Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Tips Mengelola Gaji yang Dipotong karena Pandemi

Hello neupeeps!

Adanya pandemi ini membuat banyak sektor ekonomi jadi sangat kesusahan. Bahkan tak jarang dari banyak perusahaan yang sampai potong gaji karyawan bahkan hingga gulung tikar. Belum lagi soal harga barang-barang yang semakin naik dan menjadi beban tersendiri.

Kalau kamu juga terdampak pandemi, terutama dipotongnya gaji maka harus pintar-pintar mengatur uang. Jangan sampai pandemi yang tak tahu ujungnya ini membuat kamu menderita. Nah, berikut beberapa tips mengelola gaji yang dipotong lantaran pandemi.

Dahulukan kebutuhan pokok

Meskipun pendapatanmu tidak sebanyak yang biasanya, namun kebutuhan pokok adalah hal yang utama. Oleh sebab itu, sisihkan dulu uangmu buat beli semua kebutuhan yang benar-benar diperlukan. Kalau perlu cari cara alternatif lain supaya biaya kebutuhan pokokmu bisa berkurang. Misalnya dulu kamu beli beras merk A, sekarang beli merk B yang lebih murah namun kualitasnya tidak terlalu buruk. Yang jelas kebutuhan pokok ini harus diutamakan karena jadi modalmu untuk hidup dalam sebulan.

Jangan lupa untuk bayar hutang dan cicilan

Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah membayar hutang dan semua tagihan. Entah itu listrik, internet, pulsa, dan lain-lain, kalau memang sangat diperlukan, maka jangan sampai layanannya dipotong karena tunggakan. Kalau kamu gak mau ribet buat bayar tagihan-tagihan itu, bisa pakai aplikasi Neu, terus Top Up OVO sehingga gak perlu keluar rumah dan gak kena biaya tambahan. Nah barulah setelah semua cicilan dan tagihan selesai kamu bisa dengan mudah mengurus hal lain meskipun gaji sedang dipotong.

Cari info dan minta keringanan cicilan

Lantaran terdampak pandemi, sejatinya banyak cicilan dan tagihan yang sebenarnya diringankan oleh pemerintah. Nah, kamu harus cari info secara detail siapa tahu cicilan dan tagihan yang kamu miliki ternyata juga masuk dalam daftar tersebut. Alhasil meskipun gajimu sekarang sedang dipotong, namun masih bisa bernafas lega karena tanggunganmu juga dapat keringanan. Tapi jangan sampai terlena karena pandemi hanya sementara. Kamu harus memutar otak supaya pendapatanmu bertambah karena setelah pandemi banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Jangan pernah lupa untuk terus menabung

Ingat meskipun pendapatanmu terpotong karena dampak pandemi, kamu tetap harus punya tabungan. Tak perlu memaksakan dengan jumlah seperti saat keadaan uangmu sedang baik-baik saja. Selama ada sisa, maka masukan uangmu ke rekening saja. Pasalnya kita tak tahu pandemi ini akan berakhir kapan. Dengan adanya tabungan ini kamu kelak tak akan kesusahan apalagi kalau sampai ada keadaan darurat, tanpa tabungan bakal menderita. Untuk memudahkanmu soal pengaturan keuangan, kamu juga bisa menggunakan fitur neuBudget.

Memang pandemi ini bikin keadaan ekonomi jadi goyah. Namun demikian semua tak akan jadi masalah kalau kita dapat mengelola keuangan dengan tepat. Bahkan sekalipun pendapatan kita tak sebanyak yang biasanya.


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone