• Share

Dikenal Selalu Sukses, Begini Cara Orang Tionghoa Atur Keuangan

  • Author
    ihsan
  • Posted on
    Aug 13, 2021 19:00 pm
  • Readed
    31 Views
cara orang tionghoa

Hello neupeeps!

Sejak dulu orang Tionghoa sudah dikenal sangat pandai dalam masalah mengurus keuangan. Mereka dianggap bisa melihat peluang dengan baik kemudian membuatnya jadi ladang usaha yang memberikan keuntungan. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak orang Tionghoa yang sukses dalam menjalankan bisnisnya.

Lalu kenapa sih mereka bisa dengan mudah mengembangkan usahanya? Ternyata ada beberapa prinsip yang dipegang supaya bisa seperti itu. Nah kamu yang sedang memulai usaha juga bisa mencontohnya jika ingin bisnismu berkembang. Berikut ulasan lengkapnya.

Menabung sebagai kunci kekayaan

Hemat pangkal kaya mungkin adalah salah satu kata-kata bijak yang apabila dipraktikkan akan benar terasa manfaatnya. Nah, prinsip ini juga ternyata dipakai oleh etnis Tionghoa dalam mengatur keuangan. Ya, mereka menggunakan pendapatannya untuk ditabung bahkan dalam jumlah yang lumayan besar. Bahkan ada yang sampai 60 % dari total penghasilan per bulannya.

Selain itu, mereka juga mengurangi pengeluaran untuk hal yang tidak perlu, alhasil uang yang ditabung pun bisa semakin banyak. Masalah tabungan, kamu bisa menyimpannya dalam bentuk tunai, rekening di bank, hingga e-Wallet. Kalau mau tabungan bentuk e-Wallet, kamu tak perlu repot untuk mengisinya karena sekarang pakai neu sudah bisa top up OVO dengan mudah.

Tidak terpaku pada satu sumber penghasilan

Kamu pasti sering menemui kalau para pengusaha keturunan etnis Tionghoa punya banyak bisnis yang dijalankan. Hal itu sejatinya juga merupakan salah satu trik dalam mencari keuntungan dari usaha. Ya, dari pada hanya berpacu pada satu sumber saja, mending punya usaha lain sebagai back up.

Risiko bergantung pada satu usaha saja memang sangat besar, andai saja keadaan tidak stabil ada kemungkinan bisa gulung tikar. Alhasil tak perlu panik kalau tiba-tiba salah satu bisnismu tidak jalan karena yang lainnya bisa menambal kerugiannya.

Jauhi hutang agar hidup tenang

Ingat jika ingin sukses, jauhi hutang dan cicilan karena bisa bikin hidup jadi tidak tenang. Memang ada kalanya di mana kita terpaksa berhutang untuk memenuhi kebutuhan. Nah, hutang yang dimaksud di sini adalah yang digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Kalau memang belum mampu membeli barang tersebut, lebih baik menunggu dan menabung dulu daripada berhutang atau melakukan cicilan. Nah kalau memang sudah mampu, barulah bisa membeli barang yang diinginkan secara tunai dan kontan.

Jangan lupa untuk mengatur anggaran

Memang, orang Tionghoa lekat dengan stereotip perhitungan. Namun ingat, perhitungan berbeda dengan pelit. Ya, mereka akan mengelola uang mereka dengan sangat hati-hati dan digunakan secara tepat sasaran. Hal itu tidak terlepas dari sifat mereka yang sangat menghargai uang hasil dari kerja keras.

Para etnis Tionghoa tak mau uang yang diperoleh digunakan hanya untuk hal yang sia-sia. Meskipun perhitungan, tapi mereka tidak pelit. Ya, kalau memang ada yang butuh sumbangan, mereka tak ragu untuk memberikan.

Jadi bukan tanpa alasan kenapa banyak pengusaha keturunan etnis Tionghoa memiliki usaha yang sukses. Kamu yang juga ingin membuka usaha, tidak ada salahnya menerapkan tips-tips di atas. Oh iya, kalau kamu perlu bantuan untuk mengatur keuangan, aplikasi neu dengan fitur neuBudget akan sangat membantumu.


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *