• Share

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Selama Pandemi COVID-19

  • Author
    Leo
  • Posted on
    May 10, 2020 08:00 am
  • Readed
    81 Views
Cara Mengatur Keuangan saat Pandemi

Pandemi COVID-19 yang mewabah di negara Indonesia sejak Maret 2020 lalu cukup membuat banyak pihak merasa rugi. Ada banyak sektor yang menjadi rugi akibat pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia ini, seperti pariwisata, makanan, dan yang paling terkena pengaruhnya adalah ekonomi yang merosot jauh ke bawah.

Apalagi semenjak pemerintah Indonesia menganjurkan kita agar tetap dirumah dan tidak kemana-mana, dan menerapkan PSBB pada tanggal 18 April 2020 kemarin.

Akibat dari diterapkannya PSBB ini, ada banyak tempat publik yang ditutup demi mencegah penularan virus COVID-19 seperti sekolah, tempat hiburan, rumah ibadah, perkantoran, sampai tempat usaha.

Dampaknya? Banyak sekali para pekerja yang di PHK akibat kantor mereka bekerja mengalami gulung tikar. Tak hanya para pekerja, mereka yang bekerja di rumah juga merasakan dampaknya, yaitu ekonomi yang tidak stabil. Hal ini mengharuskan mereka harus berhemat selama masa pandemi COVID-19.

Tak jarang, mereka yang berhemat mulai mencari cara mengatur keuangan selama pandemi COVID-19 ini berlangsung supaya bisa lebih hemat sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. Hal ini sangatlah penting, mengingat kita tidak bisa menebak sampai kapan pandemi virus ini akan berakhir di Indonesia.

Baca: Cara Bertahan Hidup tanpa Penghasilan saat Krisis COVID-19

Jika memang harus berhemat, pastikan kamu sudah melakukan hal-hal berikut ini. Apa saja?

Hitung Pengeluaran dalam Sebulan

Selagi masa pandemi, pastikan kamu menghitung pengeluaran dalam waktu 1 bulan terakhir. Hitung secara rinci dan pastikan tidak ada yang miss karena ini sangatlah penting. Hal ini dilakukan agar kamu tahu berapa kira-kira pengeluaran yang dibutuhkan selama 1 bulan pada masa pandemi ini. Rincikan pengeluaran apa saja yang kamu keluarkan dan pastikan pada bulan depan pengeluaran kamu tidak melebihi bulan sebelumnya.

Susun Budget untuk Beberapa Bulan Kedepan

Setelah kamu tahu berapa jumlah pengeluaran yang kamu butuhkan dalam rentan waktu 1 bulan terakhir, sekarang saatnya kamu susun budget yang kamu miliki. Alokasikan budget sesuai dengan kebutuhan agar tidak ada overspend. Cara mengatur budget yang kamu miliki cukup mudah, ikuti pola 10 15 25 50 dimana 10% untuk gaya hidup, 15% untuk dana darurat, 25% untuk tabungan atau investasi, dan 50 untuk kebutuhan hidup (cicilan termasuk di dalamnya).

Dana Darurat

Pastikan kamu memiliki dana darurat! Jangan sampai tidak ada dana darurat ketika kamu sedang mengatur keuangan yang dimiliki. Mengapa? Karena agar bisa kamu gunakan pada saat yang tidak terduga sebelumnya, sehingga tidak mengganggu flow keuangan yang sudah dibuat. Penting sekali bukan? Intinya, dana darurat hanya bisa kamu gunakan pada saat tertentu dan tidak bisa seenaknya digunakan ketika tidak dibutuhkan. Cukup taruh 15% dari pemasukan kamu sebagai dana darurat. Ingin lebih? Silahkan!

Baca: No-Spend Challenge, Berani Coba?

Nah jika kamu sudah memiliki hal-hal penting diatas, sudah saatnya mencari tahu cara mengatur keuangan selama pandemi COVID-19 seperti apa saja! Simak ya!

Ubah Gaya Hidup

Jika sebelum pandemi COVID-19 gaya hidup kalian cukup mewah, mungkin sudah saatnya mengganti itu dengan gaya hidup yang lebih sederhana. Potong segala akses entertainment yang kiranya tidak begitu kalian butuhkan dan sisihkan uangnya untuk keperluan lain. Jangan sampai kalian tetap bergaya hidup mewah selama pandemi COVID-19 ini berlangsung dan usahakan tahan sampai pandemi ini selesai. Siapa tau gaya hidup kalian selama pandemi akan terbawa terus dan menguntungkan kalian bukan? Yuk mulai dari sekarang!

Say No to Credit Card

Apakah kamu tahu kalau credit card itu merupakan salah satu faktor perusak pengeluaran bulanan paling besar jika digunakan secara tidak bijak? Ada banyak pengeluaran yang tidak perlu (cicilan) yang berasal dari credit card. Jadi, kalau bisa tahan diri kamu untuk mencicil barang yang diinginkan sampai pandemi COVID-19 ini selesai, mending cicil kebutuhan rumah saja. Lebih baik disimpan saja credit card yang dimiliki agar tidak mengganggu cash flow yang dimiliki.

Baca: Cara Menghindari Perilaku Impulsive Buying saat Belanja

Atur Prioritas

Di masa pandemi sekarang ini, yang menjadi prioritas utama kalian adalah survival. Pastikan kamu sudah tahu pripritas apa saja yang kalian butuhkan untuk bisa bertahan hidup selama masa pandemi COVID-19 ini berlangsung. Selalu pikirkan 2 kali atau kalau bisa 3 kali jika ingin menggunakan uang kamu untuk hal lain di luar prioritas. Jangan sampai nantinya malah menyusahkan diri.

Terus Berinvestasi

Pandemi COVID-19 bikin tidak bisa investasi? Siapa bilang? Justru ini saatnya kamu jor-joran berinvestasi. Eits, tapi pastikan kamu berinvestasi sebesar 25% dari pemasukan kamu ya! Jangan lebih dan jangan kurang. Tapi jika kamu merasa 25% masih memberatkan, kamu bisa menguranginya. Alokasikan dana tersebut ke dana darurat ya tapi. Jangan bandel untuk digunakan sebagai dana gaya hidup. Investasi yang kamu lakukan juga banyak ragamnya, mulai dari reksadana sampai SBN. Silahkan pilih dengan seksama dan jangan lupa membaca ya!

Baca: Mending Menabung atau Investasi Ya?

Personal Budgeting

Selalu catat pengeluaran dan pemasukan yang kamu miliki setiap bulannya. Jangan sampai ada yang terlewatkan. Kamu bisa mencatatnya di handphone ataupun lewat file Personal Budgeting. Pastikan setiap kali kamu belanja kebutuhan, menabung atau investasi, bayar cicilan dicatat ke file Personal Budgeting ini. Hal ini dilakukan agar kamu tahu biaya-biaya yang dikeluarkan dan juga masuk. Jika ada biaya lebih atau yang tidak dipakai, segera alokasikan ke dana darurat atau tabung! Jangan tergiur untuk memakainya ya!

Di neu ada juga file Personal Budgeting yang bisa kamu gunakan selama masa pandemi COVID-19 ini. Kalian bisa gunakan untuk mencatat pemasukan dan juga pengeluran selama 1 bulan sampai 1 tahun. Cara menggunakannya juga mudah dan kalian akan mendapatkan tutorialnya. Cek di sini.

Nah itulah beberapa cara mengatur keuangan pribadi selama masa pandemi COVID-19. Pastikan kamu mengikuti cara-cara diatas ya jika ingin bertahan hidup di krisis ini, karena jujur kita tidak tahu kapan pandemi akan selesai dan ekonomi Indonesia kembali normal.

Jadi tetap semangat dan cari cara sendiri untuk mengatur keuangan yang kalian miliki ya! Semangat dan jangan menyerah!

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *