Jangan Terkecoh, Arisan Nggak Bisa Dianggap Investasi!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jan 28, 2021 09:55 am
  • Readed
    151 Views
Arisan Bukan Investasi!

Hello, neupeeps!

Jaman sekarang, banyak banget cara menabung yang bisa dilakukan masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya, salah satunya adalah dengan ikut arisan. Arisan sendiri adalah kegiatan mengumpulkan uang oleh beberapa orang dari satu kelompok lalu uang yang terkumpul akan diundi untuk menentukan siapa yang akan menerima uang tersebut. Selain bisa dapetin uang, hal yang membuat orang-orang tertarik untuk ikut arisan adalah dapat menjalin silaturahmi antar sesama. 

Di Indonesia, istilah arisan udah nggak asing lagi. Makanya, kegiatan arisan sekarang nggak hanya dilakukan oleh kalangan ibu-ibu rumah tangga doang tapi juga trending ke berbagai segmentasi masyarakat termasuk pekerja kantoran dan kaum sosialita. Bagi orang yang susah menyisihkan uangnya, arisan ini menjadi ajang dimana mereka bisa menabung. neupeeps sendiri termasuk anggota arisan nggak, nih?

Baca: Mending Menabung atau Investasi Ya?

Arisan: Investasi Atau Bukan?

Banyak pakar yang mengatakan bahwa arisan nggak bisa dibilang investasi, neupeeps. Hah, kenapa tuh? Jawabannya sederhana, return yang akan kamu dapatkan jumlahnya akan stagnan. Kegiatan ini nggak ngasih keuntungan spesial seperti menabung di bank atau saat kamu investasi di pasar modal soalnya uang yang dikumpulkan melalui arisan jumlahnya nggak akan bertambah meskipun dalam jangka waktu tertentu. Beda halnya jika kamu menabung di bank, pasti ada persentase bunga yang bisa kamu dapetin sesuai dengan lama kamu menabung.

Lalu, arisan sifatnya juga nggak likuid likuid, neupeeps. Kalau dibandingin sama uang yang kamu tabung di bank, uang arisan ini nggak bisa kamu cairkan dengan cepat seandainya kamu mengalami keadaan darurat dan membutuhkan uang. Lagi-lagi, hal dikarenakan sistem dari arisan yang menggunakan aturan undian untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan uang. Jadi, kamu nggak bisa prediksi kapan kamu bisa mendapatkan uangnya. 

Akan tetapi, bagi orang Indonesia yang nggak punya rekening bank, arisan ini bisa jadi satu-satunya cara untuk mendapatkan layanan keuangan yang ngasih banyak keuntungan karena nggak menarik bunga.

Baca: Jangan Sampai Tertipu, Trik Jitu Hindari Investasi Bodong

Jadi, Lebih Untung Arisan Atau Nabung?

Arisan bisa kamu jadikan sebagai ajang untuk belajar nabung, neupeeps. Dengan ikut arisan, kamu akan terlatih untuk menjadi pribadi yang disiplin dalam menyisihkan sebagian uang kamu setiap bulannya. Tapiii, penghasilan dari arisan ini nggak bisa kamu jadikan satu-satunya sumber untuk memenuhi kebutuhan kamu loh, ya. Akan lebih bijak jika uang hasil arisannya disetorkan ke bank untuk dimasukkan ke deposito atau kamu bisa memakai portofolio investasi seperti reksadana supaya uang tersebut jumlahnya berkembang.

Perlu diingat ya, arisan bukan kegiatan yang wajib diikuti. Jadi, kalo neupeeps tertarik ikut arisan, bisa dibatasi jumlah arisan yang akan kamu ikuti. Soalnya, jika kamu ikut banyak arisan setiap bulan maka kamu juga harus menyisihkan waktu untuk berkumpul yang bisa mengganggu aktivitas kamu.

Keep in mind kalo arisan hanya sekumpulan kegiatan untuk mengumpulkan uang, bukan kegiatan investasi yang bisa dapat return menggiurkan!

Baca: Nggak Cuma Hobi, Koleksi Barang-Barang Ini Bisa Kamu Jadikan Sebagai Investasi

Biar hasil arisan kamu lebih untung mending uangnya digunain untuk pendaanan peer-to-peer lending di neuGrow atau nabung emas di neuGold. Semuanya bisa kamu lakukan dengan install aplikasi keuangan neu di ponsel kamu~


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *