• Share

P2P Lending: Opsi investasi Jangka Pendek Menguntungkan

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Feb 01, 2021 06:25 am
  • Readed
    21 Views
Investasi P2P Lending yang Menguntungkan

Hello, neupeeps!

Siapa nih di sini yang sudah rajin investasi atau masih pemula yang belajar investasi?

Intinya, wajib banget bagi kita di masa yang semakin modern ini untuk financially woke dan menyisihkan sebagian uang nggak hanya untuk ditabung tetapi juga untuk diinvestasikan. Nggak mau dong kalo hidup selalu bersandar sama gaji? Makanya, investasi adalah jawabannya!

Investasi di jaman now adalah hal yang penting, neupeeps. Alasannya karena investasi bisa menjadi cara untuk memenuhi financial goals kamu dalam jangka pendek ataupun jangka panjang di tengah-tengah resiko keuangan yang menghadang seperti inflasi. Saat ini juga sudah banyak banget produk investasi di luar sana yang bisa kamu manfaatkan sesuai dengan tujuan kamu, loh!

Investasi Jangka Pendek Bagusnya Apa?

Bentuk investasi yang sudah nggak asing bagi sebagian besar orang karena bisa ngasih keuntungan jangka pendek pada investornya adalah P2P Lending, neupeeps. Di artikel-artikel sebelumnya, kita juga sudah pernah bahas P2P secara detail loh jadi jangan lupa untuk dicek juga, ya!

Jenis investasi berbentuk P2P Lending ini cocok banget buat kamu yang ingin segera memenuhi tujuan keuangan dalam waktu dekat, misalnya biaya untuk nikah atau liburan dengan keluarga dan teman-teman. Hah, kok bisa gitu?

Meskipun tergolong baru, popularitas P2P Lending melejit naik karena bunga yang ditawarkan kepada para investor cukup tinggi (bisa mencapai 18% per tahun!) bahkan kamu sebagai investor juga bisa menetapkan tenor sesuai dengan pilihan kamu. Kamu juga bisa memperoleh keuntungan yang berlipat ganda apabila menerapkan efek compounding, di mana bunga dari imbal hasil investasi yang kamu dapatkan dari P2P Lending ini secara terus-menerus kamu investasikan kembali, neupeeps.

Baca: Peer to Peer Lending: Investasi Kekinian Yang Digandrungi Kaum Milenial

Tips Berinvestasi Jangka Pendek Melalui P2P Lending

Cari Platform Legal

Tips pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai investasi P2P Lending adalah cek platform P2P Lending tersebut di situs OJK. Meskipun sekarang pendaftaran untuk menjadi bagian dari sebuah platform P2P Lending sudah mudah karena semuanya dilakukan secara online 100%, kamu tetap wajib untuk memastikan platform P2P Lending yang dipilih sudah terdaftar dan mendapat izin OJK supaya kamu nggak jadi korban investasi bodong, neupeeps. Rekomendasi platform yang bisa kamu gunakan untuk memulai investasi P2P Lending adalah fitur neuGrow dari aplikasi neu.

Cek Fact Sheet

Sebelum menginvestasikan uang kamu ke P2P Lending, pastikan juga kamu telah cek fact sheet dari si calon peminjam, neupeeps.

Fact sheet ini adalah ringkasan tentang siapa yang hendak mengajukan pinjaman ke kamu. Dari fact sheet ini, kamu bisa tau bidang usaha apa yang dijalankan calon peminjam, sejak kapan berdirinya, jumlah karyawan, hingga riwayat peminjaman yang pernah dilakukan calon peminjam.

Dengan mengetahui fact-sheet, tentunya kamu akan punya gambaran bagaimana perkembangan bisnis UMKM yang akan dijalankan kelak oleh calon peminjam.

Diversifikasi Investasi

Salah satu kutipan terkenal dari Bapak Investasi Dunia, Warren Buffet, adalah: “Don’t put all your eggs in one bucket”.

Artinya, kamu tidak direkomendasikan untuk menaruhkan uang kamu hanya di dalam satu tempat aja—diversifikasi investasi dengan menyebarkan uangmu ke berbagai jenis investasi menjadi opsi yang bijak karena kamu bisa meminimalisir risiko kerugian. 

Oleh karena itu, jangan hanya meletakkan 100% modal investasi pada satu peluang pendanaan aja ya, neupeeps. Contohnya, kamu berinvestasi di P2P Lending dengan memberikan pinjaman pada tiga pemilik usaha. Salah satu dari pemilik usaha terlambat mengembalikan uang, tapi di sisi lain kamu nggak perlu khawatir soalnya kamu masih punya dua pegangan yang membayar tepat waktu.

Baca: Cara Mendapatkan Keuntungan Dari Pendanaan Peer to Peer Lending

Kalo selama ini gaji kamu habis percuma begitu aja, mungkin ini adalah saatnya bagi kamu untuk segera memperbaiki dan mengatur alur keuangan kamu, neupeeps.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyisihkan gaji kamu untuk pendanaan P2P lending, salah satunya melalui fitur terbaru dari aplikasi neu yang bernama neuGrow. Dengan begini, bukan kamu aja yang kerja untuk uang—tapi uang kamu juga bisa kerja buat kamu, neupeeps!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *