Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

Investasi sekarang ini sudah seperti hobi yang makin populer dan dilakoni oleh banyak orang. Tak heran sih mengingat instrumen investasi jaman sekarang juga makin beragam, seperti emas digital. Sebenarnya ini bukan instrumen investasi yang baru sebab sudah sejak lama emas dijadikan sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan.

Nabung Emas Digital di neuGold

Daripada menabung di tabungan terpisah untuk beli emas, sekarang ini sudah ada opsi nabung emas. Salah satu yang recommended adalah neuGold dari neu. Ini adalah fitur di aplikasi neu di mana kamu bisa menabung emas dengan nilai yang terjangkau. Transaksinya pun juga mudah karena dilakukan secara online. Pada tabungan emas digital ini, kamu bisa menabung dengan jumlah yang kamu inginkan dan dapat diuangkan kapan saja.

Cara Beli Emas Digital di neuGold

Untuk membeli emas melalui neuGold, kamu bisa ikuti langkah berikut,

  • Pilih fitur neuGold pada Aplikasi neu.
  • Pastikan akun dan email kamu telah terverifikasi
  • Untuk first timer, kami perlu melakukan konfirmasi alamat kamu sekali lagi.
  • Pilih menu “beli”
  • Tentukan berapa rupiah yang ingin kamu belanjakan; jumlah minimal adalah Rp10.000,-.
  • Pilih metode pembayaran.
  • Konfirmasi pembelian (dan setuju dengan Syarat dan Ketentuan transaksi neuGold).

Selanjutnya, ikuti instruksi pembayaran yang tersedia. Setelah pembayaran terverifikasi, emas akan langsung masuk ke Saldo Emas kamu.

Mengapa Harus neuGold?

Ada beberapa keuntungan atau alasan mengapa kamu harus memilih untuk menabung atau investasi emas digital di neuGold, di antaranya:

Emas digital keamanannya terjamin

neuGold bekerja sama dengan sama dengan PT Indogold Makmur Sejahtera yang merupakan perseroan terbatas yang bergerak di bidang jual beli emas yang memiliki ijin usaha perdagangan jual beli logam mulia nomor 8120211002337 tanggal 23 Oktober 2018, dan PT Indogold Solusi Gadai yang merupakan perseroan terbatas yang bergerak di bidang usaha gadai yang mencakup penitipan barang berharga yang memiliki ijin dari Otoritas Jasa Keuangan dengan Nomor KEP-50/NB.1/2018 tanggal 16 Agustus 2018, sehingga investasi emas kamu tercatat dan tersimpan dengan baik.

Emas digital bisa diakses 24/7

Transaksi dilakukan secara online, jadi kamu bisa memantau investasi emas kamu kapan pun dan di mana pun melalui aplikasi neu.

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Investasi Emas Digital

Sama halnya seperti investasi lainnya, emas digital juga sering kali dilakukan oleh calon investor secara sembarangan. Terlebih investasi emas memang dikenal cenderung mengalami kenaikan nilai ketimbang penurunan. Meski begitu, sebagai calon investor ada baiknya jika kamu bisa menghindari kesalahan-kesalahan ini:

Keuangan masih berantakan

Karena tergiur dengan keuntungan yang akan didapat, sering kalo calon investor tidak mempertimbangkan kondisi keuangannya ketika akan berinvestasi. Salah satu yang sering dilakukan adalah nekad berinvestasi ketika kondisi keuangan masih berantakan. Maksudnya, cash flow yang kamu miliki belum meninggalkan sejumlah uang dingin. Kondisi ini tentu tidak ideal untuk dilakukan sebab dalam berinvestasi sangat tidak disarankan untuk memakai uang panas.

Tujuan investasi tak ditentukan

Banyak calon investor yang hanya melakukan investasi demi mencapai tujuan berupa keuntungan saja. Memang tidak salah, namun hal tersebut tak bisa dijadikan satu-satunya tujuan. Tapi perlu diketahui bahwa investasi sebaiknya dilakukan sebagai kendaraan untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Misalnya untuk dana pendidikan, pensiun dan lainnya. Apa artinya? Investasi sebaiknya dipilih untuk tujuan keuangan jangka yang lebih panjang.

Asal dalam memilih platform investasi

Ada banyak sekali platform investasi yang menyediakan investasi emas digital, namun apakah semuanya bisa dianggap kredibel? Belum tentu. Oleh karenanya, penting untuk calon investor memperhatikan hal yang berkaitan dengan legalitas pada platform investasi tersebut. Pastikan sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan begitu, ke depannya kamu bisa berinvestasi dengan aman.

Tidak memantau harga secara rutin

Meski investasi emas cenderung selalu mengalami kenaikan, bukan berarti kamu tidak memantau harga emas secara rutin ya. Ini penting untuk dilakukan agar kamu bisa memaksimalkan perolehan keuntungan. Misalnya, saat harga emas sedang turun kamu mungkin bisa menambah dana untuk investasi.

Waktu investasi yang gegabah

Untuk investasi emas baik fisik atau digital sebaiknya diarahkan untuk jangka panjang. Mengingat kenaikan nilai emas cenderung naik dalam kurun waktu yang panjang. Apalagi harga emas sifatnya fluktuatif dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Oleh karena itu, disarankan untuk berinvestasi emas minimal 5 tahun.