• Share

Menuju Kebebasan Finansial: Bayar Hutang Dulu Atau Mulai Investasi?

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Mar 15, 2021 07:25 am
  • Readed
    21 Views
Bayar Hutang atau Investasi Dulu?

Hello, neupeeps!

Selain belanja kebutuhan, bayar hutang dan investasi adalah dua hal yang nggak bisa dilepaskan ketika kita membuat rencana keuangan. Percaya atau nggak, keduanya sama penting dalam menentukan masa depan apalagi kalau kamu punya target untuk bebas finansial sesegera mungkin.

Tapi kebanyakan orang itu sering bingung, mana yang harus didahulukan: investasi atau bayar hutang dulu? Well, kalau menghabiskan sebagian besar gajimu untuk bayar hutang aja, maka kamu nggak bisa mengumpulkan aset yang cukup untuk pensiun kelak. 

Sebaliknya nih, kalau kamu terlalu agresif dalam berinvestasi, maka kondisi keuangan kamu bisa-bisa menjadi kurang sehat karena nominal hutang semakin banyak akibat bunga yang terus berjalan. Bikin pusing banget, ‘kan?

Nah sebelum kamu buat keputusan, neu mau bahas kalau sebenarnya ada beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan antara mau bayar hutang atau investasi terlebih terlebih dahulu. Yuk, simak artikel selengkapnya! 

Sudah Punya Dana Darurat? 

Mau bebas finansial: bayar hutang dulu atau investasi dulu? Jawabannya, dana darurat dulu! Lah, kan nggak ada di pilihan? Memang, tapi dana darurat harus terpenuhi terlebih dahulu karena ini adalah penyelamat keuanganmu. Kalau dana darurat sudah ada, kamu baru bisa memperhitungkan rencana berikutnya.

Nah, supaya dana darurat kamu aman dan nggak tergerus inflasi, kamu bisa menyimpannya di reksadana pasar uang. Berarti jatuhnya investasi dong? Iya, bisa jadi ini salah satu bentuk investasi. Jadi, kita harus investasi dulu nih sebelum bayar hutang? Bisa saja, tapi tujuan investasinya adalah untuk membangun dana darurat. Paham?

Baca: Sinking Fund? Apakah Kamu Pernah Mendengarnya?

Cek Beban Hutang

Kita semua sepakat kalau hutang adalah beban hidup semua orang. Supaya hidup tenang tentunya hutang tersebut harus dilunaskan. Artinya, jika kamu berhutang maka kamu harus bertanggung jawab dalam membayarnya. Makanya, membayar hutang ini menjadi salah satu tujuan finansial seseorang agar bisa melanjutkan kehidupan tanpa terusik tagihan. 

Oleh sebab itu, kalau kamu merasa hutang kamu akan menghalangi pemenuhan kebutuhan dan memiliki bunga yang tinggi, maka bayar hutang comes first. Jadi jika kamu mau pilih antara bayar hutang atau investasi dulu, coba perhatikan faktor “bunga” yang menjadi beban hutang kamu. Biasanya bunga yang dibebankan inilah yang bisa memberatkan.

Baca: 6 Langkah Memulai Minimalist Budget untuk Menghindari The Debt Cycle

Kapan Investasinya? 

Hutang memanglah prioritas, namun jika kamu memiliki hutang dengan jumlah bunga yang rendah, kamu bisa berinvestasi terlebih dahulu. Seenggaknya investasi tersebut ditujukan untuk dana darurat seperti yang dijelaskan di atas tadi.

Ketika kamu berinvestasi, make sure untuk tetapkan target yang ingin dicapai, ya! Jika target tersebut sudah terpenuhi, kamu bisa mulai mencicil untuk bayar hutang, neupeeps.

Kalau Mau Investasi Aja, Gimana? 

Duh, bahaya banget. Namanya juga hutang, jadi sifatnya wajib untuk dibayarkan dan kalau kamu tunggak terus-terusan maka bunganya akan semakin tinggi. Belum lagi risiko kena denda karena telat membayar.

Jadi, memang lebih baik semuanya dilakukan beriringan. Nggak masalah cuma bisa investasi sedikit asal disiplin dan dijalankan dengan konsisten. Coba deh buat anggaran dan alokasikan sesuai proporsi yang paling pas dengan kebutuhanmu. Umumnya sih rekomendasinya adalah cicilan utang nggak boleh lebih dari 30% dan investasi minimal 10%.

Nah biar nggak bingung, kamu bisa atur anggaran tersebut dengan memanfaatkan fitur budgeting dari aplikasi keuangan neu, namanya neuBudget! Download aplikasinya sekarang dan biarkan neu membantumu mencapai kebebasan finansial~


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *