat berinvestasi pada saham, deposito, dan emas, kita tahu kalau aset dasar yang dimiliki itu ada. Sebaliknya, kalau sebuah investasi yang berbasis money games, kita tak akan tahu ke mana dana akan disalurkan. Awalnya mungkin kamu akan diberikan keuntungan sedikit, namun selanjutnya tak ada kabar lagi. Hal itu karena danamu tadi tak jelas alurnya kemana. Bahkan mungkin sudah dipakai untuk kebutuhan pribadi oleh sang pemilik investasi bodong itu.

Sangat bergantung pada rekrutmen baru

Salah satu hal yang identik dengan money games adalah skema ponzi. Ya, biasanya investasi model ini sangat bergantung pada rekrutmen baru. Pada akhirnya keuntungan yang didapatkan adalah hasil dana yang disetorkan oleh para rekrutmen baru ini juga. Kamu mesti selalu waspada dan jeli jika sampai masuk dalam investasi seperti itu. Apalagi kalau banyak pertambahan investor baru yang banyak yang mengaku tertipu pada investasi tersebut.

Nah oleh sebab itu kamu harus jeli dalam memilih investasi. Kalau investasi yang dipilih tidak mengandung empat poin yang dijelaskan sebelumnya, maka kemungkinan aman. Nah kalau sudah dirasa aman, boleh investasi di sana. Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah investasi emas melalui neuGold yang emasnya bisa dibeli dengan harga murah.


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone