Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Tips Memilih Reksadana Syariah Terbaik untuk Investasimu

Hello neupeeps!

Zaman sekarang ini, investasi sangat banyak macamnya dan kadang memberikan keuntungan yang luar biasa. Namun sayang tidak semua dari investasi itu memakai cara sesuai dengan syariah sehingga banyak orang ragu untuk melakukannya. Percuma bukan, dapat uang banyak namun tidak berkah.

Buat kamu yang mau berinvestasi namun juga cari keberkahan, mungkin reksadana syariah bisa jadi jawabannya. Namun demikian banyak jenis dari investasi yang satu ini dan semua punya keuntungan serta peluang yang berbeda-beda. Supaya gak bingung, nih tips buat kamu yang ingin pilih investasi reksadana syariah yang cocok buatmu.

Pastikan sudah ada izin dari OJK

Langkah awal memilih sebuah perusahaan atau lembaga investasi adalah melihat ada atau tidaknya izin dari OJK. Ya, kalau sudah berizin bisa dipastikan kalau perusahaan tersebut legal dan diakui negara. Sebenarnya tidak hanya untuk reksadana syariah, yang konvensional pun seperti itu. Setelah itu, pastikan juga kalau sudah mengantongi syarat Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS), Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM) dan dan Dewan Pengawas Syariah (DPS) sebagai bukti kalau investasi reksadana yang dilakukan benar-benar menggunakan cara yang halal dan sesuai dengan ketentuan.

Tentukan tujuan dari investasi reksadana syariah

Menentukan tujuan untuk berinvestasi adalah satu hal yang penting. Memilih investasi reksadana syariah tentunya ingin supaya dapat berkah. Namun selain itu, pasti ada tujuan lainnya. Entah itu mau mempertahankan nilai aset supaya terlindungi dari inflasi, atau malah menambah kekayaanmu. Semua sah-sah saja selama dilakukan melalui cara syariah sehingga berkah. Nah, setelah kamu menentukan tujuannya, barulah kamu bisa memilih investasi mana yang paling tepat.

Perhatikan profil risiko dari masing-masing produknya

Dalam investasi syariah, ada berbagai macam produk yang ditawarkan. Ya, mulai dari reksadana syariah saham, pendapatan tetap hingga sukuk. Masing-masing dari produk itu punya resiko yang berbeda-beda sehingga harus pintar dalam menyiasatinya. Misalnya saja di saham, sifat fluktuatif dari reksadana yang satu ini jadi salah satu tantangannya, sehingga harus pintar menyiasati. Namun, pendapatan yang didapat bisa diperoleh secara cepat. Kalau kamu gak mampu di reksadana seperti itu, mending pilih produk lainnya.

Tentukan jangka waktu dari investasimu

Nah satu hal yang penting dalam memulai investasi reksadana syariah ini adalah menentukan jangka investasinya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya kalau masing-masing produk investasi syariah punya sifat yang berbeda-beda, begitu pula jangka waktunya. Apa kamu mau investasi dalam jangka pendek misalnya satu tahun, maka pasar uang adalah yang paling tepat.

Namun jika ingin investasi reksadana dalam jangka waktu yang panjang, maka reksadana campuran sangat menguntungkan jika kamu ingin menggelutinya. Oleh sebab itu jangan tunda lagi kalau mau investasi, sekarang semua jadi mudah bisa beli reksadana pakai e-Wallet. Tinggal buka aplikasi neu, Top Up OVO dan buat beli investasi reksadana syariahmu.

Dengan melakukan investasi reksadana syariah ini tentunya uang yang didapatkan InsyaAllah berkah. Selain dapat untung di dunia juga bisa jadi pahala buat akhirat kelak. Jadi jangan tunda lagu buat kamu memulai investasi.


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone