Mau Hidup Hemat? Berikut 6 Cara Menghabiskan Uang dengan Bijak

  • Author
    Umar
  • Posted on
    Jun 08, 2020 09:17 am
  • Readed
    129 Views
Which one is better, skuy living or frugal living?

Hidup hemat atau frugal living, bukan berarti kita harus menjalani hidup tanpa kesenangan dan kenikmatan. Bahkan, kamu mungkin akan kaget pas tahu mudahnya meminimalisir pengeluaran dengan sedikit kesabaran dan personal budgeting. Karena biasanya hal yang terdengar rumit, sebenarnya akan menjadi mudah apabila sudah terbiasa.

Semakin banyak pengeluaran dari uang yang kamu hasilkan, akan semakin banyak juga uang yang harus kamu siapkan untuk dana darurat, tempat tinggal, pendidikan perguruan tinggi, pernikahan, hingga liburan ke destinasi wisata yang sudah direncanakan.

Baca: Mau Independen secara Finansial? Kurangi Hura-Hura 5 Hal Ini

So, how can we fulfill those funds?

Nah, bagaimana langkah dasar untuk memenuhi semua kebutuhan di masa depan tersebut? Berikut 6 cara untuk menghabiskan uang dengan bijak.

1. Quality Over Quantity

Opsi yang termurah nggak selalu menjadi opsi yang terbaik. Apa gunanya jika kamu membeli sepasang sepatu murah atau palsu kalau bakal rusak dalam waktu beberapa minggu saja? Akan lebih murah jika kamu membayar Rp1.000.000 untuk sepatu yang masih akan bagus kondisinya tahun depan, daripada membayar Rp300.000 untuk sepatu yang pada akhirnya, harus diganti dalam waktu kurang dari 6 bulan.

2. Buat Daftar Belanja Sebelum Membeli

Kenapa kamu perlu membuat daftar barang/produk yang akan dibeli sebelum belanja? Karena setiap pengeluaran yang akan kamu keluarkan untuk belanja, harus ditulis dan dihitung terlebih dahulu agar bisa mengontrol keuangan kamu tiap bulan. Cara kedua ini juga dapat menghindari kamu dari perilaku impulsive buying yang sangat mudah terjadi, saat belanja di supermarket, mall, bahkan pasar tradisional.

3. Beli Secukupnya dan Seperlunya

Jawab dengan jujur: seberapa sering kamu membeli barang/produk yang pada ujungnya, harus dibuang karena nggak terpakai? Pasti pernah, kan! Agar hal tersebut tidak terjadi, ubah gaya pemikiranmu tentang belanja. Daripada kamu membuat daftar belanja tanpa memikirkan dampaknya terlebih dahulu, tentukan anggaran dan kuantitas untuk tiap kategori belanjaan yang akan kamu beli setiap minggu atau bulan, supaya nggak kalap

Jika kamu merasa barang atau produk yang kamu pilih nggak terlalu diperlukan, jangan dimasukan ke dalam keranjang belanjamu. Catat berapa banyak belanjaan yang dibuang ke tempat sampah dan kurangi jumlah yang kamu beli, agar kamu bisa menghemat waktu dan uang.

Baca: Anti Bergantung pada Gaji, Lewat 3 Level Finansial Ini

4. Tunggu 24 Jam Sebelum Checkout to Payments

Cara keempat ini, sangat cocok kamu implementasikan saat lagi belanja online. Retail therapy memang sering menjadi ide yang bagus, tapi pembeli yang cerdas pasti tahu bagaimana harus bersabar.

Ibaratnya, kenapa kamu harus mengeluarkan Rp500.000 untuk celana ripped jeans kalau ternyata beberapa minggu setelahnya, celana cargo sudah menjadi tren terbaru. Makanya, kesabaran adalah kunci utama dalam belanja agar bisa menghindari penawaran khusus yang nggak bisa kamu tolak.

5. Manfaatkan Kupon yang Ada

Pesan makanan online atau makan di luar, adalah salah satu kegiatan yang bisa mengosongkan isi dompet dengan cepat. Tetapi, beberapa restoran atau jasa pengirimannya juga menawarkan kupon potongan harga, jadi mulailah memanfaatkan kupon yang ada untuk menghemat pengeluaran dengan serius.

6. Cobain Belanja di Thrift Shop

Consignment shops memiliki penawaran yang jauh lebih murah dari harga aslinya. Hal ini bisa membantu kamu menghemat banyak uang untuk anggaran pakaianmu perbulan. Kalau kamu belum mencoba thrift shopping dengan alasan kualitas, nggak ada salahnya untuk mencoba.

Salah satu tips terbaiknya adalah dengan sabar mencari dan memilih barang thrift shop yang kamu suka. Ketika kamu sudah menemukan barang yang cocok, kami yakin kamu pasti langsung ketagihan!

Baca: 6 Dosa Finansial yang Harus Kamu Hindari

Itulah keenam cara menghabiskan uang dengan bijak dari helloneu. Pastikan kamu mencoba semua cara ini secara step-by-step, lalu nikmatilah kehematan yang bisa menjauhkan dirimu dari hidup bergantung pada gaji.

Want some more ways to build your own financial planning? Try a personal budgeting template by helloneu!

Cara ini memang terkesan rumit karena kamu harus menentukan anggaran untuk tiap kategori pengeluaranmu, dan mencatat semua pengeluaran harianmu. Tetapi setelah 2 bulan kamu menjalankan personal budgeting, keuanganmu akan jauh lebih hemat.

Kenapa? Karena kamu telah memprediksikan pengeluaranmu dan melacak secara detail semua transaksimu. Selain itu, kamu juga bisa melatih kemampuan mengelola keuangan demi mencapai financial goals

Jangan lupa juga untuk download aplikasi neu di Google Play Store ya untuk memudahkan transaksi keuangan kamu setiap harinya. 

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *