• Share

Tips Mengelola Uang di Masa Pandemi yang Wajib Kamu Ketahui

  • Author
    ihsan
  • Posted on
    Apr 26, 2021 08:22 am
  • Readed
    12 Views

Hello, neupeeps!

Pandemi tak hanya mengubah kebiasaan tentang kesehatan tapi juga bagaimana cara mengelola uang. Tidak dipungkiri, pandemi membuat sebagian besar orang mengalami penurunan pendapatan bahkan kehilangan pekerjaan. Sebab itulah penting untuk tahu bagaimana cara mengelola uang di masa pandemi. Tujuannya tak lain adalah demi lancarnya kehidupan sehari-hari, atau kalau memungkinkan juga mempersiapkan untuk hari-hari selanjutnya.

Oleh karena itu, penting sekali mencari cara mengelola uang di masa pandemi ini. Beberapa tipsnya akan dijabarkan di bawah ini.

Mengelola Uang dengan Cara Prioritaskan Kebutuhan yang Bersifat Wajib

Kebutuhan bersifat wajib bisa dijabarkan menjadi banyak sekali, misalnya kebutuhan untuk belanja bulanan, tagihan KPR, kredit kendaraan, hingga pajak. Karena bersifat wajib, maka kamu harus membuat pos pengeluaran atas kebutuhan tersebut dari pemasukanmu.

mengelola uang penting hukumnya
Prioritaskan yang wajib [source]

Ini juga berarti kamu harus menurunkan pos pengeluaran untuk kebutuhan yang lebih minor seperti yang bersifat keinginan. Hal ini wajib dilakukan agar kamu tidak mengalami tunggakan di kemudian hari yang akan menimbulkan masalah seperti kekacauan di pos keuangan lainnya. Apalagi jika kondisi keuangan saat pandemi belum stabil atau pemasukan belum tetap nominalnya.

Simpan Dana Darurat dengan Benar

Memiliki dana darurat menjadi hal yang penting apalagi di masa pandemi sekarang ini. Disarankan sebaiknya kamu menyisihkan sekitar 5 hingga 10 persen dari gaji untuk dana darurat. Tapi jika ingin mengumpulkan dana yang lebih besar, apabila memungkinkan kamu juga bisa menyisihkan sekitar 30 persen dari penghasilan bulanan.

transfer antar bank
Simpan dana darurat [source]

Selain itu, menyimpan dana darurat juga harus dilakukan dengan benar. Kamu disarankan untuk memiliki akun rekening lain khusus untuk dana darurat. Ini dilakukan agar dana darurat tidak tersentuh atau tercampur dengan dana yang dipakai untuk keperluan sehari-hari. Jadi ketika kamu menerima penghasilan bulanan, ada baiknya langsung melakukan transfer antar bank dari akun rekening gaji menuju akun rekening khusus dana darurat.

Jika kamu butuh alat bantu untuk mengatur budget alias keuangan, bisa nih pakai aplikasi neu dengan fitur neuBudget. Dengan fitur ini maka semua pengeluaranmu bisa tercatat secara otomatis, terutama untuk belanja yang berhubungan dengan e-wallet. Dari sini kamu bisa melacak ke mana saja pengeluaranmu.

Mengatur Uang dengan Cara Lunasi Hutang Konsumtif

Selain kebutuhan utama dan juga tagihan rutin, ada juga beberapa orang yang memiliki hutang konsumtif. Ini adalah jenis hutang yang dilakukan untuk membeli barang dengan nilai yang terus turun dan tidak menghasilkan pemasukan. Contohnya adalah pinjaman online, cicilan kartu kredit dan lainnya.

Segera lunasi hutang [source]

Membiarkan hutang konsumtif terus ada di pengeluaranmu bisa mengganggu arus kas. Jika memang bisa dilakukan, cari cara untuk segera melunasi hutang konsumtif. Sehingga pemasukanmu tak akan banyak berkurang karena hal tersebut.

Tentukan Nilai Rata-rata Pengeluaran Tidak Tetap

Dalam mengatur keuangan sering kali kacau karena adanya pengeluaran tidak tetap seperti biaya transportasi, biaya makan di luar, jenguk orang sakit atau lawat orang meninggal dan sebagainya. Biaya tersebut tidak terduga tapi bisa jadi selalu ada setiap bulannya. Karena itu penting untuk mencatat setiap pengeluaran agar kamu bisa mengetahui berapa nilai rata-rata pengeluaran tersebut.

Tentukan pengeluaran tidak tetap [source]

Yang disarankan adalah kamu mengambil nilai rata-rata dari pengeluaran tidak tetap selama minimal 3 bulan. Jangka waktu tersebut disebut ideal sebab kamu jadi memiliki perbandingan. Dengan begitu, kamu bisa mengatur pos pengeluaran biaya tidak tetap untuk bulan berikutnya.

Jika Memungkinkan, Pertimbangkan untuk Investasi

Investasi bisa menjadi pilihan jika kamu memiliki uang dingin atau uang yang memang tidak dipakai sama sekali untuk jangka waktu tertentu. Jika investasi sudah jadi pilihan untuk pengelolaan keuanganmu di masa pandemi ini, kamu bisa mulai memilih apakah kamu akan memilih investasi dengan tujuan jangka pendek atau panjang.

Pertimbangkan investasi [source]

Kamu bisa mulai melakukan riset dan mencari informasi tentang investasi yang kamu ingin jalani. Kemudian selanjutnya tentukan jumlah uang yang akan kamu alokasikan untuk investasi ya. Saran juga nih, sebaiknya jangan memaksakan melakukan investasi apalagi sampai berhutang ya.

Itu dia lima tips dalam mengelola uang di masa pandemi. Waktu seperti sekarang ini memang memaksa kita untuk bijak dalam segala hal termasuk dalam urusan keuangan. Ada baiknya juga memperbaiki gaya hidup tak hanya tentang kesehatan namun juga perihal lainnya. Semoga tips di atas bermanfaat untukmu ya.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *