Dapat Cuan Dari Utang? Kenalan Dulu Sama Surat Utang Negara

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Apr 08, 2021 06:46 am
  • Readed
    3 Views
Cuan dari Surat Utang Negara

Hello, neupeeps!

Pernah dengar tentang surat utang negara nggak? Bagi sebagian orang, istilah Surat Utang Negara (SUN) mungkin belum begitu familiar. Akan tetapi, SUN pastinya sudah nggak asing lagi di telinga para investor yang hobi menanamkan modal pada beragam instrumen investasi.

Masih nggak paham tentang SUN? Tenang, akan kita kupas tuntas dalam artikel ini! 

Pengertian Surat Utang Negara

Surat Utang Negara (SUN) adalah obligasi keluaran pemerintah Indonesia guna mengumpulkan dana dari masyarakat agar dapat dipakai untuk memenuhi anggaran belanja negara, biasanya SUN ini untuk membiayai defisit APBN serta menutup kekurangan kas dalam satu tahun anggaran. 

Misalnya kamu punya sebuah bisnis. Untuk menjalankannya, pasti kamu butuh modal dengan jumlah tertentu dong? Nah, kalau kebutuhan modal nggak terpenuhi, mau nggak mau perlu cari pinjaman agar usahanya berjalan. Sama halnya dengan negara kita, dalam pelaksanaan kebijakannya membutuhkan dana segar dalam jumlah nggak sedikit supaya suatu program bisa terlaksa. 

Nah, untuk menutup kebutuhan anggaran tersebut, akhirnya negara menerbitkan obligasi alias SUN kepada masyarakat guna memperoleh dana tambahan. Sebagai gantinya, negara akan membayar pokok ditambah bunga sesuai jatuh tempo yang disepakati di awal. Makanya, SUN cocok dijadikan aset investasi menguntungkan karena imbal baliknya menarik~

Baca: Mau Investasi Saham? Kenalan Dulu Sama Saham Blue Chip, Yuk!

Cuan dari Utang Negara

Emangnya bisa? Bisa banget!

Ketika pajak atau pendapatan negara nggak mencukupi kebutuhan belanja, pemerintah pasti akan nerbitin yang namanya SUN. Nah, hal ini bisa dimanfaatkan investor untuk memperoleh keuntungan, neupeeps. 

Caranya kamu tinggal beli SUN yang dikeluarkan pemerintah pada masa-masa penawaran tertentu. Bunga yang ditawarkan biasanya berkisar antara 6%-8% per tahun, lumayan banget kan? Selain bunganya yang menggiurkan, kamu juga berpartisipasi membantu keuangan negara loh!

Investasi Aman dan Minim Risiko

Jika kamu ingin investasi dengan risiko minimum, SUN is the perfect choice! Instrumen ini menawarkan imbal hasil di atas deposito sehingga cukup menggiurkan. Tapi, kamu harus paham kalau bunga dari jenis obligasi ini nantinya dikenai pajak. Kendati demikian, pajaknya lebih kecil dibanding deposito jadi keuntunganmu tetap maksimal! 

Oh iya, kamu juga nggak perlu khawatir karena SUN ini dijamin pemerintah dan diatur dalam Undang-Undang jadi bisa dipastikan keamanannya terjaga. Jadi, kamu nggak usah ragu lagi jika pengen dapetin cuan dari SUN soalnya ada jaminan pemerintah serta perlindungan dari Undang-Undang.

Baca: Tertarik Investasi? Yuk, Pelajari Profil Risiko Terlebih Dahulu!

Selain lewat SUN, kamu juga bisa dapat cuan lewat pendanaan peer to peer lending di aplikasi neu loh! Kamu cukup melakukan pendanaan di neuGrow maka kamu bisa dapat cuan sampai 25% p.a! Menarik bukan? Yuk download aplikasi neu sekarang juga!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *