Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Tips Mengatur Keuangan Secara Syariah

Hello neupeeps!

Kadang kita hanya berfikir untuk mengumpulkan uang dan membelanjakannya saja, kadang kurang perhatian soal kehalalan dan keberkahannya. Alhasil uang yang dihasilkan hanya seolah lewat begitu saja. Padahal kita sudah menyusun anggaran secara rinci namun hasilnya sama saja.

Nah kalau gak mau hal itu terjadi, maka lebih baik kamu menyusun ulang rencana keuangan dengan basis syariah. Dengan begitu uang yang didapatkan bisa berkah serta dapat pahala. Berikut beberapa tips buat kamu yang ingin memulainya.

Menggunakan uang secara sederhana

Dalam Islam, uang dipakai untuk keperluan saja dan bukan untuk bermewah-mewah. Oleh sebab itu jika ingin pendapatanmu berkah maka harus membelanjakan uang secara sederhana. Nah, sederhana di sini bukan berarti miskin, namun lebih menjauhi sifat boros. Dari pada uang dipakai untuk berfoya-foya akan lebih baik kalau digunakan untuk berinvestasi atau membantu sesama. Kalau digunakan untuk hiburan sejatinya sah-sah saja selama tidak berlebihan.

Hindari hutang

Salah satu yang paling umum disebutkan masalah keuangan dalam Islam adalah menghindari hutang. Ya, memang hutang memang bukan perbuatan yang buruk tapi alangkah baiknya bila dihindari. Pasalnya tanggung jawab dari hutang bahkan akan dibawa sampai kita mati. Oleh sebab itu, jika ingin keuanganmu berkah maka kalau memang tidak terpaksa maka jangan berhutang. Apalagi zaman sekarang ini sangat banyak pinjaman-pinjaman yang mencari nasabah dan banyak darinya yang menggunakan unsur riba. Oleh sebab itu kamu harus lebih berhati-hati dan waspada dalam menggunakan keuanganmu.

Perbanyaklah sedekah

Kalau ingin uangmu berkah, maka jangan lupa untuk menyisihkan sebagian untuk mereka yang membutuhkan. Baik itu yang merupakan kewajiban seperti zakat atau yang sunnah seperti infaq dan sedekah. Pasalnya ada hak mereka juga dalam harta yang kita miliki. Selain itu, kamu juga bisa meringankan beban sesama. Zaman sekarang ini tidak perlu repot buat bersedekah, banyak lembaga donasi yang bisa disumbang secara online pakai e-Wallet. Gak perlu ribet, tinggal pakai Neu kamu bisa Top Up OVO buat disedekahkan pada mereka yang membutuhkan.

Prioritaskan keperluan sesuai tuntunan Islam

Jangan lupa untuk menyusun anggaran yang sesuai dengan tuntunan yang ada. Ya, misalnya ada tabungan dipakai untuk ibadah haji kelak, berkurban atau diberikan kepada orang tua. Gak perlu langsung banyak, mulai dari angka sedikit namun dilakukan secara rutin. Nah, barulah sisa uangnya bisa dipakai buat nabung untuk kepentingan diri sendiri. Dengan adanya tabungan khusus ini tentunya uang yang masuk bisa jadi ladang pahala. Jangan sudah berangkat, mulai nabung saja bisa masuk perbuatan mulia karena niat baiknya.

Dengan menabung sesuai dengan tuntunan syariah ini tentunya bisa membuat uang yang kita dapatkan jadi berkah. Namun jangan lupa kalau uang tadi juga harus dikumpulkan melalui cara yang halal pula. Nantinya semua yang kita lakukan dicatat sebagai pahala.


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone