• Share

Emas Digital vs Konvensional, Mending Mana?

  • Author
    andisultan
  • Posted on
    Nov 12, 2021 18:00 pm
  • Readed
    27 Views
emas digital vs konvensional

Hello neupeeps!

Menabung emas memang sudah jadi salah satu cara jitu untuk berinvestasi. Apalagi di era yang serba maju ini, semua bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Alhasil investasi logam mulia bahkan bisa jadi sarana mengamankan harta atau tabungan buat masa depan.

Namun dalam berinvestasi emas, kadang orang bingung untuk memilih bentuk digital atau fisik. Meskipun sama-sama menguntungkan namun ada kekurangan dan kelebihan masing-masing dari jenis emas itu. Nah, biar kamu gak salah pilih berikut tips biar kamu gak kebingungan untuk memilih jenis emas.

Emas digital cenderung lebih murah

Antara emas konvensional dan digital, ada perbedaan harga yang lumayan mencolok. Padahal sama-sama emas, namun kenapa bisa seperti itu? Ternyata hal ini berhubungan dengan biaya cetak yang biasanya ada di emas dalam bentuk fisik. Sebaliknya, emas digital tak memiliki biaya cetak sehingga harga cenderung lebih murah. Barulah kalau memang mau dicetak baru akan ada biaya tambahan. Namun rata-rata kalau dicetak dengan jumlah yang banyak harganya juga akan sedikit lebih murah.

Transaksi emas digital lebih fleksibel

Kita harus pergi ke toko emas dulu kalau mau beli emas konvensional. Masalahnya kadang ada saja waktu di mana toko tutup tanpa memberikan kabar bagi pelanggannya. Hal ini sejatinya tidak ditemui untuk emas digital yang transaksinya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Ini menjadi keuntungan bagi emas digital sehingga saat ini makin banyak digandrungi orang. Kalau kamu juga ingin coba investasi emas digital ini maka bisa pakai neu biar semua transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Masalah keamanan, emas digital lebih terjamin

Karena dalam bentuk digital, kamu gak perlu ribet untuk memikirkan keamanannya. Kalau memang dibutuhkan pun bisa dicetak kapan saja. Hal ini tentu sangat berbeda dengan emas konvensional yang harus dipikirkan masalah keamanannya. Kalau disimpan di rumah, kamu harus sedia brankas yang aman supaya tidak dibobol. Atau kamu lebih memilih disimpan di bank atau jasa penyimpanan, namun tentu harus membayar biaya jasa mereka secara rutin. Mau bagaimana lagi, namanya logam mulia bisa jadi target pencurian atau perampokan sehingga harus jeli dalam menyimpannya.

Masalah pantau harga, emas digital lebih baik

Ketimbang emas konvensional, emas digital harganya bisa dipantau dengan baik. Banyak platform yang menyediakan grafik kenaikan dan penurunan harga emas setiap hari. Sehingga kamu bisa lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk menjual atau menahan emas kamu. Sebaliknya, untuk emas konvensional kamu harus datang ke toko dulu untuk memastikan harga jual dan belinya. Pasalnya ada beberapa faktor lain yang mengakibatkan harga emas konvensional bisa berbeda dari satu toko ke toko lainnya.

Memang dari banyak segi, emas digital dianggap memiliki banyak kelebihan. Namun kembali lagi itu semua tergantung pada pilihan masing-masing lebih condong di emas digital atau konvensional.


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait