Keadaan Seperti Apa yang Diperbolehkan Menggunakan Dana Darurat? Berikut Penjelasannya!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jul 09, 2021 06:22 am
  • Readed
    18 Views
Menggunakan Dana Darurat, Bolehkah?

Hello neupeeps!

Kalo ngomongin soal pentingnya ngumpulin dana darurat, mungkin sebgaian besar neupeeps pasti udah pada tau, deh! Soalnya udah dari lama, dana darurat ini jadi satu hal yang sering dibicarakan.

Berapa sih dana darurat yang harus disiapkan?

Ada yang bilang dana darurat harus 5x gaji, ada yang bilang 6x. Itu juga untuk kamu yang tinggal sendiri. Kalau yang berkeluarga, pastinya beda lagi ceritanya. 

Katanya sih kalau bisa harus mempersiapkan dana 12x gaji. Yah, namanya juga punya tanggungan anak-anak. Kalau menurut neu sih, semuanya tergantung kondisi dan pengeluaran kamu. Kamu bisa bertahan berapa lama dengan gaji kamu selama ini?

Kalau kamu termasuk yang banyak pengeluaran, ya pastinya persiapan dana darurat kamu juga harus lebih besar dibandingkan yang pengeluarannya sedikit, dong.

Dana darurat dan tabungan, kenapa harus dipisah?

Masih banyak orang yang salah kaprah dengan menggabungkan dana darurat dengan tabungan. Kok bisa, ya?

Gini deh, tabungan itu adalah uang yang kamu kumpulkan untuk digunakan pada suatu hal. Misalnya nih, kamu nabung untuk nikah. Ya, kalo udah waktunya nikah, harus dipake, dong. 

Atau kamu nabung buat beli mobil. Ya, kalo uangnya udah cukup, mobilnya dibeli. 

Beda sama dana darurat. Namanya aja udah darurat, itu berarti kamu boleh menggunakan uangnya ketika kamu dalam keadaan sangat terdesak. Kamu sudah nggak punya pilihan lain, barulah kamu boleh menggunakan uang itu.

Jadi, kapan aja dana darurat boleh dipakai?

Ini dia nih beberapa kondisi yang memperbolehkan kamu menggunakan dana darurat. Yuk, mari kita bahas!

PHK atau Kehilangan Pekerjaan

Yang namanya kehilangan pekerjaan pastinya jadi momen berat untuk semua orang. Apalagi kalau terjadi secara mendadak. Di masa pandemi seperti ini, banyak sekali yang kehilangan pekerjaannya dan kesulitan mendapatkan pekerjaan pengganti. 

Nah, di saat seperti ini, kamu boleh banget menggunakan dana daruratmu. Tapi, ada satu hal nih yang perlu dicatat. Gunakan dana daruratmu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jangan sampai kamu malah menggunakan dana darurat untuk membelanjakan barang yang seharusnya nggak perlu. Misalnya nih, ketika kehilangan pekerjaan, ya makanlah seadanya, yang penting nutrisi dan vitaminnya terpenuhi. 

Meski punya dana darurat, bukan berarti kamu harus tetap boros makan di luar atau belanja baju terlalu sering. Pokoknya pintar-pintarlah menggunakan dana daruratmu juga, ya! 

Resign dan Masih Punya Tagihan

Punya lingkungan kerja yang membuat kamu stress dan kamu nggak mampu bertahan lagi di perusahaan itu? Nggak apa kok kalau kamu memutuskan untuk resign. Karena Kesehatan mental kamu lebih berarti, neupeeps!

Nah, jika kamu masih belum mendapatkan pekerjaan ketika resign, sedangkan masih ada tagihan yang harus dipenuhi, kamu boleh kok menggunakan dana darurat. Asal jangan justru menambah tagihan, ketika kamu resign. Itu sih namanya kamu nggak bisa membaca situasi dengan baik!

Bencana Alam

Siapa sih yang bisa menduga ketika bencana alam datang? Misalnya nih kalau rumah kamu kena banjir dan harus diperbaiki, kamu boleh banget kok menggunakan dana darurat. Biar keluarga kamu juga bisa tinggal dengan nyaman, kan? Jadi, jangan pernah ragu untuk menggunakan dana darurat ketika kamu terdampak bencana alam.  

Kecelakaan atau Musibah

Semoga saja nggak ada dari kamu atau keluarga kamu yang mengalami kecelakaan, ya. Tapi, tetap saja, kalau misalnya hal ini (amit-amit) terjadi, nggak perlu berpikir dua kali untuk menggunakan dana daruratmu!

Alat Transportasi atau Komunikasi Rusak

Alat transportasi atau komunikasi kan krusial banget untuk kehidupan kita. Tapi, ada kalanya kedua barang itu mengalami kerusakan. Daripada urusan pekerjaanmu jadi berantakan karena nggak punya alat transportasi dan komunikasi, mending kamu pakai aja dana daruratnya! Nggak papa, kok!

Dari pemaparan di atas, kamu pasti semakin paham kan pentingnya memiliki dana darurat. Jadi, yuk, mulai kelola keuanganmu sekarang, neupeeps!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *