• Share

Nggak Cuma Hobi, Koleksi Barang-Barang Ini Bisa Kamu Jadikan Sebagai Investasi

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jan 27, 2021 07:59 am
  • Readed
    151 Views
Koleksi Ini Bisa Jadi Investasi Kamu Loh!

Hello, neupeeps!

Siapa disini yang hobinya koleksi barang? Tau nggak sih kalo ada barang-barang tertentu yang sebenarnya bisa kamu jadikan investasi?

Yup, investasi itu nggak cuma sekadar saham, reksadana, P2P, properti, atau emas aja loh, neupeeps. Belakangan ini muncul trend baru untuk berinvestasi dalam bentuk barang. Nyatanya, memang ada barang-barang tertentu yang punya keunikan tersendiri sehingga nilainya tinggi kalau dijual di pasaran—bahkan ada beberapa barang yang menghasilkan keuntungan lebih menggiurkan dibanding investasi populer yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang.

Mau tau apa aja barang-barang unik tersebut? Pantengin artikel ini sampai habis, yuk!

Tas Mewah

Hah, tas mewah?

Yup, tas mewah yang didesain oleh desainer-desainer ternama seperti Hermès, Chanel, Louis Vuitton, Dior, dan Givenchy bisa kamu jadikan sebagai instrumen buat investasi, neupeeps.

Kebanyakan orang selalu menilai bahwa mereka yang suka menggunakan tas mewah adalah pribadi yang konsumtif atau suka pamer, tapi sebenarnya tas mewah bermerek ini bisa dijadikan sebagai pundi-pundi cuan loh!

Riset dari Baghunter, situs yang memasarkan tas-tas mewah secondhand, mengungkapkan bahwa tas Hermès Birkin merupakan investasi yang bernilai tinggi bahkan lebih baik ketimbang emas dan deposito. Baghunter juga menjelaskan nilai investasi tas Birkin mengalami peningkatan 14,2% setiap tahunnya. Mengingat return yang didapat cukup tinggi, makanya nggak heran kalau banyak sosialita dan selebriti ternama memilih tas mewah sebagai investasi alternatif. 

Biar nggak salah dan merugi, penting buat kamu untuk riset dulu terkait tas bermerek apa saja yang bisa dijual kembali dan best seller di pasaran. Makanya, kebanyakan expert menyarankan untuk memilih model tas sederhana yang desainnya klasik dan nggak lekang oleh waktu seperti Hermès Birkin, Chanel 2.55 atau Classic Flap Bag, Lady Dior by Christian Dior, atau Louis Vuitton Speedy.

Baca: Punya Hobi Mahal? No Problem, Ini Cara Atur Keuangannya!

Action Figure

Bagi sebagian orang, action figure dikatakan sebagai hobi kekanakan yang menghambur-hamburkan uang. Nyatanya, di luar sana banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi bisa membeli action figure langka untuk melengkapi koleksi pribadinya. Kolektor-kolektor inilah yang menjadi alasan kenapa nilai sebuah action figure bisa melonjak tinggi dan dapat dijadikan sebagai investasi. 

Contoh mudahnya saja beberapa seri keluaran Hot Toys yang nilainya bisa naik 3-10% per tahun karena punya penggemar fanatik yang selalu ingin mengoleksi lengkap produk mereka. Sejauh ini, koleksi action figure paling mahal adalah G.I. Joe 1936 yang dijual seharga 200 ribu USD pada 2003 menurut CBS News.

Komik

Komik selama ini sering dipandang sebagai bacaan kelas dua yang lebih banyak dampak negatifnya. Padahal, komik juga bagian dari karya seni dan merupakan sebuah investasi yang cukup menjanjikan. Dalam perjalanan waktu, komik kenyataannya bisa mengalami peningkatan nilai yang signifikan dan memberikan imbal hasil yang menguntungkan loh, neupeeps

Nggak percaya? Pada tahun 2014 silam, komik Superman edisi pertama yang dirilis tahun 1938 laris terjual di eBay dengan harga 3,2 juta USD setelah melakukan proses pelelangan. Namun sayangnya nggak semua komik bisa bernilai tinggi di masa depan, neupeeps. Kalau kamu tertarik untuk berinvestasi komik, maka pastikan jika komik tersebut adalah komik populer dan harus dijaga betul kondisinya dengan apik, ya! Semakin lama usia si komik, maka akan semakin tinggi juga harga jualnya!

Baca: Cermati Hal Ini Sebelum Investasi

Lego

Bagi sebagian orang, Lego hanya dianggap sebagai mainan biasa. Tapi bagi mereka yang memang sudah paham pasti akan melihat peluang investasi dari mengoleksi mainan bricks tersebut. Alasannya dikarenakan set Lego yang sudah pernah dibuat biasanya nggak akan diproduksi ulang oleh perusahaan meskipun banyak demand dari pasar. Alhasil, harga Lego bekas bisa berkali-kali lipat dari harga awal transaksi bila dijual ke kolektif saking eksklusifnya set tersebut. 

Contohnya saja, Lego Milennium Falcon yang dirilis tahun 2007 lalu dengan harga sekitar 6 juta rupiah. Saking langkanya satu set Lego ini, harganya sekarang bisa dibanderol seharga 60-90 jutaan jika dikonversikan ke rupiah. Wow, impressive

Mata Uang Kuno

Seiring dengan bergantinya zaman, uang akan mengeluarkan versinya yang paling baru dan uang yang lama tentu nggak digunakan lagi sebagai alat pembayaran. Meskipun uang lama ini sudah nggak digunakan lagi tapi nggak bikin nilainya hilang loh, neupeeps. Di luar sana banyak kolektor dan komunitas numismatika yang gemar untuk mengumpulkan uang entah untuk koleksi atau bahan studi. Artinya, kalau kamu punya uang lama yang sudah nggak beredar lagi di masyarakat lebih baik disimpan dengan baik supaya bisa kamu jual ke kolektor. 

Daya tarik utama dari uang kuno sendiri adalah kelangkaan dan nuansa sejarah yang ada di dalamnya. Jadi nggak heran semakin langka uang kuno, maka akan semakin tinggi harganya kalau dijual.

Baca: Peer to Peer Lending: Investasi Kekinian Yang Digandrungi Kaum Milenial

Nah, berikut benda-benda yang bisa jadi pundi-pundi cuan, neupeeps. Sebenarnya masih banyak benda-benda lain yang bisa kamu jadikan sebagai sarana untuk investasi, loh.

Ada juga beberapa dari mereka yang nggak perlu modal besar seperti barang-barang di atas, hanya perlu modal ketekunan dan kejelian yang mantap supaya bisa menguntungkan di suatu hari. 


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *