Mengatur Keuangan Ketika Masih Kuliah. Perlukah?

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Nov 02, 2020 09:57 am
  • Readed
    25 Views
Perlukah Mengatur Keuangan Sendiri Ketika Kuliah?

Sebelum masuk ke topik coba kamu jawab dulu ya, menurut kamu kapan waktu terbaik untuk mulai belajar mengatur keuangan?

Mulai dari sekarang atau nanti aja ya kalau udah bisa menghasilkan uang sendiri?

Sebenarnya, belajar mengelola keuangan itu harus dilakukan sedini mungkin ya atau bisa dibilang sebelum kamu bisa menghasilkan uang sendiri juga.

Karena, dasarnya uang yang jajan yang kita terima dari orang tua juga harus kita kelola dengan baik. Kalau uang jajan kamu bisa disisihkan untuk ditabung, kamu bisa mengurangi beban orang tua. Misalnya, untuk biaya semesteran, biaya SKS tambahan, atau mungkin biaya-biaya yang harus dikeluarkan dadakan.

Pentingnya Mengatur Keuangan

Apalagi untuk mahasiswa yang jauh dari keluarga ya, misalnya kuliah di luar kota atau luar negeri. Salah satu skill yang di butuhin itu adalah mengelola keuangan pribadi. sederhananya jauh dari orang tua itu kita butuh kepribadian yang mandiri supaya bisa survive walaupun jauh dari orang tua.

Baca: 7 Langkah Mencapai Financial Goals

Memikirkan setiap pengeluaran yang akan dikeluarkan, butuh atau nggak. karena enggak enak kayaknya kalau selalu minta uang ke orang tua. Ya ga? hehe

mahasiswa biasanya disibukin sama kegiatan belajar, ujian, belom lagi kalau harus gabung di organisasi. Pusing banget ya pasti ngejalanin itu semua, nah jadi jangan tambah pusing lagi karena masalah financial.

Sebenarnya intinya apa sih manfaat dari mengatur keuangan sejak masih kuliah?

Nih coba dibaca dan di resapi baik-baik ya, cuma 1 SKS aja kok 🙂

  • Melatih diri untuk membuat financial plan jangka panjang
  • Memiliki kondisi keuangan yang sehat
  • Melatih softskill diri sendiri, seperti ilmu disiplin dan memanage keuangan
  • Belajar memisahkan uang menjadi beberapa kategori seperti, tabungan dan buat jajan & nongkrong

Enggak cuma itu aja, sebenarnya sejak kuliah kamu juga bisa mulai belajar investasi, tapi mungkin dengan mengambil produk yang mempunyai resiko yang rendah.

Dan tentunya kamu bisa bergabung bersama organisasi yang bisa memberikan kamu financial insight, misalnya cara menabung, investasi dan masih banyak lagi.

Baca: Mending Menabung atau Investasi Ya?

Secara teori memang mengatur keuangan itu gampang banget ya sepertinya, tapi kenyataannya banyak banget masalah dan godaan keuangan yang akan kamu hadapi.

Apalagi nanti kalau kamu udah mulai bekerja, kalau kamu nggak pintar dalam mengatur keuangan dan keinginan diri sendiri, bisa-bisa gaji kamu habis tanpa hasil.

Biasanya kalau mulai kerja yang kamu pikirin adalah gaji pertama akan kamu pakai untuk apa ya?

Gaji pertama mungkin bisa kamu nikmati bersama orang-orang yang sangat berjasa di hidup kamu.

Tapi, untuk gaji kedua, ketiga sampai seterusnya harus melakukan financial planning dan jangan lupa disisihkan untuk mulai menabung ya.  

Yah tapikan masih kuliah, masih mau nikmatin hidup.

Bisa banget, tapi mungkin nggak selalu dengan yang mengeluarkan budget besar.

Misalnya hangout 2 kali seminggu sama teman-teman.

Nah coba diskusikan sama teman-teman kamu, gimana caranya bisa tetap hangout tapi yang low budget.

Supaya kamu lebih mudah untuk menjaga pengeluaran, cobain deh pake aplikasi budgeting dari neu. aplikasi neu bisa membantu kamu mencatat pengeluaran kamu dari e-wallet dan akun bank kamu loh!.

Baca: Quarter Life Crisis? Tenang, Kamu Tidak Sendiri

Belajar mengelola keuangan dari sekarang adalah salah satu investasi terbaik loh untuk diri kamu sendiri. karena kebiasaan itu akan berlanjut sampai kamu bisa bekerja nantinya.

Orang yang pintar dalam mengelola keuangan pribadi pasti akan lebih sukses secara financial daripada orang yang nggak bisa mengelola keuangan pribadinya.

Let’s be a financially woke student!

We would like to remind you to follow our Instagram account here! Always check our feed, tune in to neusession and download our app here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *