• Share

Alasan Kenapa Nabung Emas Adalah Investasi yang Menyenangkan

  • Author
    ihsan
  • Posted on
    Apr 26, 2021 08:31 am
  • Readed
    54 Views

Hello, neupeeps!

Belakangan, tren keuangan yang sedang naik daun adalah tentang investasi termasuk salah satunya adalah nabung emas. Investasi dinilai menggiurkan karena menawarkan keuntungan yang berlipat. Tak heran memang kalau pada akhirnya banyak yang tergiur melakukan investasi. Sayangnya, tidak semua orang punya pengetahuan cukup mengenai investasi. Perihal menanam investasi ini tak semudah membalikkan tangan meski juga bisa sesederhana transfer antar bank. Kamu wajib tahu beberapa hal, minimal tentang instrumen serta risiko yang mungkin akan terjadi.

Nabung emas dinilai memiliki risiko kecil dan cocok untuk pemula maupun yang sudah ahli dalam memperhitungkan naik turunnya nilai investasi. Emas dinilai lebih menguntungkan ketimbang jenis investasi lainnya. Apalagi jika kamu mempertimbangkan untuk memiliki investasi jangka panjang, emas bisa jadi pilihan yang tepat.

Berikut ini ada beberapa hal yang menyenangkan soal nabung emas. Hal-hal ini akan dijabarkan secara sederhana seperti di bawah ini.

Harganya Disebut Selalu Naik dari Tahun ke Tahun

nabung emas
Harga emas selalu naik (source)

Keuntungan utama dari nabung emas adalah soal nilai dari emas itu sendiri. Emas diyakini selalu mengalami kenaikan nilai atau harga setiap tahunnya. Hal ini tentu menggiurkan bagi pelaku investasi, baik yang ingin melakukan investasi jangka pendek ataupun panjang. Kamu dapat meraih keuntungan dari nilai selisih harga beli dan jual emas.

Bersifat Mudah Dicairkan

nabung emas
Emas mudah dicairkan (source)

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa nabung emas dinilai cocok untuk investasi jangka pendek maupun panjang. Ini disebabkan oleh sifat emas itu sendiri yang mudah dicairkan. Dibandingkan jenis investasi lain yang punya prosedur panjang untuk mencairkannya, emas bisa ditunaikan dengan cara yang mudah. Ini membuat mereka yang menabung emas memiliki pilihan ketika keadaan mendesak dan membutuhkan uang tunai segera.

Profit Bebas Pajak

transfer antar bank
Profit emas bebas pajak (source)

Investasi yang berbentuk saham biasanya dalam hal pencairan akan dikenakan potongan pajak. Sebab itu, keuntungan investasi tersebut biasanya tak langsung dirasakan oleh pemilik saham. Berbeda dengan nabung emas, pemilik emas bisa langsung menikmati keuntungan berupa selisih harga beli dan harga jual tanpa harus membayar pajak. Siapa yang tak ingin dapat keuntungan ini ya?

Dengan Nabung Emas Maka Melindungi Kekayaan

transfer antar bank
Emas melindungi kekayaan (source)

Karena nilainya yang cenderung naik dari tahun ke tahun, tak salah jika nabung emas dinilai bisa melindungi nilai kekayaan. Hal ini mencerminkan bahwa emas cenderung memiliki harga yang stabil sehingga ketika akan dicairkan pun pemilik emas seringnya terhindar dari rugi. Tak heran ya banyak yang tergiur dengan nabung emas?

Emas Cenderung Tidak Berpengaruh Terhadap Inflasi

Emas aman terhadap inflasi (source)

Saat terjadi situasi buruk seperti inflasi atau krisis keuangan, emas bisa kamu andalkan sebagai alat tukar. Inilah sebabnya makin banyak yang tertarik untuk melakukan nabung emas karena nilai emas yang sering kali tak terpengaruh terhadap inflasi.

Disebut Lebih Aman

Emas lebih aman (source)

Dalam berinvestasi, pasti terjadi fluktuasi atau naik turunnya sebuah nilai dari sebuah barang. Emas dinilai tidak mengalami fluktuasi yang ekstrem seperti instrumen investasi lainnya. Hal ini dikarenakan emas tidak terpengaruh dengan inflasi dan juga suku bunga. Dengan begitu, nabung emas pantas jika dinilai sebagai investasi yang lebih aman ketimbang lainnya.

Nabung Emas Makin Panjang, Makin Besar Keuntungannya

Menabung emas untuk jangka panjang (source)

Meski nabung emas bisa dilakukan untuk jangka pendek, namun jenis investasi ini ternyata sangat menguntungkan untuk jangka panjang. Berinvestasi atau menyimpan emas dinilai selalu memberikan keuntungan sebab nilainya yang cenderung selalu naik. Bahkan disebutkan kalau emas itu selalu menghasilkan capital gain atau keuntungan modal. Dalam 8-10 tahun saja, emas dinilai bisa memberikan nilai keuntungan sebesar 7-8 persen.

Jika hingga kini kamu masih menilai emas hanya sebatas perhiasan, mungkin sudah saatnya untuk mengubah pemikiran tersebut. Emas bisa kamu jadikan sebagai alat investasi yang menguntungkan dan mudah untuk dilakukan. Bahkan jika kamu adalah seorang pemula dalam bidang ini. Jika kamu bingung di mana tempat menabung emas yang terpercaya dan aman, maka kamu bisa coba aplikasi neu dengan fitur neuGold. Di sini kamu bisa menabung emas mulai dari Rp10 ribu saja dan jika dibutuhkan bisa ditarik kapan saja.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *