Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Untukmu yang Masih Single, Yuk, Belajar Manage Keuangan dari Orang Terkaya di Hongkong!

Hello, neupeeps!

Apa kamu pernah mendengar nama Li Ka-shing? Mungkin sebagian dari kamu sudah familiar dengan namanya, ya. Karena nggak hanya di Hongkong saja, tapi Li Ka-shing sendiri sudah dikenal hampir di seluruh penjuru dunia!

Dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes, Li Ka-shing memiliki bisnis di bidang real estate. Selain itu, ia juga aktif dalam filantropi sebagai salah satu orang terkaya di Asia.

Menurut Li Ka-shing, kunci utama untuk mencapai kesejahteraan finansial ada pada manajemen keuangan. Tanpa manajemen keuangan yang baik, berapa pun gajimu, pasti tidak akan pernah bisa mencapai kata cukup.

Nah, buat kamu yang masih belum berkeluarga, metode manajemen keuangan dari Li Ka-shing cocok banget untuk diterapkan. Penasaran gimana caranya? So, metode Li Ka-shing ini membagi kebutuhan ke dalam 5 bagian, yaitu:

Biaya Hidup

Biaya hidup porsinya adalah 30% dari pendapatan kamu. Mungkin sebagian orang merasa jumlah ini kurang, tapi mumpung kamu masih lajang, nggak ada ruginya menahan sedikit untuk kebahagiaan di masa depan, kan?

Masalahnya, kalau kamu sudah berkeluarga nanti, pasti akan banyak pengeluaran lain yang dibutuhkan. Lagipula, dengan membatasi nominal uang untuk biaya hidup, kamu bisa jadi lebih cermat dalam menentukan mana barang yang cuma keinginan dan barang yang memang sangat diperlukan.

Investasi

Alokasikan dana kamu sebanyak 25% untuk berinvestasi. Hayoo, kamu udah pada tau belum, kalau nominal uang rentan tergerus inflasi! Melakukan investasi adalah salah satu cara agar kekayaan kamu bisa terjaga dan bahkan bertambah.

Eits tapi, pastikan sebelum berinvestasi kamu mempelajari segala hal tentang investasi dengan serius, ya! Jangan cuma asal-asalan ikut investasi aja. Bisa-bisa bukannya untung, malah buntung!

Memperluas Hubungan Sosial

Bagian kedua adalah memperluas hubungan sosial yang porsinya adalah 20%. Bagi Li Ka-shing, memperluas koneksi dengan orang lain adalah hal yang krusial untuk perkembangan diri kamu.

Nyatanya, dengan memiliki banyak koneksi, kamu akan membuka kesempatan untuk dapat menambah penghasilan atau belajar hal-hal baru. Hidup sederhana bukan berarti kamu harus jadi kura-kura yang ngumpet di dalam rumah dan berhenti bersosialisasi, neupeeps!

Pengembangan Diri

Bagian ketiga adalah pengembangan diri, porsinya 15%. Dengan perkembangan dunia yang begitu cepat, tentunya kamu nggak boleh berleha-leha, neupeeps! Daftarlah ke dalam beberapa acara seminar, kursus, atau membeli buku supaya skill kamu tetap relevan.

Liburan

Alokasikan juga dana untuk liburan sebanyak 10%. Manusiawi sekali kok kalau kamu butuh liburan, neupeeps. Li Ka-shing juga setuju bahwa liburan termasuk kebutuhan kita semua. Seperti kata pepatah ‘kan, work smart play smart.

Supaya dana liburan kamu cukup, kamu bisa menyiasati dengan liburan ala backpacker atau mencari penginapan dengan harga miring. Pilih juga destinasi wisata yang jarang dijamah orang lain. Selain harga tiket masuknya lebih murah, biasanya pemandangannya juga lebih bagus, loh!

Nah nah, kan barusan udah belajar nih soal pembagian keuangan dari Li Ka-shing, sekarang waktunya kamu mempraktikkannya, neupeeps! Jangan sampai pembelajaran berharga ini cuma jadi angin lewat doang, ya~

Tahap yang paling pertama yang sekarang harus kamu lakukan tentunya mulai dari catat keuangan dan budgeting sesuai dengan apa yang diajarkan Li Ka-shing. Biar lebih mudah, langsung aja pakai neu! Oke, neupeeps?


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone