Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Tips Meminjam Dana dengan Peer to Peer Lending

Hello neupeeps!

Saat ini makin mudah untuk dapat dana pinjaman buat memajukan usaha. Salah satu cara yang paling populer adalah meminjam melalui platform P2P lending. Ya, selain prosesnya yang cepat juga syarat yang diajukan mudah. Alhasil wajar kalau peer to peer lending jadi idola saat ini sebagai peminjaman.

Namun kamu juga harus tahu kalau meminjam di platform P2P lending harus memperhatikan beberapa hal. Kalau tidak yang ada bukan usaha yang berkembang yang ada malah hutang. Nah berikut buat kamu beberapa tips kalau ingin meminjam dana di sana.

Pinjam pada platform yang resmi

Hal pertama yang wajib dilakukan ketika ingin meminjam pada platform P2P lending adalah memastikannya apa sudah terdaftar di otoritas setempat. Hal ini penting karena saat ini banyak platform yang ternyata ilegal dan merugikan banyak orang. Dari pada kamu juga ikut ketipu, cari pinjaman malah terlilit hutang yang tidak jelas, maka sebaiknya cari yang resmi saja. Pasalnya dengan adanya OJK yang mengawasinya sehingga kinerja platform tersebut tidak hanya untuk meraih keuntungan saja dan merugikan orang lain, melainkan benar-benar berbisnis.

Jangan sampai meminjam tapi tidak sesuai kemampuan

Jangan lupa kalau kamu meminjam pada platform P2P lending karena memang ada kebutuhan yang mendesak. Entah itu untuk menumbuhkan usaha, menambah investasi atau kepentingan lainnya. Karena syaratnya yang cenderung mudah jangan sampai kamu kebablasan dalam meminjam uang. Alhasil malah uang yang dipinjam tidak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar. Bukannya bisnis kamu yang berkembang, yang ada malah terlilit hutang. Kontrol diri adalah hal yang penting dalam meminjam di platform P2P lending.

Jangan menunda untuk melunasi

Namanya hutang akan lebih baik untuk dilunasi dengan cepat. Pasalnya, kalau jatuh tempo tentunya bakal ada denda yang akan diterima sesuai dengan perjanjian yang disepakati oleh kedua pihak. Hal ini juga penting karena adanya hutang bisa mengganggu perkembangan usaha kamu. Oleh sebab itu, sebaiknya selama ada dana kamu mencicil hutang kamu. Selama rutin, tentunya tidak akan terasa dan tahu-tahu semua sudah lunas dibayarkan. Nah, kalau mau lebih nyaman dalam masalah peer to peer lending ini maka kamu bisa aplikasi neu yang akan mempermudah segala transaksi kamu.

Hindari gali lubang tutup lubang

Dalam meminjam dalam platform P2P lending, sebaiknya kamu jangan sampai menggunakannya sebagai “gali lubang tutup lubang”. Maksudnya, kamu meminjam dana untuk membayar hutang di platform yang lainnya. Hal ini sia-sia bahkan bisa mendatangkan kerugian yang luar biasa. Ya, pasalnya bukannya hutang yang terbayarkan yang ada malah bunga yang dipinjam malah membengkak. Alhasil hutang tak pernah selesai dan tak ada akhirnya.

Nah itulah beberapa tips buat kamu yang ingin meminjam dalam platform P2P lending. Ingat selalu pada kemampuan finansial kamu dan jangan sampai berlebihan. Berhutang memang penting terutama buat yang punya usaha namun jangan sampai berlebihan.


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone