Investasi Emas Batangan atau Perhiasan? Pahami Dulu Perbedaan Keduanya Biar Nggak Salah Langkah!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    May 25, 2021 06:39 am
  • Readed
    493 Views
Emas Batangan vs Emas Perhiasan

Hello, neupeeps!

Bicara soal investasi emas, sudah sejak lama cara ini jadi primadona di seluruh lapisan masyarakat. Baik dari nenek-nenek, ibu-ibu, hingga anak muda sekalipun. Apa kamu punya keinginan untuk ikut berinvestasi emas juga, neupeeps? Kalau iya, artikel ini jangan sampai kamu lewatkan!

Investasi emas sendiri biasanya terbagi menjadi dua bentuk, yaitu emas batangan dan emas perhiasan. Sebelum memutuskan harus memilih yang mana, ada baiknya kamu mengetahui dulu beberapa hal di bawah ini!  

Kenapa Orang Suka Berinvestasi Emas?

Apa yang membuat emas jadi investasi yang paling digandrungi oleh masyarakat lintas generasi? Pertama, harganya terbilang stabil, bahkan cenderung mengalami peningkatan. Kedua, investasi emas dinilai aman dan dapat dicairkan kapan saja. Jadi, kalau sewaktu-waktu kamu memang membutuhkan dana urgent, emasmu dapat langsung dijual.

Kemudian, emas juga memiliki harga yang terjangkau dan bisa diakses oleh sebagian besar masyarakat, baik yang di perkotaan maupun yang jauh dari perkotaan. Investasi emas ini sangat cocok untuk kamu yang masih pemula, atau bahkan yang sudah ahli di bidang investasi.

Perbedaan Emas Batangan Dan Emas Perhiasan

Antara emas batang dan emas perhiasan terdapat sejumlah perbedaan, yaitu:

Emas Perhiasan Membutuhkan Biaya Ongkos Pembuatan, Sedangkan Emas Batangan Nggak

Salah satu yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli emas pehiasan adalah ongkos pembuatan. Biasanya semakin rumit bentuk perhiasan kamu, semakin tinggi pula harga ongkosnya. Ketika kamu menjual emasmu di masa depan, harga emasmu akan dipotong dengan ongkos pembuatan. Untungnya, jika kamu membeli emas batangan, kamu nggak perlu kena ongkos pembuatan sama sekali.

Emas Perhiasan Rentan Dijambret, Sedangkan Emas Batangan Lebih Aman

Ketika kamu menggunakan emas perhiasan ke luar, ada kemungkinan kamu diincar oleh orang yang berniat jahat. Sedangkan kalau kamu membeli emas batangan, kamu cenderung hanya menyimpannya di rumah dan tidak dibawa keluar. Nggak perlu diragukan lagi, emas batangan lebih aman.

Emas Perhiasan Harus Dibayar Lunas, Sedangkan Emas Batangan Bisa Dicicil

Emas perhiasan harus dibeli di toko emas dan pembayarannya tunai. Sedangkan kalau kamu membeli emas batangan, pembayarannya bisa dilakukan dengan menyicil dan online. Hal ini pastinya sangat memudahkan. Apalagi kalau uang kamu nominalnya masih sangat sedikit.

Emas Perhiasan Bisa Dipakai Untuk Meningkatkan Penampilan, Emas Batangan Nggak

Sebagai seorang wanita, pastinya kamu ingin tampil lebih percaya diri bukan? Menggunakan perhiasan bisa menjadi salah satu caranya. Makanya para wanita biasanya lebih tertarik menginvestasikan uangnya pada emas perhiasan. Selain untung, tampilan pun kelihatan lebih mewah. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui!

Mana Yang Lebih Baik Untuk Investasi?

Setelah tahu perbedaan emas batangan dan emas perhiasan, sekarang masalah yang muncul adalah, emas mana yang lebih baik untuk investasi? Sebenarnya jawabannya tergantung pada kebutuhanmu.

Pertama-tama tentukan tujuan. Untuk apa kamu berinvestasi emas ini? Jika memang untuk investasi saja, tanpa perlu digunakan, alangkah baiknya kamu memilih emas batangan saja. Sedangkan kalau kamu memang suka menggunakan perhiasan untuk mempercantik diri, nggak perlu diragukan lagi, emas perhiasan adalah jawabannya.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kemurnian emas batangan lebih terjamin. Ketika kamu selesai membeli, kamu akan mendapatkan sertifikat yang berisi nomor id, ukuran serta tingkat kadarnya. Kalau kamu ingin menjadikan investasi emas ini sebagai investasi jangka panjang, rasa-rasanya emas batangan bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Nah daripada kamu bingung, mending langsung aja nabung emas di neuGold. Selain anti ribet, kemananannya juga terjamin! Isn’t it too good to be true?


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *