Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Trik Warren Buffet Soal Investasi yang Wajib Kamu ketahui

Hello neupeeps!

Sering kali dalam mencoba berinvestasi, bukannya untung malah rugi yang didapatkan. Karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan, serta hanya ingin untungnya saja, akhirnya uang lenyap sia-sia. Bukannya jadi kaya, malah jadi minus kalau dibiarkan terus- menerus.

Nah, buat kamu yang bingung mau berguru masalah investasi, beberapa trik dari Warren Buffett ini mungkin bisa membantu. Siapa dia? Beliau adalah investor handal yang dinobatkan sebagai orang kaya ketiga di majalah Forbes tahun 2015. Tips dan triknya dijamin ampuh deh. Simak trik Warren Buffett soal investasi berikut ini.

Jangan mencoba investasi yang musiman

Investasi memang menjadi salah satu ladang subur bagi investor untuk mencari untung. Namun demikian, Warren Buffett justru mewanti-wanti para investor untuk berhati-hati. Pasalnya saat ini banyak investasi musiman yang selalu datang silih berganti. Memang, investasi musiman ini mendatangkan keuntungan dengan cepat, namun sayang tidak bertahan lama. Oleh sebab itu, Warren Buffet lebih memilih investasi yang mungkin dapat keuntungan dengan agak lambat namun bisa terus menghasilkan dalam jangka waktu yang panjang.

Riset adalah hal yang penting dalam investasi

Pria yang sempat masuk jajaran orang paling kaya di dunia ini menganjurkan untuk para investor melakukan riset terlebih dahulu. Terutama bagi mereka yang ingin serius berinvestasi dalam jumlah yang besar. Ingat supaya tidak terpukau dengan nilai saham yang tinggi pada suatu waktu. Pasalnya, semua bersifat fluktuatif sehingga dapat berubah kapan saja. Alangkah lebih baik untuk memilih perusahaan yang punya peluang prospek jangka panjang ke depannya. Dan tentunya, semua itu hanya bisa diperoleh dengan melakukan riset yang teliti dan seksama

Mengubah kemalangan jadi keuntungan

Salah satu hal yang paling penting bagi seorang investor adalah melihat situasi. Ya, hal ini dicontohkan langsung oleh Warren Buffett saat krisis finansial yang sempat terjadi tahun 2008. Ketika orang lain sedang ramai menjual saham Bank of America, dia malah getol untuk membelinya. Dan tentu, semua itu telah melewati riset dan pertimbangan terlebih dahulu. Namun rupanya langkah yang tak biasa oleh Warren ini benar-benar membawa keuntungan padanya. Beberapa tahun kemudian, ternyata ia mendapatkan untuk yang lumayan banyak dari investasi yang sempat dia lakukan itu. Dari cerita ini, kita tahu betapa pentingnya untuk pintar dalam melihat peluang.

Jangan sampai emosi mengalahkanmu

Emosi adalah lawan terbesar bagi seorang investor. Kadang ketika tahu bahwa nilai investasinya turun, seseorang akan langsung menjual semuanya supaya tidak terimbas rugi. Namun menurut Warren Buffet, selama tiga langkah di atas sudah dilakukan, tentunya menjual investasi secara tergesa-gesa akan sangat dihindari. Kalau investasi tersebut memang prospek yang bagus, meskipun harga sempat turun, namun hal itu bukanlah masalah yang berarti. Pasalnya kelak, nilai investasi akan naik kembali dan kita akan dapat untung lagi.

Satu hal lagi yang penting dalam berinvestasi adalah mengurangi pengeluaran, baik itu besar atau sepele. Misalnya biaya transfer antar bank yang mungkin dianggap kecil tapi kalau dibiarkan akan banyak juga. Oleh sebab itu, jangan lupa pakai neu biar transfer antar bank bisa gratis, terus sisa uangnya bisa buat investasi. Jangan lupa coba praktikkan trik dari Warren Buffett tadi ya!


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone