• Share

Jangan Keliru, Mitos Keuangan Yang Salah Kaprah!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jan 12, 2021 07:33 am
  • Readed
    143 Views
Mitos Keuangan yang Sering Disalahartikan!

Hello, neupeeps!

Tinggal di Indonesia nggak bisa dipungkiri membuat kehidupan kita sering diwarnai dengan mitos. Sejak kecil, kita selalu diwanti-wanti orangtua untuk mengikuti mitos-mitos tertentu yang kebenarannya pun nggak bisa divalidasi.

Tapi setelah tumbuh dewasa dan sudah memperoleh wawasan yang cukup, kita pun mulai menyadari kalau kebanyakan mitos yang beredar di masyarakat itu banyak yang keliru.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan bahas tentang mitos-mitos keuangan yang soooo yesterday banget tapi lucunya masih banyak dipercaya orang-orang.

Mitos-mitosnya ada apa aja? Yuk, simak terus, neupeeps!

Banyak Anak Banyak Rezeki

Istilah “banyak anak banyak rezeki” ini sudah sering banget berseliweran di telinga kita, neupeeps.

Hmm, tapi kayaknya kalau diterapkan di zaman sekarang udah nggak relevan lagi deh. Justru dengan punya banyak anak pasti akan berpengaruh sama kondisi keuangan keluarga juga, ya nggak sih?

Menurut sebuah studi, dikatakan bahwa orang tua dengan banyak anak mayoritas nggak mampu membiayai pendidikan anak-anak mereka. Padahal, faktor pendidikan inilah yang sebenarnya jadi awalan untuk memulai kehidupan lebih baik.

Kalau neupeeps memang percaya sama mitos yang satu ini, pastikan ketika berkeluarga nanti direncanakan dengan matang supaya kebutuhan anak-anaknya kelak terpenuhi, ya!

Baca: 9 Cara Jitu Mengelola Keuangan

Hutang Itu Nggak Baik!

“Nggak usah deh lo ribet-ribet ngutang. Nanti malah sengsara hidup lo, mending nabung aja!”

Netizen yang Budiman

Yah, hidup memang bakal tenang kalau nggak ada hutang, tagihan, atau cicilan. Tapi hutang itu sebenarnya sah-sah aja kalau untuk kegiatan produktif, misalnya untuk membeli rumah atau merintis usaha. Hutang yang nggak baik dan justru bahaya adalah kalau kamu minjam uang untuk kebutuhan konsumtif yang di luar batas kemampuan kamu. Alhasil, kamu jadi nunggak bayarnya dan total hutangnya jadi semakin besar karena kamu nggak disiplin bayar. Nah, kalau ini sih yang salah bukan hutangnya tapi kamu yang nggak bisa tanggung jawab.

Baca: Punya Rekening Lebih dari Satu, Perlu Enggak?

Jangan Pakai Kartu Kredit

Mungkin banyak dari kita yang dulu sempat berpikiran kalau kartu kredit adalah musuh bersama. Tapi setelah punya wawasan finansial yang lebih maju, ternyata kartu kredit juga memberikan banyak keuntungan loh seperti travel miles atau promo menarik lainnya yang hanya bisa dinikmati pengguna kartu kredit.

Kalau kamu adalah orang yang disiplin dan bertanggung jawab, maka nggak perlu cemas deh kalau pakai kartu berbahan plastik ini! Yang penting hanya gunakan kartu tersebut untuk sesuatu yang kamu rasa mampu untuk segera dilunasi di bulan berikutnya and you’ll be fine!

Baca: 6 Langkah Memulai Minimalist Budget untuk Menghindari The Debt Cycle

Saham Cuma Buat Orang Kaya

Dulu kalau dengar orang bisa beli saham pasti selalu mikir, “Wah, gila ini orang kaya banget”. Ya memang sih, zaman dulu orang kalau mau beli saham itu minimal 1 lot yang isinya 500 warkat tapi di zaman yang lebih maju ini siapapun tanpa terkecuali punya kesempatan yang sama untuk beli saham tanpa butuh modal yang besar.

Yup, sekarang kamu nggak butuh keluarin uang berpuluh-puluh juta untuk beli saham, hanya beberapa ratus ribu aja sudah bisa loh, neupeeps!

Lalu, di era yang serba online ini juga bikin investasi saham jadi semakin mudah.  Kamu nggak perlu lagi repot-repot untuk telepon broker dan nyiapin dana besar untuk beli saham, sekarang cukup download aplikasi dari perusahaan sekuritas yang kamu daftar di ponsel dan informasi apapun terkait pasar modal sudah bisa kamu akses deh!

Baca: Pendanaan Peer to Peer Lending Dengan Imbal Hasil Menarik di neuGrow

Masih Muda, Nggak Perlu Nabung buat Dana Pensiun!

Nah, kalo mitos yang ini menyesatkan banget, neupeeps! Justru uang masa tua harus disiapkan sedini mungkin, lah kalau nggak disiapkan sejak muda terus kapan dong nyiapinnya? Nggak mungkin kan pas baru mau pensiun langsung buru-buru siapin dana pensiun?

Percaya deh, setiap orang itu pasti bisa nabung tapi yang ngebedain adalah kemauan mereka untuk bisa menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk dana pensiun. Pokoknya, berapapun penghasilan kamu, kalau kamunya nggak mau nabung ya dana pensiun juga nggak akan bisa kamu miliki sampai kapanpun. Yuk mulai rajin nabung dari sekarang supaya bisa mencapai yang namanya financial freedom, neupeeps!

Baca: Mending Menabung atau Investasi Ya?

Hayo dari mitos-mitos di atas, mana nih yang neupeeps masih percaya? Atau neupeeps mungkin punya mitos-mitos keuangan versi lain?


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *