• Share

Cermati Hal Ini Sebelum Investasi

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Dec 02, 2020 09:59 am
  • Readed
    63 Views
Ingin Investasi? Yuk Cermati Terlebih Dahulu Hal Berikut Ini!

Hello neupeeps!

Punya dana lebih tapi binggung ingin digunakan untuk apa? Tentunya kamu harus cerdas dalam mengelola keuangan. Salah satu pilihan terbaik untuk mengelola keuangan ialah berinvestasi. 

Tidak hanya itu, investasi jadi cara efektif untuk meningkatkan kekayaan, lho. Intinya investasi bertujuan baik untuk mendapatkan pertambahan nilai di masa depan. Kini sudah ada beragam pilihan instrumen atau produk investasi yang bisa dicoba. Mulai dari saham, reksadana, deposito, obligasi dan lain sebagainya. Dengan didukung kemajuan teknologi, kamu bisa berinvestasi hanya melalui gadget tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Umumnya, instrumen investasi yang disarankan untuk pemula ialah reksa dana atau saham. Tapi sebelum melakukan investasi sebaiknya kamu memiliki informasi dan referensi yang jelas sebagai pondasi. Berikut hal yang perlu dicermati sebelum mulai investasi.

Baca: Mending Menabung atau Investasi Ya?

Riset

Tahap ini mewajibkan kamu untuk membaca seputar investasi mulai dari yang umum hingga khusus. Di dunia investasi tidak ada batas pengetahuan yang bisa dipelajari. Dengan membaca informasi tentu kamu akan belajar serta tahu banyak tentang investasi. Mulai dari cara-cara, peraturan, strategi, kelebihan, kekurangan, instrumen dan lain sebagainya. Setiap memulai sesuatu, perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengumpulkan informasi dan pengetahuan yang akurat.

Perencanaan dan Tujuan

Jika ingin memulai sesuatu, jangan hanya berfokus kepada keuntungan yang akan diraih. Banyak pelaku investasi yang mengalami kegagalan karena memiliki fokus tertuju hanya kepada keuntungan. Keuntungan akan hadir jika kamu mau mengikuti proses dengan sungguh-sungguh. Tahap awal yang penting kamu lakukan ialah memiliki tujuan jelas agar saat berinvestasi semua akan terlaksana dengan lancar hingga sampai ditahap sukses.

Tetapkan Target

Kamu perlu menentukan target yang ingin dicapai dalam berinvestasi. Memiliki target maka secara otomatis investasi yang kamu jalankan semakin terarah. Jadi, jangan lupa untuk menetapkan target, bukan sekadar sebagai arah tetapi juga menentukan tujuan yang jelas saat berinvestasi. Ditahap ini, kamu juga harus menentukan instrumen investasi. Pilih instrumen yang sesuai dengan dana dan kemampuan.

Siapkan Modal

Sebelum mulai berinvestasi, kamu harus siapkan modal yang dibutuhkan secara matang. Lalu, berapa banyak modal yang harus disiapkan? Hal ini tergantung dengan investasi yang kamu pilih. Modal awal yang dimaksud misalnya kamu ingin membuka akun di salah satu sekuritas maka dana masuk yang harus dipersiapkan sebesar yang sudah ditentukan. Setelah itu, kamu sudah bisa memulai investasi. Besar dan kecil modal awal bukan menjadi fokus utama.

Hal penting yang harus selalu diingat ditahap ini ialah jangan mengalokasikan pendapatan sepenuhnya untuk berinvestasi. Namun perhatikan cashflow dan kemampuan yang dimiliki agar kebutuhan dan investasi tetap bisa berjalan secara seimbang.

Konsisten

Ketika sudah memulai berinvestasi maka kamu harus melakukannya secara konsisten. Bukan hanya berkaitan dengan instrumen namun tentang apapun. Saat kamu sudah bisa konsisten, tidak menutup kemungkinan untuk improvisasi. Konsisten dan improvisasi bisa menjaga kamu dari kerugian. Walau sejatinya kerugian tidak mungkin sepenuhnya dihindari namun bisa diminimalisir.

Baca: Cara Investasi Emas Untuk Para Pemula

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari berinvestasi. Salah satunya mempunyai pendapatan atau persiapan di masa yang akan datang. Investasi tidak hanya sekadar menanam modal namun menyimpan dana. Itu artinya, nilai kekayaan dan keuntungan yang kamu punya akan terus meningkat.

Semakin dini kamu mulai berinvestasi maka semakin besar hasil yang kamu dapatkan nantinya. Kesungguhan dan kekonsistenan diri kamu itu yang diperlukan dalam menjalankan investasi. Yakinkan dirimu untuk berinvestasi.

Yuk, coba untuk berinvestasi sekarang, bisa karena terbiasa.


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Neu adalah aplikasi transfer gratis dan budgeting yang memudahkan kamu untuk mengelola keuangan sehari-hari.

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *