• Share

Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk First Jobber

  • Author
    Putra
  • Posted on
    Dec 21, 2020 07:09 am
  • Readed
    73 Views

Hello neupeeps!

Tuntas sudah perjalanan menjadi seorang pelajar, itu artinya akan ada perubahan status menjadi first jobber. Sebagai first jobber kamu sudah masuk dalam fase menghadapi tantangan baru dalam dunia kehidupan yaitu mencari dan mulai bekerja.

Dulu mungkin saat menjadi seorang pelajar kamu masih bergantung sepenuhnya dengan orang tua namun waktu berjalan untuk semakin mandiri. Akan banyak hal yang membuat kamu kaget terutama mengenai keuangan.

Meskipun terdengar sederhana namun keuangan memang harus memiliki tujuan dalam jangka waktu pendek atau panjang. Hal tersebut berlaku untuk para first jobber. Ketika mulai bekerja dan menerima gaji pertama, ada beberapa masalah yang sering dihadapi oleh first jobber.

“Cie.. akhirnya gajian.”

Netizen, 2020

Sebuah awalan euforia di gaji pertama. Namun tahukah kamu hal itu bisa jadi masalah utama. Mengapa demikian? Karena adanya rasa berlebih untuk menikmati segalanya dengan gaji tersebut. Merasa bahwa gaji yang diperoleh sudah cukup untuk bertahan hidup.

Memilih untuk menghabiskan gaji pertama untuk berbagi kebahagiaan kepada orang-orang terdekat. Kamu boleh saja melakukan hal-hal itu namun harus tahu kenyataan yang akan dihadapi kedepannya.

Ketika kamu sebagai first jobber ada dalam kondisi seperti itu, cepat lakukan perencanaan keuangan. Kamu harus terbiasa merencanakan, mengolah, dan mengatur keuangan. Penting untuk diterapkan supaya penghasilanmu tidak “numpang lewat” saja.

Artikel ini akan membantu first jobber untuk merencanakan, mengolah, dan mengatur keuangan menjadi lebih baik dan konsisten. Bagi kamu first jobber tapi binggung mengenai keuangan, simak tips berikut ini.

Baca: Ingin Berhemat? 5 Aplikasi Keuangan Ini Solusinya

Perencanaan Keuangan

Tahap pertama yang harus kamu lakukan ialah membuat perencanaan keuangan. Mungkin kamu berpikir perencanaan jadi hal yang mudah namun nyatanya tak semudah itu. Perencanaan dimulai dengan menyusun tujuan sehingga arah keuangan di awal akan terlihat. Kamu harus buat tujuan keuangan yang sesuai. Pastikan bahwa kamu sudah mulai mengarahkan setiap pos pengeluaran dengan baik. Membuat pos keuangan yang dimaksud untuk bisa mencukupi kebutuhan harianmu.

Baca: Apa Saja Langkah Awal dalam Memulai Financial Journey?

Tentukan Prioritas

Hal ini wajib dan bersifat penting karena menentukan prioritas akan membantu kamu dalam mengatur keuangan. Buat skala prioritas dari setiap kebutuhan yang akan kamu keluarkan. Jangan terhanyut dalam kebutuhan yang memenuhi kemauan semata namun tetapkan kebutuhan yang seharusnya. Setelah menentukan prioritas maka kamu akan lebih yakin serta tidak khawatir atas pendapatan yang diterima.

Baca: 6 Langkah Memulai Minimalist Budget untuk Menghindari The Debt Cycle

Hindari Belanja Berlebih

Ketika kamu sudah memiliki pendapatan tidak ada yang salah jika ingin membeli sesuatu. Ketika kita sudah mulai bekerja maka belanja bisa menjadi hiburan untuk memuaskan diri sendiri. Itu sebabnya banyak orang yang tergiur menghabiskan gaji pertama hanya untuk belanja. Kamu boleh saja belanja namun harus cermat dan bijak. Kamu bisa melakukan pertimbangan atas sesuatu yang ingin dibeli, lihat kondisi keuangan, dan sesuaikan dengan daftar prioritas terlebih dahulu. Jangan belanja berlebihan karena secara langsung berdampak pada pos keuangan. Kamu akan membuat pos pengeluaran yang sudah dibuat sia-sia.

Baca: Cara Menghindari Perilaku Impulsive Buying saat Belanja

Mulai Menabung

Menabung mungkin menjadi hal yang sulit namun nyatanya tidak juga mudah. Mengapa? Terkadang ketika sudah memiliki niat menabung, kamu lupa untuk menerapkannya. Menabung hanya sekadar niat bukan kesungguhan untuk direalisasikan.

Mulai alokasikan secukupnya pendapatan yang kamu terima karena akan berguna untuk berbagai kebutuhan masa depan seperti kebutuhan darurat, jangka panjang, dan jangka pendek. Paling tidak alokasikan 20-30% dari total pendapatan.

Itu 4 tips keuangan yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sebagai first jobber. Kunci dalam merencanakan, mengolah, dan mengatur keuangan menjadi lebih baik dan konsisten hanya satu yaitu terapkan dengan disiplin.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai terapkan 4 tips perencanaan keuangan tersebut. Selamat dan semangat mencoba!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Neu adalah aplikasi transfer gratis dan budgeting yang memudahkan kamu untuk mengelola keuangan sehari-hari.

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *