• Share

Kontrakan atau Kosan: Serba-serbi yang Perlu Diketahui Ketika Ingin Melakukan Investasi Properti

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jun 23, 2021 06:18 am
  • Readed
    64 Views
Investasi Properti - Kosan atau Kontrakan?

Hello neupeeps!

Sejak dulu sampai sekarang, setiap ngomongin investasi, pasti properti selalu masuk dalam top list. Selain karena tingkat resikonya yang minim, kalau kamu bisa mengelola dengan baik, investasi properti bisa menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi!

Tapi, beli properti juga jangan asal. Kalau kamu nggak menganalisis kekurangan dan kelebihan, serta mempertimbangkan berbagai macam hal dari banyak perspektif, keuntungannya ya nggak akan pernah bisa maksimal, neupeeps!

Di dalam artikel ini, neu sudah menjabarkan beberapa plus minus dari investasi properti kontrakan dan kosan yang bisa membantumu untuk memutuskan pilihan. Tanpa banyak basa-basi lagi, yuk kita bahas!

Kosan

Buat kamu yang terpikir untuk menyulap tanahmu menjadi kosan, berikut kelebihan dan kekurangan yang harus kamu tahu!

Kelebihan Kosan

Bisa Lebih Mudah Diawasi

Enaknya punya kosan nih, kamu bisa terus mengawasi rumahmu. Kalau nggak mau diawasi sendiri, kamu bisa meminta orang kepercayaan untuk bantu menjaga dan mengelola kosan. Kenapa harus diawasi? Supaya jika terjadi suatu kerusakan, dapat segera diatasi sebelum menjadi besar. Dengan begitu, pengeluaran pun jadi nggak besar, deh!

Bisa Buka Usaha Lain Di Sekitar Kosan Buat Cuan Tambahan

Neupeeps, pernah nggak kamu lihat kosan yang menyediakan jasa laundry? Atau jasa katering, fotokopi, warung? Pasti pernah, deh! Nah, membuka usaha di sekitar kosan ini bisa menghasilkan cuan yang lumayan, loh! Misalnya, kamu buka usaha fotokopi karena penghuni kosanmu adalah anak kuliah. Ide yang cerdas, kan?

Pemasukan Bisa Lebih Tinggi

Loh, emang iya, ya?

Well, karena yang kamu sewakan pada dasarnya adalah sepetak kamar, bukan rumah secara menyeluruh. Kamu bisa menyesuaikan ukuran dan fasilitas kamar, seperti kamar mandi, kasur, tv, dan lain sebagainya. Dengan begitu, harga sewa pun menjadi lebih tinggi.

Kekurangan Kosan

Permintaan Tergantung Pada Lokasi Dan Kondisi

Lokasi sangat menentukan, nih. Kalau kamu buka di sekitar kampus atau kantor biasanya akan lebih ramai. Selain lokasi, kondisi juga menentukan. Contohnya saja nih, di saat pandemi seperti ini, permintaan kosan pastinya akan berkurang drastis. Karena kebanyakan mahasiswa dan pekerja memutuskan untuk kembali ke kampung halaman.

Harus Menagih Uang Kos Tiap Bulan

Meski sebenarnya ada juga kosan yang mewajibkan penguninya untuk membayar per tahun, tapi sebagian besar kosan membayar per bulan. Jadinya kamu perlu usaha ekstra untuk follow up pembayaran setiap bulan.

Kontrakan

Kelebihan Kontrakan

Masa Sewanya Lebih Panjang

Kalau kosan biasanya dibayar per bulan, nah kalau kontrakan biasanya tahunan nih. Jadi, kamu bisa lebih santai karena uang sudah dibayarkan di muka. Nggak perlu ngejar-ngejar penyewa lagi untuk menagih uang bulanan, deh!

Kenaikan Harga Sewa Lebih Tinggi

Nah, setiap kurun waktu beberapa tahun, biasanya akan ada kenaikan dari biaya kontrak. Hal ini pastinya sangan menguntungkan untuk kamu. Umumnya sih mengalami kenaikan 5% setiap tahunnya. Tapi, ini pastinya bisa disesuaikan dengan kondisi rumah kamu, ya!

Kekurangan Kontrakan

Harus Lebih Selektif Memilih Penyewa

Karena mereka akan membayar untuk satu tahun, maka itu kamu jadi harus selektif. Beda dengan kosan yang jika penghuninya tidak bertanggung jawab, kamu bisa langsung menyuruhnya keluar bulan depan. Sedangkan untuk kontrakan yang dibayar per tahun, tentunya akan repot jika meminta mereka pindah.

Biaya Perawatan Lebih Besar

Berbeda dengan kosan, kamu nggak bisa mengawasi rumah kontrakanmu. Ibaratnya kalau di kosan kamu masih bisa bolak-balik melihat keadaan, sedangkan jika rumahmu dikontrak, kamu akan menyerahkan sepenuhnya kepada si penyewa dalam kurun waktu tertentu. Kalau ada kerusakan, baru bisa kamu ketahui setelah mereka pindah. Jadi nggak bisa diantisipasi, deh!

Pertanyaannya, Mana Yang Lebih Baik, Investasi Kontrakan Atau Kosan?

Well, kalau soal itu sih, balik lagi ke kamu. Semuanya punya plus dan minus. Sekarang lebih baik analisis dulu tujuan investasi kamu dan sesuaikan dengan plus minusnya ya, neupeeps! Oh ya, jangan lupa, atur pemasukan dan pengeluaran kamu dari kontrakan maupun kosan dengan menggunakan neuBudget!

neuBudget merupakan fitur dari neu yang dapat membantu kamu untuk melakukan budget dan spending tracking dengan baik. Untuk saat ini, fitur neuBudget mampu melacak pengeluaran kamu dengan mengambil data dari notifikasi yang dikirim oleh aplikasi e-wallet yang dimiliki.


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *