Investasi Emas, Pengertian, Tips, dan Risikonya

Investasi emas adalah aktivitas untuk menjadikan logam mulia sebagai investasi, sama halnya seperti saham atau reksadana, di mana tujuannya adalah kita bisa mendapatkan manfaat nilainya di masa depan. Investasi logam mulia belakangan ini makin mendapat banyak peminat. Tidak mengherankan karena jenis investasi ini praktis dan mudah dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun.

Apalagi harga emas dikenal cenderung jarang mengalami penurunan. Pun jika terjadi, nilainya tidak signifikan. Oleh karena itu, banyak yang menjadikan emas sebagai investasi jangka menengah atau panjang.

Sering kali investasi ini dipilih untuk mereka yang punya tujuan tertentu di masa mendatang. Misalnya untuk kebutuhan anak yang akan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi, memberangkatkan orang tua naik haji atau membeli rumah impian. Jadi investasi ini memang jarang dipilih jika untuk rencana jangka pendek. Sebab makin lama diinvestasikan, makin bertambah juga nilainya. Ditambah lagi, pencairan investasi ini juga mudah sekali.

Tips Investasi Emas

Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi emas, ada beberapa tips yang perlu diketahui yaitu:

Cara investasi emas

Kamu bisa membeli emas secara langsung dan membawa emas fisik pulang ke rumah lalu menyimpannya di tempat yang aman. Cara ini lebih aman meski kamu harus menyiapkan uang sejumlah berat emas yang kamu inginkan secara penuh. Ada juga pilihan untuk mencicil atau menabung emas di platform penyedia tabungan emas. Memakai cara ini, kamu bisa mengumpulkan sedikit demi sedikit. Keduanya bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Cara beli emas

Pada umumnya kamu bisa membeli emas secara fisik baik di tempat resmi, meski sekarang ada juga yang lebih praktis seperti menabung emas di NeuGold. Emas fisik ada banyak ukurannya, mulai dari 0,05 gram, 0,1 gram sampai yang memiliki berat kiloan. Berat atau jumlah emas yang ingin kamu jadikan investasi bisa kamu sesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Waktu pencairan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, emas termasuk investasi yang praktis karena bisa didapatkan dan dicairkan dengan mudah. Nah, ketika berinvestasi logam mulia yang paling disarankan adalah menjadikannya investasi jangka menengah atau panjang. Dengan begini kamu sudah dapat keuntungan. Adakah waktu paling tepat untuk mencairkan investasi emas? Lima tahun adalah yang paling ideal.

Pantau harga

Tak jauh berbeda dengan investasi jenis lainnya, untuk investasi logam mulia kamu juga perlu memantau harga atau nilai secara periodik. Meski tak perlu sesering investasi saham atau reksadana, kamu bisa memantau nilai emas dalam periode bulanan, tiga bulanan atau tahunan. Dengan memantau harga, kamu akan mengetahui apakah nilai investasimu sudah bertambah atau belum.

Simak tips dari para youtuber investasi emas

Cara satu ini bisa jadi alternatif belajar yang murah meriah tapi tetap penuh dengan ilmu. Banyak tips menarik yang bisa kita ambil dari para youtuber investasi emas. Misalnya saja D’Gold Father, Like Rosita, hingga Halo Emas. Masing-masing memiliki tips-tips menariknya sendiri di mana untuk para pemula pasti cukup memudahkan.

Risiko Investasi Emas

Namanya juga investasi, ada untung dan juga rugi. Pun termasuk untuk investasi emas. Meski dikenal selalu mengalami pertambahan nilai setiap waktunya, investasi ini juga memiliki risiko. Di antaranya sebagai berikut agar kamu bisa tetap waspada:

Kehilangan

Jika kamu membeli emas fisik dan menyimpannya di rumah atau tempat mana saja, selalu ada risiko kehilangan yang mengintai. Ini merupakan risiko terbesar yang membuat kamu mesti ekstra hati-hati dalam menyimpan.

Investasi bodong

Pernah dengar tentang pohon emas? Ini adalah sedikit contoh tentang risiko saat ingin berinvestasi emas. Dengan menawarkan keuntungan yang menggiurkan, tidak sedikit loh yang terjerumus ke investasi bodong ini. Karena itu, kamu perlu hati-hati dan selektif.

Emas palsu

Tingginya minat untuk berinvestasi emas dijadikan peluang oleh oknum tak bertanggung jawab dengan menjual emas palsu. Lebih aman jika kamu membeli emas di tempat resmi atau menabung emas di platform yang terpercaya seperti Neu. Niscaya kamu bisa terhindar dari risiko ini.

Investasi Emas di NeuGold

Pada aplikasi Neu, kamu bisa menabung emas loh. Ada yang namanya NeuGold, di mana kamu bisa menabung sejumlah uang yang kemudian bisa dicetak saat sudah mencapai saldo yang sesuai dengan harga emas diinginkan. Ingin tahu bagaimana cara investasi emas di Neu? Ikuti langkah-langkah ini:

  • Download aplikasi Neu
  • Pilih fitur neuGold pada Aplikasi Neu.
  • Pastikan akun dan email kamu telah terverifikasi
  • Untuk first timer, kami perlu melakukan konfirmasi alamat kamu sekali lagi.
  • Pilih menu “beli”
  • Tentukan berapa rupiah yang ingin kamu belanjakan; jumlah minimal adalah Rp 10.000,-.
  • Pilih metode pembayaran.
  • Konfirmasi pembelian (dan setuju dengan Syarat dan Ketentuan transaksi neuGold).
  • Ikuti instruksi pembayaran yang tersedia. Setelah terverifikasi, emas akan langsung masuk ke Saldo Emas.