• Share

Jangan Ditiru, Kebiasaan Hemat Ini Justru Bikin Boros!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Apr 23, 2021 07:12 am
  • Readed
    18 Views
Kebiasaan Hemat yang Ternyata Boros

Hello, neupeeps!

Siapa nih yang orangnya hemat banget sama uang sendiri? Well, hemat dalam menggunakan uang memang diperlukan guna terhindar dari masalah keuangan yang akan menimpa ketika kita melakukan pemborosan. Akan tetapi, ternyata ada beberapa praktik hemat uang yang salah kaprah dan nggak disadari masyarakat, neupeeps.

Hah, maksudnya gimana tuh? Jadi, ada beberapa cara menghemat uang yang justru malah bikin boros, neupeeps.

Nggak percaya? Simak artikel ini baik-baik dan jangan ditiru, ya!

Berburu Diskon Supermarket

Diskon yang ditawarkan di supermarket pada dasarnya dapat menghemat pengeluaran masing-masing orang. Tetapi, nggak sedikit diskon yang justru menjebak dan menjerumuskan seseorang pada kasus belanja impulsif. Akibatnya jumlah uang yang dihabiskan jauh di luar dugaan atau anggaran sebelumnya.

Intinya, wajib bijak dalam memanfaatkan setiap diskon yang ditawarkan supermarket. Apabila barang yang sedang diskon bukan produk yang dibutuhkan, sebaiknya nggak perlu membeli dan tetap fokus untuk membeli barang diskon yang menjadi kebutuhan~

Baca: Apakah Kamu Termasuk Kategori Pribadi Konsumtif? Kenali Ciri-Cirinya, Yuk!

Belanja Demi Poin “Reward” 

Pasti tau kan ada beberapa orang yang rela ngejar poin dengan belanja? Nah, kalau poinnya berhasil dikumpulkan nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai reward menarik dari bank. Terdengarnya asyik sih, apalagi melihat serentetan reward yang ditawarkan rasanya akan terlihat “hemat banget”, tetapi percayalah itu tipuan marketing semata, neupeeps

Tidak sedikit orang yang malah terjebak karena program reward itu. Karena terlalu nafsu dan dibutakan dengan iming-iming reward, transaksi belanja justru bertambah sementara pendapatannya tetap sama setiap bulan. Akhirnya malah pemborosan, bukan? 

Beli Barang Bekas

Beberapa belakangan ini, tren belanja barang-barang di thrift store sedang naik daun banget. Sebelum memutuskan untuk beli barang bekas karena tergiur dengan penawaran yang harga murah, neupeeps juga harus ingat kalau membeli barang bekas wajib teliti karena kualitas dan barangnya pasti menurun. Belum lagi kalau barang bekas ini nggak awet, bukannya makin hemat, kamu justru membuang uang untuk memperbaiki barang tersebut. Intinya, selalu terapkan rumus cost per use sebelum membeli barang, ya!

Baca: Hidup Boros? Waspada Terkena Sindrom Hedonic Treadmill!

Do It Yourself (DIY) 

Untuk kamu yang menganggap bahwa dengan membuat produk sendiri akan lebih menghemat kocek, kamu harus memikirkan ulang anggapan tersebut. Selain karena harus mengeluarkan cost untuk menyiapkan banyak barang, DIY (Do It Yourself) juga berpotensi gagal. Alih-alih berhemat, kamu justru akan mengeluarkan uang lebih kalau kerajinan yang kamu buat malah gagal.

Beberapa cara menghemat uang yang dibahas di atas ternyata seringkali menimbulkan perilaku boros, loh. Kelihatannya sih hemat, tapi kalau kamu hitung cost-nya dengan teliti justru malah mengeluarkan lebih banyak uang. Jadi, neupeeps harus lebih hati-hati, ya!

Daripada uangnya kamu belanjain terus-terusan untuk ngejar poin “reward“, mending uangnya kamu jadikan modal untuk pendanaan di platform peer-to-peer lending milik aplikasi keuangan neuneuGrow. Udah saatnya bikin uang yang bekerja untuk kamu!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *