• Share

Investasi Syariah: Investasi Tenang Tanpa Riba

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Mar 25, 2021 07:25 am
  • Readed
    20 Views
Investasi Syariah Tanpa Riba

Hello, neupeeps!

Adakah di sini yang belum mulai berinvestasi karena takut riba dan nggak sesuai syariat Islam? Nggak usah khawatir, sekarang sudah banyak pilihan produk investasi syariah, loh! 

Di negara yang penduduknya bermayoritas beragama Islam, konsep investasi seringkali dipertanyakan kehalalannya karena investasi identik dengan imbal hasil dalam bentuk bunga yang dikaitkan dengan praktik riba dan diharamkan dalam Islam. Kalau gitu, udah pernah dengar investasi syariah belum nih? 

Apa Itu Investasi Syariah?

Investasi syariah adalah kegiatan penanaman modal yang dilakukan dengan tujuan memperoleh bagi hasil berdasarkan syariat Islam. Di Indonesia, apabila investasi konvensional diawasi langsung oleh OJK, maka investasi syariah ini ditentukan dan diawasi langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang membentuk Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Baca: Tertarik Investasi? Yuk, Pelajari Profil Risiko Terlebih Dahulu!

Perbedaan Investasi Syariah dan Investasi Konvensional 

Tujuan Investasi

Pada umumnya, seseorang berinvestasi karena adanya keinginannya untuk mendapat keuntungan yang setinggi-tingginya. Nah, dalam investasi syariah, tujuannya nggak cuma mendapatkan keuntungan aja, tetapi di sisi lain harus membawa kesejahteraan bagi umat dengan menjunjung tinggi prinsip sedekah. 

Adanya Akad (Perjanjian) 

Dalam pembelian produk investasi syariah, calon investor dan pihak terkait akan melakukan akad (perjanjian) yang meliputi akad kerjasama (musyarakah), akad sewa-menyewa (ijarah), dan akad bagi hasil (mudharabah). Diberlakukannya proses akad ini merupakan wujud komitmen untuk tetap mengamalkan nilai-nilai syariah. 

Pengelolaan Dana

Ada proses screening yang harus dilalui sebelum modal calon investor ditempatkan ke perusahaan. Sebab, investasi syariah nggak akan ditempatkan pada perusahaan yang bergerak dalam bidang yang diharamkan, seperti judi, minuman beralkohol, dan rokok. Nilai utang perusahaan pun sangat diperhitungkan yang nominalnya wajib lebih kecil dari nilai aset.

Proses Pembersihan

Dalam investasi syariah, sebuah pendapatan perusahaan akan dilakukan proses screening untuk menentukan apakah penghasilan tersebut halal atau haram. Jika perusahaan tersebut belum pasti halal atau haramnya, maka akan dibersihkan terlebih dahulu melalui proses “cleansing” dengan menyisihkan sebagian investasi dan keuntungan halal untuk diamalkan.

Baca: Wajib Dihindari, 4 Kesalahan Fatal dalam Investasi

Produk Investasi Syariah

Ada beberapa produk investasi syariah yang bisa dipilih, salah satu di antaranya adalah:

1. Reksa dana syariah

2. Saham syariah

3. Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), seperti Sukuk Ritel (SR/Sukri) dan Sukuk Tabungan (ST)

4. Emas

Baca: Cara Nabung Emas dengan Strategi Dollar Cost Averaging

Nah, dari keempat jenis investasi syariah di atas, kira-kira neupeeps berminat investasi di mana, nih? Di aplikasi keuangan neu, kamu juga bisa berinvestasi emas melalui neuGold, loh! Dengan fitur neuGold, kamu bahkan bisa nabung emas mulai dari Rp10.000!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *