Financial Independence, Retire Early!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Aug 17, 2020 00:00 am
  • Readed
    87 Views
FIRE Movement

“More important than the how we achieve financial freedom, is the why. Find your reasons why you want to be free and wealthy.”

Robert Kiyosaki

Masih dalam suasana Kemerdekaan yang related dengan kebebasan dan sekarang bukan jamannya lagi melawan penjajah, tapi tentang melawan diri sendiri, terutama dalam hal financial.

Gimana nih kalian udah memasuki fase Financial Independence belum?

Apa sih artinya Financial Independence?

Financial Independence adalah fase dimana seseorang memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar biaya hidup yang cukup tanpa harus bergantung dengan kerja keras karena aset (hasil dari saving dan investasi) yang dimiliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidupnya.


Pernah denger tentang FIRE ? Financial Independence, Retire Early!

Buku terlaris tahun 1992 yang berjudul “Your Money or Your Life” oleh Vicki Robin dan Joe Dominguez, FIRE diartikan sebagai menyandingkan biaya dan waktu yang dihabiskan di tempat kerja dengan jam-jam hidup Anda. Setiap pengeluaran dibandingkan dengan waktu yang dihabiskan di tempat kerja untuk mendapatkan pembelian.

Nah beberapa tahun terakhir ini banyak orang melakukan gerakan FIRE ini.

Gimana caranya ya? Dengan lifestyle hidup hemat hingga 70% dari penghasilan perbulan dan mempersiapkan tabungan dan investasi sebesar 30kali lipat dari penghasilan tahunan mereka.


Menurut info dari OJK, gerakan FIRE ini mulai dilakukan sejak tahun 2010 dan banyak banget komunitas FIRE yang membahas di blog, podcast dan media diskusi lainnya. Kalian bisa menggali informasi lebih detail gimana mereka melakukan berbagai cara untuk bisa mencapai Financial Independence!

“Ah tapi pasti itu cuma dari orang-orang yang emang gajinya udah gede aja!”

Jangan salah guys, komunitas FIRE itu terdiri dari berbagai macam status economy social, yang artinya dari berbagai macam kalangan dan mereka mengartikan bahwa FIRE itu belum tentu harus pensiun dini walaupun ada tulisan “Retire Early”, tapi lebih diartikan sebagai suatu gerakan untuk mencapai cita-cita kebebasan secara financial, yang dimana nggak memikirkan uang lagi untuk kebutuhan hidup.

Tentukan target adalah salah satu langkah awal untuk menjalankan step berikutnya. Dengan adanya gerakan FIRE ini membuat kita membuka mata dengan selebar-lebarnya betapa pentingnya saving dan investasi.

Gimana caranya bisa melakukan saving dan investasi yang maksimal? Ya dengan gaya hidup frugal , membangun bisnis, mencari passive income lewat internet dan menjalankan investasi pastinya.

Bukan cuma itu aja ya, tapi kamu juga harus terbebas dari hutang.

Can you imagine waking up in the morning, and do anything that we love!

Nggak pusing mikirin tagihan atau cicilan..

Menurut Robert T.Kyosaki seorang investor, usahawan, penulis “Richdad (Rich Dad Poor Dad, Cashflow Quadrant, Retirement Young Retirement Rich dan Guide to Investment)” dan motivator dari Amerika

Financial Independence or Financial Freedom is a mental emotional and educational process.

Kalau kamu mau tau gimana keuangan kamu 10 tahun lagi, coba di cek gimana kamu memprioritaskan keuangan kamu sekarang~


We would like to remind you to follow our Instagram account here! Always check our feed and tune in to neusession.

See you next week!

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *