• Share

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Menurun? Jaga Keuanganmu dengan 5 Langkah Ini!

  • Author
    Umar
  • Posted on
    Aug 07, 2020 03:28 am
  • Readed
    54 Views

As we know, pertumbuhan ekonomi dunia menurun sejak adanya pandemi COVID-19, karena sebagian besar aktivitas perekonomian harus terhenti.

Sebelumnya, menteri keuangan Sri Mulyani memperkirakan bahwa pada kuartal II, perekonomian Indonesia akan mengalami kontraksi atau penurunan hingga 4,3% dan Bank Indonesia juga memperkirakan akan mengalami penurunan hingga 4,8%.

Dan pada tanggal 5 Agustus 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) menginfokan, bahwa pada kuartal 2 (April-Juni 2020) perekonomian Indonesia mengalami penurunan hingga 5,32%.

Bahkan, IMF memperkirakan total kerugian ekonomi global selama dua tahun (2020-2021) mencapai 12 triliun dolar akibat krisis.

If the Indonesian economy goes down, then we must be able to manage our personal finances.

Kenapa? Untuk meminimalisir segala kemungkinan yang akan berdampak dengan income.

Baca: Mau Hidup Hemat? Berikut 6 Cara Menghabiskan Uang dengan Bijak

__________________________________________________________________________

So, apa yang harus kita lakukan ketika pertumbuhan ekonomi RI sedang menurun?

Penny-wise

Jangan buang uang untuk produk yang nggak efektif. Kamu harus bisa think twice sebelum membeli barang. Sekarang kondisi ekonomi lagi nggak aman nih, jadi sebisa mungkin daripada uangnya untuk beli hal-hal yang nggak penting, better kamu saving!

Tujuannya apa? Supaya kamu bisa bertahan dalam keadaan terburuk.

Increase Emergency Funds

Ketidakpastian ekonomi, otomatis membuat hal yang satu ini menjadi wajib untuk kita lakukan. Dengan tujuan, demi melindungi diri dan keluarga. Caranya gimana untuk meningkatkan dana darurat?

Cek pengeluaran yang dapat dipangkas dan tarik atau cairkan investasi yang memiliki resiko kerugian yang tinggi, untuk meminimalisir kerugian yang akan timbul di masa mendatang.

Determine the Right Investment Instrument

Investasi adalah salah satu penggerak roda perekonomian Indonesia, karena investasi adalah jembatan keuangan di luar bank.

Investasi diyakini dapat mengurangi kemiskinan, kenapa? Karena dengan adanya investasi, maka perusahaan dapat berkembang dengan adanya bantuan modal dari dana yang kamu investasikan, sehingga dapat membuka lapangan kerja untuk SDM di Indonesia.

Baca: Mending Menabung atau Investasi Ya?

Meskipun dana yang diinvestasikan kecil, tapi akan tetap berguna untuk diri sendiri dan pihak lain. Investasi dapat membuat nilai uang terus bertambah dan secara tidak langsung kamu berkontribusi terhadap perekonomian.

Menarik atau mencairkan investasi, bukan berarti kamu stop berinvestasi! Tapi, kamu alokasikan dana kamu ke investasi yang low risk. Seperti, menabung dalam bentuk dollar, deposito, atau membeli emas batang.

Expand Your Abilities

Kemampuan diri adalah salah satu faktor yang dibutuhkan untuk membuat diri kita dipertahankan oleh perusahaan, dan juga bisa untuk memulai bisnis atau usaha sendiri.

Beradaptasi dengan cepat adalah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam kondisi dunia yang juga cepat berubah.

Create Income Recapitulation

Coba deh merekap keuangan kamu, saat masa PSBB dan sebelum masa PSBB.

And then what’s next? Buat pengeluaran menjadi 4 tipe, yaitu..

  1. Primer, pengeluaran untuk kebutuhan pokok, dasar dan utama yang harus kamu dipenuhi.
  2. Sekunder, pengeluaran yang harus dipenuhi setelah keputuhan primer terpenuhi.
  3. Kewajiban, pengeluaran yang harus dilakukan untuk membayar utang atau cicilan.
  4. Tabungan atau Investasi.

Baca: Apa Saja Langkah Awal dalam Memulai Financial Journey?

Mungkin beberapa cara di atas hanya untuk menyelamatkan diri kamu dari ketidakpastian ekonomi, dan aware dengan kondisi yang sedang terjadi. 

Lalu bagaimana dengan kondisi perekonomian di kuartal III? 

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III diprediksi akan minus 1% hingga 1,2% dan pada kuartal IV di kisaran 1,6% hingga 3%.

“HOPE FOR THE BEST AND PREPARE FOR THE WORST”

Yang pasti, kamu harus mengikuti juga arahan dari pemerintah agar masa pandemi segera berakhir dan angka perekonomian bisa stabil.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *