• Share

Jangan Sampai Tertipu, Trik Jitu Hindari Investasi Bodong

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jan 25, 2021 07:23 am
  • Readed
    157 Views
Tips Jitu Hindari Investasi Bodong

Hello, neupeeps! 

Dampak dari kemajuan teknologi saat ini adalah kemudahan dalam melakukan banyak hal, salah satunya investasi online. Sayangnya, terdapat oknum nggak bertanggung jawab di luar sana yang menyalahgunakan kesempatan ini seiring dengan semakin maraknya popularitas investasi online. Di saat yang bersamaan, banyak juga dari masyarakat yang menjadi korban investasi bodong karena tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tinggi. 

Oleh karena itu, neupeeps harus waspada dan wajib cross-check dengan teliti sebelum memutuskan untuk menanamkan uang kalian pada investasi online. Meskipun kasus penipuan online semakin marak, semoga aja hal ini nggak mengurungkan niat neupeeps untuk berinvestasi, ya! Percaya deh, di luar sana masih banyak kok penyedia jasa investasi yang aman dan mendapat izin legal dari otoritas resmi. 

Berikut adalah trik-trik supaya kamu terhindar dari investasi online bodong. Kepoin, yuk!

Baca: Mending Menabung atau Investasi Ya?

Tawaran Keuntungan Masuk Akal

Syarat utama yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih tempat untuk berinvestasi adalah tawaran keuntungan yang wajar. Kebanyakan orang terjebak dan berakhir menjadi korban penipuan karena iming-iming keuntungan yang tinggi, padahal investasi pun nggak langsung menghasilkan keuntungan yang instan. Jadi kalo misalnya neupeeps ditawarkan investasi dengan keuntungan bunga per bulan yang tinggi, wajib untuk waspada ya! 

Keuntungan investasi yang wajar ada di dalam rentang 10-20% per tahun, artinya bila di rata-rata, keuntungan per bulan pun ada diestimasi 2%. Jadi kalo misalnya kamu menemukan produk investasi yang bunga per bulannya mencapai 5% atau setara 60% per tahun berarti patut untuk kamu hindari karena kemungkinan besar itu adalah investasi abal-abal. Layaknya sedang bercocok tanam, investasi yang wajar juga perlu waktu supaya bisa berbuah~

Baca: Cara Mendapatkan Keuntungan Dari Pendanaan Peer to Peer Lending

Skema Investasi dan Produk Jelas

Jasa layanan investasi yang legal pasti paham betul produk yang mereka tawarkan. Sebelum kamu berinvestasi, mereka akan jelasin secara rinci terkait produk yang mereka miliki, mulai dari dana investasi hingga besaran bunga yang akan kamu dapat. Selain itu, penting bagi kamu untuk mengetahui skema investasi yang mereka gunakan, neupeeps.

Kebanyakan investasi bodong menggunakan skema Ponzi. Kalo kamu kepo kenapa namanya skema Ponzi sebenarnya nama tersebut terinspirasi dari Charles Ponzi—mafia asal Italia yang menggunakan cara-cara kotor untuk meraup keuntungan. Salah satu cara Ponzi dalam menipu orang adalah mewajibkan para investor untuk menarik orang baru supaya bisa mendapatkan bunga. Intinya, kalo kamu menemukan penyedia layanan investasi yang mewajibkan untuk menggaet orang baru supaya bisa dapat bonus lebih banyak mendingan nggak usah dipercaya ya!

Baca: Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk First Jobber

Struktur Organisasi Jelas

Banyak kasus penipuan bermodus investasi online seringkali mengasosiasikan diri mereka dengan perusahaan besar. Sebelum kamu menanamkan uang untuk investasi, wajib bagi kamu untuk cari tau reputasi dan rekam jejak si perusahaan. Penyedia layanan investasi yang kredibel pasti punya struktur organisasi yang jelas dan kamu dengan mudahnya bisa menemukan informasi tersebut di internet. 

Jika kamu masih belum yakin, kamu bisa cek dengan tanyakan review perusahaan tersebut ke orang-orang di komunitas. Atau, kamu juga bisa survei langsung dengan mendatangi lokasi perusahaan sesuai dengan keterangan alamat yang tertera untuk membuktikan apakah perusahaan tersebut benar adanya atau fiktif belaka.

Baca: Cara Nabung Emas dengan Strategi Dollar Cost Averaging

Berizin OJK

Nah, poin ini menjadi syarat mutlak untuk mastiin perusahaan tersebut beneran kredibel atau nggak. Penyedia layanan investasi yang legal pasti akan mencantumkan nomor izin yang dikeluarkan OJK di laman website mereka. Selain itu, kamu juga bisa cek langsung di website OJK untuk benar-benar memastikan apakah perusahaan ini punya izin legal dari otoritas bersangkutan.

Kalo neupeeps merasakan ada kejanggalan atau kecurigaan terhadap penyedia layanan investasi tertentu, bisa loh untuk melaporkannya kepada OJK! Dengan begitu, kamu berkontribusi untuk memutus rantai penipuan investasi online di Indonesia~

Kalo di antara kamu ada yang tertarik investasi, bisa banget untuk cobain fitur terbaru neu yang namanya neuGrow loh!

Daripada sisa gaji kamu kebuang sia-sia buat foya-foya doang, mending uangnya kamu simpan di neuGrow biar dapet imbalan keuntungan yang menarik. Dijamin aman dan anti penipuan!

Tertarik? Yuk, download aplikasinya di Play Store atau App Store!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *