Metode Pembagian 20-30-40 Agar Gajian Tidak Numpang Lewat

  • Author
    ihsan
  • Posted on
    Jul 23, 2021 18:00 pm
  • Readed
    46 Views
metode pembagian gaji

Hello neupeeps!

Seringnya ketika dapat gaji atau laba, uang tersebut hanya lewat saja di rekening. Ada berbagai macam penyebabnya, mulai dari tak mampu menahan godaan hingga bayar utang dan tanggungan yang belum lunas. Alhasil di akhir bulan kita cuma bisa gigit jari lantaran tak ada uang lagi. Sialnya kadang malah harus utang sana-sini.

Sebenarnya, ada berbagai cara supaya kamu bisa mengolah pendapatanmu dengan baik. Salah satunya dengan metode 40-30-20-10 sehingga pada akhir bulan pun masih ada uang buat tabungan atau investasi masa depan. Lalu seperti apa sih metode itu? Biar gak penasaran simak ulasan berikut.

Pakai 40% pendapatan buat kebutuhan

Dalam memakai pendapatan, akan lebih baik kalau kamu fokus pada kebutuhanmu terlebih dahulu. Ya, mulai dari makan, transportasi, pulsa, token listrik dan lain-lain. Pasalnya pada satu bulan kedepan kamu akan sangat bergantung pada hal tersebut sehingga harus didahulukan. Oleh sebab itu, mengalokasikan 40% alias presentasi terbesar dari gaji bukanlah sebuah masalah. Kalau mau lebih hemat dan gak ribet keluar rumah, kamu bisa bayar token listrik, pulsa dan lain-lain pakai saldo yang ada diakun Gopaymu. Nah, kalau saldomu juga habis maka gak perlu bingung untuk ngisi, tinggal download aplikasi Neu, hubungkan dengan rekeningmu dan sudah bisa buat top up Gopay.

Gunakan 30% untuk cicilan dan tagihan

Nah, selanjutnya kamu bisa mengalokasikan 30% untuk membayar cicilan atau tagihan. Memang punya utang bukanlah hal yang baik, tapi kalau untuk sesuatu yang produktif lain lagi ceritanya. Misalnya kredit motor buat kerja atau usaha, atau nyicil rumah buat buka warung. Selama utang itu jadi hal yang bermanfaat, tentu saja diperbolehkan. Tapi, jangan lupa untuk melihat kemampuan finansialmu juga. Kalau gaji masih belum seberapa ada baiknya tak muluk-muluk beli kendaraan atau rumah mewah. Yang ada malah nanti malah rugi bandar.

Nah, 20% bisa dipakai untuk simpanan

Selanjutnya, kamu bisa mengalokasikan 20% dana kamu sebagai simpanan. Yang dimaksud dengan simpanan di sini beragam, mulai dari tabungan, investasi, asuransi dan segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan masa depan. Soalnya tak ada yang tahu hari esok, tiba-tiba ada tanggungan tambahan atau malah anggota keluarga sedang sakit, sehingga harus mengeluarkan duit tambahan. Toh, tak ada ruginya buat punya tabungan karena juga bisa dipakai untuk kepentingan lainnya.

Sisa 10% digunakan untuk sedekah

Sepuluh persen dari sisa pendapatan kamu bisa dipakai untuk melakukan hal baik. Ya, yang dimaksud di sini adalah sedekah, zakat, berkurban atau mengirim uang pada orang tua. Ingat kalau dalam setiap rezekimu ada juga milik orang lain. Tapi kalau memang ada kebutuhan lain yang lebih mendesak, kamu bisa kurangi persentasenya tergantung pada keadaan finansial masing-masing. Tapi yang jelas, tak ada orang di dunia ini yang jadi miskin karena sedekah.

Itulah beberapa tips buat kamu supaya bisa mengatur keuanganmu dengan baik. Jangan sampai uang yang masuk ke rekening hanya jadi tempat singgah sementara.


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *