Mau Dompet Sehat? Hindari 5 Masalah Keuangan Klasik Ini

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Feb 25, 2021 07:44 am
  • Readed
    113 Views
Hindari 5 Masalah Keuangan untuk Dompet yang Sehat!

Hello, neupeeps!

Namanya kehidupan pasti selalu ada yang namanya masalah, bukan? Tapi khusus masalah keuangan, rasanya akar permasalahan yang datang pasti selalu itu-itu saja. Mungkin hal ini akibat rendahnya literasi finansial yang berkembang di masyarakat, jadi seringkali kita cenderung terjebak di dalam lingkaran yang sama tanpa kita sadari.

Jadi, apa aja sih masalah keuangan klasik yang masih sering terjadi di kalangan masyarakat? Yuk, kita kupas tuntang dalam artikel ini. Let’s check it out, neupeeps!

Nggak Ada Tabungan

Masalah keuangan paling klasik: nggak ada tabungan. Boro-boro deh mikirin investasi, mikirin buat nabung aja nggak terlintas sama sekali entah karena gajinya selalu habis buat bayar tagihan atau memang bagi beberapa orang kegiatan menabung itu nggak penting. 

Lagi-lagi, kuncinya ini ada di cara pengelolaan keuangan. Coba deh sekarang mindset-nya diubah untuk menyisihkan sebagian uang di awal agar ditabung, bukan baru nabung pas ada uang sisa. Keep in mind: kondisi kita nggak akan selalu baik-baik saja selamanya, pasti ada waktu di mana kita merasa sulit dan hal ini bisa diselamatkan seandainya kita punya dana darurat dari uang tabungan.

Baca: 4 Tips Untuk Kalian yang Sulit Menabung

Terjebak Hutang 

Beberapa hutang memang bisa menolong, contohnya saja kredit kepemilikan rumah. Namun saat ini, banyak orang yang memanfaatkan hutang untuk memenuhi keinginan tertentu yang sebenarnya bukan sebuah kebutuhan penting. Lagi-lagi, sebelum kamu memutuskan untuk berhutang, tolong dipastikan baik-baik kalau kamu mampu membayarnya.

Jadi, hutang itu sah-sah aja kok, tapi kamu perlu menentukan kebutuhan atau hal apa saja yang boleh dibeli dengan cara berhutang. Nggak mau dong terlalu bergantung sama hutang sampai akhirnya nggak mampu bayar dan kena denda bunga yang tinggi? Think wisely before taking on debt, neupeeps 🙂

Baca: 6 Langkah Memulai Minimalist Budget untuk Menghindari The Debt Cycle

Budgeting Asal-Asalan 

Pernah nggak uang yang kamu sisihkan untuk keperluan penting tapi akhirnya habis karena kamu gunakan untuk keperluan yang nggak penting-penting amat? Nah, kemungkinan besar hal ini bisa terjadi karena kamu nggak melakukan budgeting dengan baik, neupeeps. Akibatnya, uang yang seharusnya dipakai untuk kebutuhan malah pergi entah kemana demi memenuhi keinginan.

Tenang saja, masalah klasik ini bisa dihindari kalau kamu rajin tracking pengeluaran kamu loh. Males ribet catat pengeluaran keuangan secara manual? Fret not, tinggal manfaatin aja fitur neuBudget milik aplikasi keuangan neu yang dapat tracking pengeluaran secara otomatis dari rekening bank dan e-wallet milik kamu.

Baca: Catatan Keuangan Untuk Keluarga

Selalu Merasa Nggak Puas

The bitter truth is, kebutuhan serta keinginan kita pasti akan selalu lebih banyak dibanding penghasilan yang kita dapatkan. Jadi, berapapun gaji yang kita peroleh pasti ada kecenderungan untuk nggak pernah puas. Soalnya seiring dengan peningkatan gaji seseorang, otomatis gaya hidupnya juga akan “naik kelas”. That’s the laws of nature

Terus gimana dong? Sah-sah saja untuk meningkatkan gaya hidupmu untuk merayakan kesuksesan yang kamu capai. Tapi jangan cuma gaya hidup saja yang ditingkatkan, neupeeps, alokasi jumlah tabungan setiap bulannya juga harus ditingkatkan seiring dengan meningkatnya penghasilan. Misalnya pas gaji masih 3 juta, kamu cuma nabung 800 ribu. Tapi setelah naik gaji sampai 5 juta, kamu bisa nabung sampai 1.5 juta per bulannya. Mau pensiun dini, ‘kan?

Baca: FOMO Syndrome: Jebakan Maut Buat Keuangan Milenial

Percaya Investasi Bodong

Sampai saat ini masih banyak banget orang yang tergiur dengan investasi bodong karena tanpa risiko dan return yang ditawarkan amat tinggi. Dear neupeeps, selidiki dulu yuk hal-hal yang terdengar too good to be true seperti ini. Apapun jenis investasinya, pasti selalu diiringi dengan risiko.

Baca: Jangan Sampai Tertipu, Trik Jitu Hindari Investasi Bodong

Jadi di antara masalah-masalah klasik yang sudah dibahas di atas, mana yang paling sering menimpa diri kamu, neupeeps? Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan membekali diri dengan literasi finansial yang cukup. Follow Instagram neu untuk pembahasan info-info finansial yang bermanfaat dan jangan lupa untuk download aplikasi keuangan neu, ya!

Psst, fitur-fitur yang ditawarkan di neu bisa membantu kamu dalam mencapai kebebasan finansial loh!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *