Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Wajib Dihindari, 4 Kesalahan Fatal dalam Investasi

Hello, neupeeps!

Ngomongin investasi memang menjadi topik yang nggak ada habisnya. Well, jaman sekarang investasi bukan lagi menjadi pilihan tapi sebuah kewajiban karena investasi inilah yang bisa membuat kamu mengalahkan yang namanya inflasi harga. Selain itu, investasi juga merupakan cara efektif untuk segera mencapai tujuan keuangan, loh.

Sayangnya, masih banyak orang yang sering melakukan kesalahan fatal saat berinvestasi, neupeeps. Kepo sama kesalahan fatal apa aja yang sering dilakukan orang-orang ketika investasi? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Terlalu Banyak Spekulasi

Tau nggak kesalahan investor paling umum? Yup, terlalu banyak spekulasi. Beberapa orang memandang investasi sebagai cara efektif untuk memperoleh kekayaan dengan instan, padahal hal tersebut merupakan salah besar. Investasi memang dapat membantu kamu dalam mencapai tujuan keuangan, asalkan kamu cermat dengan melakukan analisis dari berbagai aspek.

Dengan berspekulasi, kamu harus siap mempertanggungjawabkan segala keputusan dan resiko yang kamu ambil. Makanya, penting untuk melakukan riset dan analisis terkait produk investasi yang diminati serta segala resikonya supaya nggak merugi. You’re an investor, not a speculator, neupeeps!

Tanpa Tujuan Jelas

Yup, another mistake made by people: investasi tapi nggak tau tujuannya buat apa. Makanya nggak heran sama fenomena jaman sekarang yang memperlihatkan perilaku orang-orang berinvestasi tapi cuma ikut-ikutan trend aja biar nggak FOMO.

Wajib hukumnya untuk punya tujuan yang jelas saat hendak berinvestasi. Hah, emangnya kenapa? Suka-suka dong ‘kan duitnya punya gue? Supaya kamu bisa dapat pilih produk investasi yang tepat sehingga meminimalisir resiko dan tujuan keuanganmu segera tercapai.

Mengabaikan Resiko

Saking tergiurnya memperoleh kekayaan secara instan, nggak sedikit orang cenderung memilih produk investasi dengan imbal balik tinggi tanpa melakukan analisis yang cermat. Akhirnya, banyak orang yang terjebak ke dalam investasi bodong karena tergiur dengan keuntungan yang nggak wajar dan minim resiko.

Padahal dalam berinvestasi, resiko selalu berbanding lurus dengan pertumbuhan hasil investasi. Artinya, semakin besar uang yang kamu tanam, maka akan semakin besar juga resiko yang dihadapi dan juga sebaliknya. Selalu ingat prinsip “high risk, high return” dalam berinvestasi, ya!

Tidak Ada Diversifikasi

Jangan sampai kamu menyisihkan seluruh uang yang kamu punya hanya pada satu instrumen investasi semata, neupeeps. Kamu perlu melakukan diversifikasi dan membagi resiko ke berbagai instrumen. Jika kamu terlalu fokus di satu instrumen dan instrumen tersebut mengalami kebangkrutan, maka resiko yang kamu tanggung akan semakin besar. Oleh karena itu, tujuan diversifikasi investasi adalah untuk meminimalisir kerugian.

Berikut beberapa kesalahan dalam investasi yang cukup fatal dan masih sering ditemukan sampai sekarang. Semoga neupeeps bisa mendapatkan pelajaran yang bermanfaat dari artikel ini, ya.

Jika kamu tertarik untuk berinvestasi, yuk manfaatkan fitur neuGrow (pendanaan peer-to-peer lending) dan neuGold (tabungan emas) dari aplikasi neu!


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone