Cara Investasi Emas Untuk Para Pemula

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jul 01, 2020 09:27 am
  • Readed
    34 Views
Investasi Emas untuk Pemula
The desire of gold is not for gold. It is for the means of freedom and benefit.

Siapa sih yang tidak suka dengan emas? Semua kalangan baik itu pria dan wanita menyukai emas sebagai bentuk perhiasan. Pada zaman sekarang, semua orang dapat memiliki emas tapi hanya untuk investasi jangka panjang saja.

Saat ini investasi emas bisa dibilang merupakan salah satu instrumen teraman dalam hal investasi khususnya dalam jangka panjang. Mengapa? Karena harga jual emas memiliki nilai yang stabil (meningkat setiap tahunnya) dan juga likuiditas yang cukup tinggi. Maka dari itu, tak jarang banyak yang memilih emas sebagai alat investasi selain reksadana maupun deposito.

Bicara soal investasi, hal ini sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat Indonesia yang melek finansial. Investasi sejak dini memiliki hubungan yang sangat erat dengan masa depan kamu, apalagi jika ingin mencapai financial freedom.

Salah satu instrumen investasi yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah emas disamping deposito, SBN (Surat Berharga Negara), reksadana, ataupun saham. Selain itu emas cukup mudah untuk kamu dapatkan. Cukup beli di Pegadaian atau ANTAM maka kamu sudah bisa memulai berinvestasi.

Baca: Mending Menabung atau Investasi Ya?

Nah jika memang kamu berencana untuk memulai investasi emas tapi masih pemula atau ‘hijau’ di bidang ini, mungkin ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Yah hitung-hitung menambah pengetahuan kamu mengenai investasi emas. Apa saja?

Konvensional

Apakah kamu tahu jika menyimpan emas merupakan salah satu jenis investasi yang paling konvensional? Sejak dulu orang banyak menyimpan emas di brankas sebagai dana darurat ataupun tabungan di masa tua. Emas yang mereka kumpulkan kebanyakan berupa perhiasan seperti gelang, kalung, ataupun cincin.

Terdiri dari Berbagai Jenis

Emas itu tidak hanya dalam bentuk perhiasan saja, tapi terdiri dari berbagai jenis yang bisa kamu pilih untuk di investasikan. Mulai dari perhiasan, batangan, kepingan, trading, sampai koin bisa kamu dapatkan. Tentunya dengan harga yang berbeda-beda.

Mudah Dicairkan

Jika terpaksa harus mencairkan emas yang kamu miliki, kalian cukup datang ke Pegadaian untuk melakukannya. Ini tentu sangat berbeda dengan instrumen investasi yang lain lain dimana kalian harus menunggu sampai dana masuk ke rekening bank. Tapi jika emas? Kalian tidak perlu menunggu lama untuk mencairkannya dan dana bisa langsung kamu pegang.

Memiliki Resiko Rendah

Apakah kamu tahu jika investasi emas memiliki resiko yang rendah? Tentu saja hal ini berbeda dengan instrumen investasi yang lain. Resiko yang rendah di sini maksudnya kamu tidak akan merugi, karena harga emas setiap tahunnya cukup stabil. Maka dari itu, bagi para pemula yang ingin melakukan investasi, emas merupakan salah satu pilihan utama.

Baca: Keuntungan Menabung dalam Jangka Waktu Dekat

Jika sudah tahu hal-hal diatas, saatnya masuk ke topik yang kalian tunggu. Berikut adalah tips melakukan investasi emas untuk para pemula.

Ingat Tujuan Utama Investasi

Sebelum membeli emas, pertama-tama apakah kamu tahu tujuan kamu melakukan investasi apa? Apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek? Kamu harus menentukan tujuannya terlebih dahulu. Selalu tanyakan ke diri kamu, apakah tujuan ini penting atau tidak untuk dicapai. Selalu fokus dan jangn menyimpang dari tujuan utama.

Periode Investasi

Kamu harus tahu berapa lama periode investasi yang diinginkan. Pastikan kamu sudah menentukan periode berinvestasi emas dan menahan diri untuk tidak menggunakannya sampai akhir periode. Selalu simpan emas yang kamu miliki di tempat yang aman seperti brankas pribadi.

Total Investasi

Jika kamu sudah memiliki tujuan, langkah selanjutnya adalah mencari tahu total uang yang harus kalian keluarkan untuk berinvestasi. Jangan memaksakan diri, apalagi sampai mencari pinjaman demi bisa berinvestasi. Tidak apa-apa jika kamu tak bisa membeli banyak karena tujuan investasi kamu adalah untuk masa depan. Pastikan kamu selalu mengatur budget untuk masalah ini.

Harus Siap Berkomitmen

Jika sudah mendapatkan emas yang diinginkan, saatnya kamu komit untuk tidak menggunakan atau menjualnya kembali dalam waktu dekat.

Beli di Tempat Terpercaya / Aman

Jika kalian sudah meiliki hal-hal diatas, saatnya untuk membeli emas pertama di tempat yang tedaftar. Hal ini diperlukan agar kamu tidak tertipu membeli emas palsu atau tidak sesuai dengan uang yang dikeluarkan. Saat ini tempat terpercaya untuk membeli emas adalah Pegadaian dan Logam Mulia.

Itulah beberapa cara investasi emas untuk para pemula yang bisa kalian terapkan. Memang, emas tetap menjadi pilihan investasi sebagian masyarakat Indonesia karena menguntungkan serta bebas dari pajak dan juga inflasi.

Jadi tunggu apalagi? Yuk coba memulai investasi emas dari sekarang yuk!

Jangan lupa untuk men-download Personal Budgeting dari neu ya untuk bisa membantu mengatur pemasukan dan pengeluaran kamu setiap bulannya! Jadi biar kalia bisa menggunakan sisa uang untuk ditabung atau menambah emas lagi!

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *