• Share

Tips Menghemat Gajian Pakai Metode Kakeibo Ala Jepang

  • Author
    ihsan
  • Posted on
    Aug 04, 2021 18:00 pm
  • Readed
    30 Views
metode kakeibo

Hello neupeeps!

Kegagalan dalam melakukan perencanaan keuangan selalu jadi momok bagi anak muda. Niatnya ingin kaya, namun malah menderita di akhir bulan karena gaji habis buat pengeluaran yang tidak perlu. Alhasil mirip yang sering dikatakan oleh banyak orang, “Kerja terus, kaya kaga”.

Nah, dalam perencanaan keuangan kamu mungkin perlu mencontoh orang Jepang. Mereka memakai metode perencanaan anggaran yang ditulis oleh penulis terkenal dengan judul “Kakeibo : The Japanese Art of Saving Money” dan sudah dipakai banyak orang. Berikut ulasan tips lengkapnya.

Mencatat pemasukan dan rencana kebutuhan di awal bulan

Salah satu langkah penting dalam metode Kakeibo ini adalah melakukan pencatatan di awal bulan. Baik itu pemasukan atau rencana untuk pengeluaran, semua harus dicatat secara rinci. Pemasukan di sini tidak hanya terfokus pada gaji, namun juga sampingan seperti jualan online hingga pekerjaan paruh waktu. Nah, sedangkan pengeluaran adalah semua kebutuhan baik primer hingga hiburan semisal nonton bioskop atau rekreasi. Jika semua telah dicatat dengan baik, barulah kamu bisa lanjut ke langkah yang selanjutnya.

Tentukan jumlah uang untuk tabungan

Setelah semua pemasukan dan rencana pengeluaran tercatat dengan baik, selanjutnya kamu harus menentukan uang untuk ditabung. Hal ini penting karena tabungan sangat berguna untuk keadaan terdesak atau buat kebutuhan di masa depan. Tabungan bisa berbentuk apapun, bisa dalam bentuk uang fisik atau digital. Misalnya kamu punya saldo e-money itu juga termasuk tabungan. Kamu bisa top up Gopay misalnya, dengan memakai aplikasi neu. Tapi jangan lupa, kamu butuh sebagian uang dalam bentuk fisik karena akan berhubungan dengan langkah yang berikutnya.

Amplop jadi ciri khas metode ini

Pernah lihat ibu-ibu di film Jepang yang selalu memilah-milah uang di amplop untuk kebutuhan? Ya, itulah ciri khas dari metode Kakeibo ini. Sediakan beberapa amplop untuk memilah-milah uangmu akan digunakan untuk apa. Misalnya satu amplop untuk makan dan minum, buat transport, hiburan, dan lain-lain. Jangan sampai kamu memakai uang yang ada di amplop lain kalau memang bukan dalam keadaan yang benar-benar terdesak. Dengan metode amplop ini, anggaranmu bisa lebih terkontrol dan diakhir bulan pun gak perlu repot-repot cari pemasukan lain karena kehabisan duit.

Rutin evaluasi secara berkala

Satu hal lagi yang menjadikan metode Kakeibo ini unik adalah evaluasi yang berkala. Ya, kadang dalam perencanaan kita sering luput untuk mengevaluasi, sehingga tabungan seolah tak ada penambahan yang berarti. Dengan evaluasi berkala tiap, hari, bulan atau tahunan yang rutin membuat kamu tahu bagaimana mengefisienkan uangmu. Misalnya setelah evaluasi tiap bulan, ternyata biaya hiburanmu terlampau besar padahal bisa dialihkan untuk tabungan atau investasi. Nah, jika dalam beberapa evaluasi dianggap sudah berhasil, jangan pernah berhenti pasalnya keadaan di masa depan tidak ada yang tahu.

Metode Kakeibo ini dianggap sangat efisien karena sudah dilakukan banyak orang di Jepang untuk rencana keuangannya. Nah, bagi kamu yang sering mengalami masalah dalam mengatur uang, mungkin bisa mencontoh metode ala Jepang ini. Kamu juga bisa mengatur keuanganmu dengan aplikasi neu melalui fitur neuBudget lho. Yuk Coba!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *