• Share

Keuntungan Menabung dalam Jangka Waktu Dekat

  • Author
    Umar
  • Posted on
    Jul 13, 2020 04:57 am
  • Readed
    20 Views

Money can’t buy happiness but it can buy you an ice cream, which is kind of the same thing.

Setiap orang pasti punya keinginan dan mimpi yang selalu ingin tercapai as soon as possible. Nah masalahnya, salah satu faktor utama yang menghalangi keinginan dan mimpi itu adalah budget. 

Kita nggak bisa bohong, hampir semua yang ada di dunia ini pasti wajib menggunakan uang. Parkir di tempat umum aja bayar Rp2.000/kendaraan, buang air kecil di SPBU aja sekarang juga bayar.   

Tepatnya, nggak ada yang gratis di dunia ini!

And the other side, nggak semudah itu untuk mendapatkan dan mengumpulkan uang. Kenapa? Karena akan selalu ada effort di balik itu semua.

Apa usahanya?

Kalau kamu butuh uang, pasti kamu harus bekerja dan ketika kamu sudah bekerja, kamu harus bisa menahan diri mengeluarkan uang untuk hal-hal yang nggak penting. Hal ini memang terkesan sepele apabila nominal yang dikeluarkan sedikit, tapi kalau dilakukan secara rutin pasti akan terasa juga.

Semua pengeluaranmu setiap bulan harus bisa diatur dan diminimalisir, supaya kamu bisa menabung dari income yang kamu dapat.

Terus uang yang ditabung bisa buat apa aja?

Ya bisa untuk merealisasikan keinginan dan rencana kamu dong. Benar, kan? Yuk, dicek mana yang sudah masuk dalam wishlist kamu!

Pernikahan

Percaya atau nggak, katanya kalau mau nikah pasti rezekinya akan datang dengan sendirinya! Tapi tetap saja ya, rezeki nggak akan secara cuma-cuma didukung oleh usaha.

Setiap orang pasti punya wedding dream. Tapi nyatanya, sekarang biaya nikah pasti membutuhkan budget yang lumayan mahal banget, kan? Tapi tema nikah jaman sekarang tuh keren banget loh! Misalnya kamu mau nikah dengan tema Reflections of the Sea, warna yang mencerminkan lautan dan inspirasi biota-biota bawah laut, seperti biru, hijau zamrud, ungu, dan hologram. 

Dan di samping warna, ada juga material transparan seperti kain dan akrilik, juga permainan cahaya, serta bayangan yang modern. Keren banget nggak, sih?

Jadi pengen cepet nikah! Yhaaaa, ketahuan dong kalau belum nikah haha. Jangan lupa juga, nabung dulu supaya pernikahanmu bisa terwujud seperti apa yang kamu rencanakan. Terus, sebisa mungkin hindari “pinjaman dana” untuk mewujudkan wedding dream kamu.

Liburan

“Better to see something once than hear about it a thousand times.” Asian Proverb

Nggak seru kan kalau cuma diceritain, apalagi cuma liat dari Instagram teman yang hampir setiap bulan selalu pindah-pindah daerah buat liburan.

YOLO! You only live once..

Yes, we are only human! Seperti lagunya Jonas Brothers dan Christina Perri, LOL.

Kita cuma hidup satu kali, jadi jangan disia-siakan. Tapi, bukan berarti kita bisa liburan terus ya. Karena setiap kita liburan, pasti membutuhkan dana dan waktu yang harus kita korbankan.

Misalnya setahun sekali seperti di tengah atau akhir tahun, di mana waktu tersebut biasanya tanggal yang orang-orang gunakan buat pergi berlibur. Ambil cuti yang panjang dan itung-itung jadi self-reward untuk diri sendiri.

Dan liburannya kalau bisa tetap on budget ya. Jangan sampai uang yang sudah kamu tabung selama berbulan-bulan, habis dalam sekejap saat liburan.

Smartphone

Hal yang satu ini, jujur menggiurkan banget! Padahal kalau ada launching tipe baru, dari segi feature juga nggak jauh beda. Tapi desainnya itu loh yang kadang bisa bikin kita gelap mata.

Mengikuti perkembangan zaman itu memang penting. Karena faktanya, kemajuan teknologi itu butuh kita ikuti agar nggak ketinggalan jaman dan gaptek. Selain itu, beberapa spesifikasi baru itu juga dapat membantu kita dalam bekerja.

Tapi jangan setiap ada tipe yang baru saja muncul, bikin kita jadi impulsif juga ya. Idealnya sih, kita cek dulu di internet tipe apa yang akan dirilis beberapa bulan mendatang, terus kita nabung deh supaya bisa beli smartphone tersebut. Karena siapa tahu saat kita masih nabung, ternyata tipe yang lebih baru saja keluar.

Laptop

Kini, Laptop bisa dibilang telah menjadi barang yang konsumtif, nggak jauh beda dengan smartphone. Kita bisa mati gaya dan nggak produktif juga, saat nggak ada laptop.

Memiliki laptop yang punya spesifikasi bagus, juga bisa membantu kita dalam menghasilkan uang tambahan loh! Seperti menjadi video editor, graphic designer, content writer, music producer, digital ads, sampai youtuber.

Selain itu, laptop juga bisa kita gunakan buat main game di waktu senggang. Ini bisa jadi self-reward untuk diri kita yang paling hemat budget. Beberapa penelitian mengatakan kalau game itu telah menjadi salah satu alternatif refreshing kita.

Kalau laptop kamu sudah lemot banget dan nggak memungkinkan lagi untuk upgrade software atau hardware-nya, itu tandanya kamu harus lem biru.

Sama seperti smartphone, laptop sebaiknya jangan langsung tiba-tiba kamu beli apalagi budget kamu terbatas. Dicari dan dibidik dulu dari jauh-jauh hari. Setelah ketemu yang kamu butuhkan, baru deh kamu siapin dananya dengan menabung.

3 keinginan di atas boleh banget kamu wujudkan. Tapi tetap on budget and spend wisely!

Jangan cuma menjalani dream saver buat 3 hal di atas, kamu juga harus ingat kalau dana darurat juga penting. Dana yang harus kamu tabung di luar dari 3 hal di atas. Karena hal-hal yang tak terduga, bisa muncul kapan saja.

Godspeed!

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *