• Share

Catatan Keuangan Untuk Keluarga

  • Author
    Putra
  • Posted on
    Dec 30, 2020 04:44 am
  • Readed
    185 Views
Pentingnya Catatan Keuangan untuk Keluarga

Hello neupeeps!

Beberapa orang mungkin menganggap mengelola keuangan rumah tangga hanya sekadar mencatat keuangan pemasukan dan pengeluaran. Pada dasarnya mengelola keuangan rumah tangga merupakan sesuatu yang penting namun juga bukan mudah untuk diterapkan.

Jika dikelompokan ada 3 jenis kebutuhan rumah tangga meliputi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Cara mengelola keuangan di tiap-tiap rumah tangga berbeda. Idealnya setiap rumah tangga mulai dengan memahami kebutuhan sehari-hari, tagihan, dana tabungan, dan yang lainnya. Hal tersebut harus dikelola dengan baik dan diperlukan kerja sama khususnya suami serta istri.

Suami dan istri harus melakukan perencanaan keuangan rumah tangga tidak cukup dengan baik namun bijak dan konsisten. Hal pertama yang harus diterapkan ialah bersatu dalam visi, misi, dan memiliki tujuan yang sama dalam keuangan. Jikalau masih terasa sulit, kamu bisa simak artikel ini.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut tips-nya untuk Neupeeps!

Seimbangkan Pendapatan

Langkah awal mengatur dan mengelola keuangan agar hemat ialah menggabungkan pendapatan yang diperoleh suami dan istri. Tujuan dari langkah ini untuk mengetahui besar dana yang dapat dialokasikan ke seluruh kebutuhan baik primer, sekunder, dan tersier. Memang tidak mudah mengatur keuangan rumah tangga. Butuh kemampuan dan kemauan agar pendapatan yang ada cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan.

Baca: Cermati Hal Ini Sebelum Investasi

Prioritaskan Kebutuhan

Setelah sudah menggabungkan seluruh pendapatan dari masing-masing, langkah selanjutnya kamu bisa menuliskan rencana pengeluaran rumah tangga untuk sebulan penuh. Susun pengeluaran mulai dari prioritas terpenting. Lakukan identifikasi terhadap apa yang benar-benar menjadi kebutuhan dan keinginan. Kamu harus bisa membedakan kedua hal tersebut dengan fokus lebih terhadap kebutuhan bukan keinginan.

Baca: Latte Factor: Pengeluaran Kecil Yang Bikin Kantong Boros!

Hindari Panic Buying

Keadaan saat ini membuat banyak orang merasa khawatir tetapi rasa itu bisa dikatakan wajar. Tapi rasa khawatir jangan berlebih atau dijadikan alasan menjadi sosok yang panic buying, ya. Mengapa demikian? Karena ketika kamu menjadi sosok panic buying secara otomatis berpengaruh terhadap kesehatan keuangan rumah tangga. Jadi, kendalikan kondisi rumah tangga dengan membeli kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan serta hindari pemborosan.

Baca: Cara Menghindari Perilaku Impulsive Buying saat Belanja

Kendalikan Pemakaian Kartu Kredit

Setiap rumah tangga pasti perlu belanja untuk memenuhi kebutuhan tiap harinya. Tahukah kamu bahwa kebiasaan transaksi dengan kartu kredit harus dikendalikan secara cermat dan bijak? Jika kamu menggunakan kartu kredit dengan bijak maka kartu kredit bisa bermanfaat. Seperti contoh, saat diperhadapkan dengan keadaan kondisi darurat maka kartu kredit memiliki pilihan cicilan yang bisa digunakan. Karena pada dasarnya kartu kredit punya kelebihan dan kekuruangan, tergantung bagaimana kamu menggunakannya.

Hal yang perlu kamu perhatikan dalam kondisi ini ialah kurangi pemakaian kartu kredit untuk kebutuhan yang bukan prioritas. Jangan belanja melebihi budget yang sudah ditentukan sebelumnya.

Baca: 6 Langkah Memulai Minimalist Budget untuk Menghindari The Debt Cycle

Analisis Harga

Langkah ini bisa dilakukan dengan sederhana. Kamu bisa memandingkan harga barang yang dibutuhkan atau ingin dibeli. Pilih barang dengan membandingkan harga, kualitas, merek, dan lokasi pembelian. Membandingkan harga pasti membantu kamu dalam menghemat pengeluaran.

Tips tambahan namun bersifat opsional yakni buat rekening khusus rumah tangga. Dengan rekening yang berbeda, kamu bisa mengontrol cashflow dan mengendalikan nominal uang untuk kebutuhan rumah tangga seperti sandang, pangan, papan, kesehatan dan pendidikan.

Baca: Punya Rekening Lebih dari Satu, Perlu Enggak?

Berhemat bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Coba praktikan tips-tips berhemat di atas dan buktikan kamu bisa mengatur keuangan rumah tangga. Kunci utama dalam mengatur keuangan ialah konsisten, cermat dan fokus.

So, buat Neupeeps tips di atas dapat dicoba. Semangat gapai kebahagian untuk keuangan rumah tangga semakin ideal, ya!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Neu adalah aplikasi transfer gratis dan budgeting yang memudahkan kamu untuk mengelola keuangan sehari-hari.

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *